Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Coaching Adalah: Pengertian dan Peran Guru Penggerak

Dalam perjalanan pengembangan diri dan pencapaian tujuan, coaching telah menjadi jembatan yang mengarah pada kesuksesan. Istilah tersebut bukanlah hal asing di era saat ini, namun, apakah kita benar-benar memahami makna dan manfaatnya? Untuk mengetahui lebih lanjut, dalam artikel ini kita akan menjelajahi konsep, fokus pada peran, dan menggali bagaimana guru penggerak dapat menjadi agen perubahan dalam kehidupan pendidikan.

Foto oleh Armin Rimoldi dari Pexels. Coaching dengan teman sejawat.

Apa itu Coaching?

Coaching adalah salah satu metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kinerja dan kompetensi seseorang. Hal ini berbeda dengan pelatihan, konsultasi, atau mentoring. Metode ini lebih fokus pada proses belajar daripada hasil belajar. Selain itu juga akan lebih menghargai potensi dan keunikan dari setiap individu, serta membantu mereka menemukan solusi sendiri untuk permasalahan yang dihadapi.

Prinsip coaching adalah bukan sekadar memberikan nasihat, melainkan lebih mengarah pada pertanyaan yang memicu pemikiran reflektif. Ini adalah proses kolaborasi yang berfokus pada solusi berorientasi pada hasil dan sistematis dimana coach membantu coachee, bekerja bersama-sama untuk mengidentifikasi tujuan, mengatasi hambatan, dan merencanakan tindakan untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Salah satu bidang yang membutuhkan coaching adalah dunia pendidikan. Guru adalah salah satu profesi yang memiliki peran penting untuk memahami bagaimana membentuk karakter dan masa depan generasi muda. Namun, tantangan yang dihadapi oleh guru semakin kompleks dan beragam. Guru tidak hanya dituntut untuk menguasai materi pelajaran, tetapi juga harus mampu mengelola kelas, berkomunikasi dengan siswa, orang tua, dan rekan kerja, serta mengembangkan diri secara terus-menerus.

Memahami Coaching Klinik

Coaching klinik adalah cabang dari coaching yang bertujuan untuk memberikan fokus khusus pada aspek kesehatan mental dan emosional. Di tengah kehidupan yang serba cepat dan penuh tekanan, metode ini menawarkan ruang yang aman, mendukung untuk menjelajahi tantangan kehidupan, serta mengatasi masalah pribadi terutama dalam konteks pendidikan.

Untuk itu, coaching klinik menjadi salah satu program yang dirancang untuk memberikan dukungan dan bimbingan kepada guru, yang dilakukan secara intensif, terstruktur dalam kurun waktu tertentu. Tujuannya untuk membantu guru mengidentifikasi kekuatan hingga kelemahan mereka, menetapkan tujuan pembelajaran, merencanakan strategi pembelajaran, melaksanakan pembelajaran secara bertanggung jawab, merefleksikan hasil pembelajaran, serta mengevaluasi proses pembelajaran.

Perlu diperhatikan bahwa hal tersebut bukanlah pengganti terapi, melainkan pendekatan terstruktur untuk membantu seseorang meningkatkan kesejahteraan psikologisnya. Dengan memadukan elemen-elemen coaching dan konseling, dapat menciptakan lingkungan yang mendukung coachee memaksimalkan potensinya pribadi dan profesional sambil mengelola stres serta menghasilkan ide baru untuk perubahan pendidikan.

Peran Guru Penggerak

Salah satu contoh coaching klinik yang berhasil dilakukan adalah coaching guru penggerak. Coaching guru penggerak adalah program yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk meningkatkan kualitas guru di Indonesia.

Peran seorang guru penggerak tidak hanya terbatas pada ruang kelas; mereka adalah pendorong perubahan di komunitas dan lingkungan sekitarnya. Dalam konteks coaching guru penggerak bukan hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga memainkan peran kunci dalam membimbing siswa untuk menggali potensi terbaik mereka.

Guru penggerak menggunakan pendekatan coaching adalah untuk membantu siswa menetapkan tujuan, merencanakan langkah-langkah menuju kesuksesan, dan mengatasi rintangan yang mungkin muncul. Mereka tidak hanya mengajar materi, tetapi juga membentuk karakter dan memberikan dukungan emosional yang diperlukan untuk melampaui batasan.

Coaching guru penggerak memiliki beberapa manfaat, antara lain:

  1. Meningkatkan motivasi dan komitmen guru untuk berinovasi dan berkolaborasi dalam meningkatkan mutu pendidikan.
  2. Meningkatkan kapasitas dan kompetensi guru dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi siswa.
  3. Meningkatkan kesejahteraan dan kepuasan kerja guru sebagai profesi yang mulia dan bermartabat.
  4. Meningkatkan jaringan dan jejaring kerja sama antara guru penggerak dengan coach, rekan sejawat, sekolah, pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha.

Coaching adalah sebuah pendekatan dengan tujuan untuk menciptakan perubahan melalui proses refleksi dan tindakan. Dengan bertanya-tanya, mendengarkan, dan memberikan umpan balik konstruktif, seorang coach mendorong coachee untuk melihat tantangan dari sudut pandang baru. Ini membuka pintu bagi pemahaman diri yang lebih dalam dan memicu dorongan untuk mengambil langkah-langkah konkret menuju perubahan positif.

Dalam coaching klinik, perubahan mencakup pengelolaan stres, peningkatan kepercayaan diri, dan pengembangan strategi coping yang sehat. Di sisi lain, guru penggerak membantu siswa mengatasi hambatan akademis, mengembangkan keterampilan sosial, dan membimbing mereka melalui kehidupan pendidikan.

Pada bagian akhir ini, kami sajikan contoh dialog dan refleksi diri yang bisa dimanfaatkan untuk berlatih sesuai kebutuhan.

Contoh Dialog Guru Penggerak

Refleksi Diri

Sebagai kesimpulan, coaching secara sederhana merupakan salah satu cara untuk mengembangkan diri dan meningkatkan kualitas hidup. Coaching klinik adalah salah satu bentuk yang dapat membantu kita mencapai tujuan kita dengan lebih cepat dan efisien. Coaching guru penggerak adalah salah satu contoh metode yang berhasil mewujudkan visi pendidikan Indonesia yang berkualitas dan merata.

Irwan Fyn
Irwan Fyn Seorang Guru dan Blogger Pemula. Terima kasih atas kunjungan Anda, mari ramaikan.

Post a Comment for "Coaching Adalah: Pengertian dan Peran Guru Penggerak"