Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Modul Ajar PPKN Adalah Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka, Lengkap dengan ATP, Sudah Siap?

Contoh modul ajar PPKN adalah perangkat ajar kurikulum merdeka yang harus dimiliki, lengkap dengan ATP sebagai panduan pembelajaran, sudahkah Anda bersiap?

Foto oleh RDNE Stock project.

Materi pendidikan Pancasila atau PPKN adalah materi yang sangat penting untuk dipelajari sebagai dasar membangun rasa cinta tanah air bagi siswa. Materi ini diajarkan secara lebih luas di tingkat SMK, dengan menggunakan kurikulum Sekolah Penggerak yang mengusung semangat merdeka belajar. Untuk mempersiapkan pembelajaran yang optimal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

Menyusun rencana pembelajaran yang sesuai dengan capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran, atau materi/topik pembelajaran yang terkait dengan 6 dimensi Profil Pelajar Pancasila.

  1. Menggunakan metode pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan, serta melibatkan siswa dalam kegiatan proyek yang mengembangkan 6 dimensi Profil Pelajar Pancasila.
  2. Menyediakan sumber belajar yang bervariasi, relevan, dan menarik, seperti buku teks pelajaran, media audiovisual, internet, dan lingkungan sekitar.
  3. Melakukan penilaian pembelajaran yang autentik, komprehensif, dan berkelanjutan, serta memberikan umpan balik yang konstruktif kepada siswa.
  4. Membangun budaya sekolah yang mendukung penerapan Profil Pelajar Pancasila di lingkungan sekolah, seperti iklim sekolah, kebijakan, pola interaksi dan komunikasi, serta norma yang berlaku di sekolah.

Perlu diketahui bahwa contoh modul ajar PPKN adalah perangkat ajar kurikulum merdeka beserta ATP, kami sajikan untuk Anda lengkap berdasarkan beberapa topik, antara lain:

  1. Peta pemikiran pendiri bangsa tentang Pancasila, yang membahas tentang latar belakang, proses, dan dinamika perumusan Pancasila sebagai dasar negara.
  2. Penerapan Pancasila dalam konteks berbangsa dan bernegara, yang membahas tentang ideologi Pancasila, nilai-nilai Pancasila, dan studi kasus penerapan Pancasila dalam kehidupan bernegara.
  3. Peluang dan tantangan penerapan Pancasila dalam kehidupan global, yang membahas tentang tantangan dan peluang ber-Pancasila di era globalisasi, revolusi industri 4.0, dan revolusi informasi.
  4. Pendidikan karakter berbasis Pancasila, yang membahas tentang konsep pendidikan karakter, profil pelajar Pancasila, dan strategi pengembangan karakter berbasis Pancasila.
  5. Peran generasi muda dalam mewujudkan cita-cita bangsa berdasarkan Pancasila, yang membahas tentang peran generasi muda dalam sejarah perjuangan bangsa, tantangan generasi muda di era digital, dan potensi generasi muda dalam mengembangkan bangsa.

Materi-materi tersebut disusun sesuai dengan kurikulum Sekolah Penggerak yang mengusung semangat merdeka belajar, sehingga contoh modul ajar PPKN adalah perangkat ajar kurikulum merdeka yang ideal dan dapat dikembangkan sesuai kebutuhan di satuan pendidikan masing-masing. 

Kurikulum ini memberikan keleluasan bagi satuan pendidikan dan guru untuk mengembangkan potensi siswa sesuai dengan kemampuan dan perkembangannya. Buku teks pelajaran yang digunakan sebagai sumber belajar juga disusun dengan menggunakan pendekatan tematik, integratif, dan kontekstual. 

Selengkapnya, dapat Anda akses dengan mudah.

Daftar ATP SMK

ATP PPKN FASE E KELAS 10 SMK

ATP PPKN FASE F KELAS 11 SMK

ATP PPKN FASE F KELAS 12 SMK


Daftar Modul Ajar SMK

MODUL AJAR PPKN KELAS 10 PANCASILA

MODUL AJAR PPKN KELAS 10 UUD 1945

MODUL AJAR PPKN KELAS 10 BHINEKA TUNGGAL IKA

MODUL AJAR PPKN KELAS 10 NKRI

MODUL AJAR PPKN KELAS 11 PANCASILA

MODUL AJAR PPKN KELAS 11 UUD 1945

MODUL AJAR PPKN KELAS 12 BHINEKA TUNGGAL IKA

MODUL AJAR PPKN KELAS 12 NKRI


Demikian, contoh modul ajar PPKN adalah bentuk kepedulian kami membantu memenuhi kebutuhan perangkat ajar kurikulum merdeka Anda. Semoga bermanfaat. 

Irwan Fyn
Irwan Fyn Seorang Guru dan Blogger Pemula. Terima kasih atas kunjungan Anda, mari ramaikan.

Post a Comment for "Contoh Modul Ajar PPKN Adalah Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka, Lengkap dengan ATP, Sudah Siap?"