Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.2 Tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak

Halo, salam sehat untuk semuanya. Kali ini saya akan sajikan referensi tugas jurnal refleksi dwi mingguan modul 1.2 tentang nilai dan peran guru penggerak, salah satu program peningkatan mutu guru dalam kurikulum merdeka ini.

Semangat buat calon guru penggerak yang kini sedang menempuh pendidikan calon guru penggerak dengan durasi 6 bulan efektif. Pastinya sangat melelahkan, tapi nikmati saja, kalian pasti bisa sampai di ujung perjuangan dan pasti rasanya akan sangat manis.

Nah, jurnal refleksi dwi mingguan modul 1.2 ini merupakan salah satu dari serangkaian tugas yang harus dituntaskan pada LMS calon guru penggerak, dan ini harus dikerjakan jika ingin mendapatkan nilai yang baik dari pengajar praktik dan fasilitator.

Lantas, apa saja yang di bahas pada tugas jurnal refleksi dwi mingguan modul 1.2 tentang nilai dan peran guru penggerak ini, simak selengkapnya. Oh iya, file ini bisa kalian unduh di bagian akhir artikel ini.

Setelah pembelajaran hari ini, saya akhirnya memahami bahwa ...

  1. Guru penggerak diharapkan mampu menginspirasi, memotivasi, dan membimbing siswa untuk mencapai potensi terbaik mereka.
  2. Guru sebagai pemimpin dan pengelola perubahan harus memiliki nilai-nilai positif di antaranya (1) berpihak pada murid, (2) reflektif, (3) mandiri, (4) kolaboratif, serta (5) inovatif
  3. Guru harus memainkan peran memimpin perubahan seperti menjadi pemimpin pembelajaran, menjadi coach bagi guru lain, mendorong kolaborasi, dan mewujudkan student agency

Perasaan saya setelah melakukan pembelajaran hari ini, adalah....

Saya bangga menjadi bagian dari profesi yang mulia dan berkontribusi terhadap pembangunan bangsa melalui pendidikan. Saya juga termotivasi untuk terus meningkatkan kualitas diri saya sebagai guru yang profesional, kreatif, inovatif, dan inspiratif. Saya menyadari bahwa sebagai guru penggerak, saya harus mampu menjadi teladan, fasilitator, motivator, dan kolaborator bagi siswa, orang tua, dan masyarakat. Saya berkomitmen untuk mengimplementasikan nilai-nilai dan peran guru penggerak dalam setiap kegiatan pembelajaran yang saya lakukan.

Setelah pembelajaran hari ini, saya akhirnya mampu ....

  1. Merefleksikan nilai-nilai guru penggerak sebagai pemimpin dan pengelola perubahan dalam komunitas sekolah
  2. Melaksanakan peran guru penggerak sebagai pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid, dan mendorong kolaborasi bersama komunitas praktisi 

Setelah melakukan pembelajaran hari ini, target saya berikutnya adalah ....

Meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas saya. Saya ingin menerapkan strategi yang sesuai dengan kebutuhan dan minat siswa, serta mengintegrasikan teknologi yang relevan dan efektif. Saya juga berencana untuk berkolaborasi dengan guru-guru lain dalam mengembangkan bahan ajar, mengevaluasi hasil belajar, dan berbagi pengalaman. Saya berharap dengan target ini, saya dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan pendidikan di Indonesia.

Hasil dari refleksi tersebut saya gambarkan dengan menggunakan model segitiga refleksi, dengan 4 tahapan secara jelas.

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.2 Tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak

Nah, semoga referensi di atas dapat membantu Anda sebagai calon guru penggerak. Sukses.

Irwan Fyn
Irwan Fyn Seorang Guru dan Blogger Pemula. Terima kasih atas kunjungan Anda, mari ramaikan.

Post a Comment for "Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.2 Tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak"