Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Contoh Kearifan Lokal Dalam Kehidupan Sehari Hari (Modul P5)

Assalamualaikum semuanya. Salam sehat dan bahagia hari ini. Bagaimana, masih pusing buat persiapan projek penguatan profil pelajar Pancasila? Dalam ulasan kali ini, saya akan sajikan modul P5 dengan tema contoh kearifan lokal dalam kehidupan sehari hari.

Kurikulum merdeka belajar adalah konsep pembelajaran yang benar-benar mengedepankan kebebasan berkreasi bagi peserta didik dan gurunya. Konsep ini diimplementasikan guna mengakomodasi seluruh kebutuhan pembelajaran yang pusatnya berada pada peserta didik (Student Center).

Contoh Kearifan Lokal Dalam Kehidupan Sehari Hari (Modul P5). Foto oleh Aditya Agarwal

Lantas, bagaimana hubungannya antara kurikulum merdeka belajar dengan projek penguatan profil pelajar Pancasila?

Tentu kita masih ingat dong, pada kurikulum K-13, ada 18 karakter yang harus dimiliki oleh peserta didik. Nah, dalam konsep belajar sekarang ini, materi yang berkaitan dengan pengembangan karakter disederhanakan menjadi 6 butir yang dikenal sebagai profil pelajar Pancasila.

Wah, kalau semakin sedikit, maka semakin sedikit pula karakter baik yang harus dimiliki oleh peserta didik? Aduh, bukan begitu dong konsepnya!

Yuk, kita pelajari!

Salah satu produk dari kurikulum merdeka belajar adalah profil pelajar Pancasila yang terdiri dari 6 Elemen. Nah, dalam implementasinya, setiap elemen memiliki sub elemennya masing-masing, yang jumlah keseluruhannya ada 20 sub elemen profil pelajar Pancasila.

Silakan baca ini: Merancang Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka

Jadi, dapat kita simpulkan bahwa untuk penguatan karakter dalam merdeka belajar adalah lebih luas ruang lingkupnya dan menarik untuk dipelajari.

Baik, mari kita pelajari modul projek penguatan profil pelajar Pancasila, yang tema kali ini adalah tentang kearifan lokal, lebih luasnya contoh kearifan lokal dalam kehidupan sehari-hari.

Sudah saya sediakan modulnya, lengkap untuk Anda. Sekaligus saya sajikan teknik pelaksanaannya untuk mempermudah Bapak/Ibu dalam menyusun kembali modul tersebut sesuai pengembangan di sekolah masing-masing. Semoga dapat diakses dengan mudah.

MODUL P5 KEARIFAN LOKAL

TEKNIS PELAKSANAAN P5 KEARIFAN LOKAL

Pada dasarnya, pengembangan dan penerapan projek penguatan profil pelajar Pancasila dalam kurikulum merdeka belajar adalah pemilihan temanya diserahkan kepada sekolah secara merdeka. Semoga dengan panduan atau modul P5 tentang contoh kearifan lokal dalam kehidupan sehari hari di atas yang pastinya banyak kekurangannya, dapat mempermudah dalam pengembangan modul yang lebih menarik lagi. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Contoh Kearifan Lokal Dalam Kehidupan Sehari Hari (Modul P5) "