Download ATP & Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 10 Kurikulum Nasional Fase E Jenjang SMK Terbaru

Table of Contents

Sebentar lagi memasuki tahun pelajaran baru bagi sekolah untuk semua jenjang pendidikan. Itu artinya, guru juga harus segera memperbarui perangkat pembelajarannya sebagai bentuk kesiapan belajar bersama murid. Salah satunya adalah kebutuhan ATP bahasa Indonesia kelas 10 berdasarkan kurikulum nasional Fase E jenjang SMK yang terbaru.

Menyusun rancangan pembelajaran. (Foto oleh Karolina Grabowska, pexels.com)

Menyusun perangkat pembelajaran tidaklah mudah. Membutuhkan banyak waktu, apalagi jika dikerjakan di sela-sela waktu guru mengajar. Energi dan pikiran harus dalam kondisi lapang dan sehat agar mampu merancang secara kreatif. Oleh karenanya, penting bagi guru memiliki referensi dari berbagai sumber untuk mempermudah penyelasaian perangkat pembelajaran tersebut.

Sebagai gambaran, sebelum guru menyusun ATP, lebih awal pelajari capaian pembelajaran atau CP sesuai dengan fasenya. Jangan sampai keliru memahami dan menentukan CP, karena dikhawatirkan tidak sesuai jenjang pendidikannya.

Kemudian, guru perlu menyusun tujuan pembelajaran berdasarkan CP. Setiap TP bisa disusun 1 atau lebih berdasarkan keluasan materi yang menjadi target Capaian Pembelajaran. Beberapa kumpulan TP, perlu dianalisis tahapan pembelajarannya, dipertimbangkan skala prioritas perkembangan kompetensi belajar siswa. Nah, tahapan itulah yang dinamakan alur tujuan pembelajaran atau ATP.

Dalam Kurikulum Nasional ini, diberikan kemerdekaan bagi guru untuk menyusun ATP sebagai dasar untuk merancang modul ajar. Terpenting adalah di dalamnya terdapat minimal 4 komponen, yakni identitas modul ajar, tujuan pembelajaran, langkah-langkah, dan penilaian.

Berikut ini kami sajikan ATP dan Modul Ajar bahasa Indonesia kelas 10 kurikulum nasional fase E jenjang SMK yang terbaru. Bapak/Ibu guru dapat mengunduhnya secara mudah, yang nantinya disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran di sekolah masing-masing.

ATP Bahasa Indonesia Kelas 10 SMK

Modul Ajar TEKS LHO

Modul Ajar Teks Anekdot

Modul Ajar Teks Hikayat

Modul Ajar Teks Negosiasi

Modul Ajar Teks Biografi

Demikian beberapa contoh perangkat pembelajaran yang bisa diunduh. Harapannya, bapak/ibu dapat menyusun dan memberikan sara perbaikan di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Irwan Fyn
Irwan Fyn Guru dan Blogger Pemula. Mari ramaikan.

Post a Comment