Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Contoh Modul Ajar Bahasa Inggris dan ATP Kurikulum Merdeka Untuk Semua Fase Tahun 2023

Guru perlu menyusun rencana pembelajaran yang baik agar proses belajar mengajar menjadi terarah dan optimal. Salah satu rencana pembelajaran yang dapat digunakan yakni contoh modul ajar bahasa Inggris dan ATP pada kurikulum merdeka. 

Contoh modul ajar bahasa inggris dan ATP kurikulum merdeka merupakan bahan ajar yang disusun berdasarkan Elemen dan Capaian Pembelajaran bahasa Inggris. Modul ajar ini bertujuan untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan berbahasa Inggris secara komunikatif, kritis, kreatif, dan kolaboratif.

Contoh Modul Ajar Bahasa Inggris dan ATP Kurikulum Merdeka Untuk Semua Fase Tahun 2023. Foto oleh Max Fischer.

Contoh modul ajar bahasa Inggris dan ATP kurikulum merdeka terdiri dari beberapa materi yang sesuai dengan capaian pembelajaran seperti di kelas 10 SMK. Beberapa materi tersebut antara lain:

  1. Mengidentifikasi informasi umum dan spesifik dari teks lisan dan tulis berbentuk recount, narrative, descriptive, procedure, report, dan explanation.
  2. Menyusun teks lisan dan tulis berbentuk recount, narrative, descriptive, procedure, report, dan explanation dengan memperhatikan tujuan komunikasi, konteks, struktur teks, unsur kebahasaan, dan mekanika penulisan.
  3. Menyampaikan respons secara lisan dan tulis terhadap teks lisan dan tulis berbentuk recount, narrative, descriptive, procedure, report, dan explanation dengan memperhatikan kesantunan, keakuratan, kelancaran, dan keterbukaan.
  4. Menunjukkan sikap positif terhadap bahasa inggris sebagai salah satu sarana komunikasi global.

Untuk melaksanakan contoh modul ajar bahasa inggris kurikulum merdeka, guru harus melengkapi beberapa perangkat ajar yang mendukung proses pembelajaran. Beberapa perangkat ajar tersebut antara lain:

  1. ATP bahasa Inggris kelas 10 SMK yang berisi capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran, materi pokok, kktp,  sumber belajar, dan alokasi waktu.
  2. Modul ajar bahasa Inggris kelas 10 SMK yang berisi identitas mata pelajaran, elemen, capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran, kktp, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, kegiatan pembelajaran, penilaian autentik, alokasi waktu, dan bahan ajar.
  3. Bahan ajar bahasa Inggris kelas 10 SMK yang terdiri dari beberapa unit. Setiap unit memiliki bagian pendahuluan (introduction), tujuan pembelajaran (learning objectives), materi pokok (main content), latihan (exercises), tugas (assignments), refleksi (reflection), dan evaluasi (assessment).
  4. Instrumen penilaian formatif dan sumatif bahasa Inggris kelas 10 SMK yang berisi rubrik penilaian untuk menilai aspek pengetahuan (knowledge), keterampilan (skills), dan sikap (attitude) siswa dalam berbahasa inggris.

Contoh modul ajar bahasa Inggris dan ATP kurikulum merdeka dapat dilihat pada lampiran di akhir artikel ini. Modul ajar ini disusun dengan menggunakan format yang mudah dipahami oleh siswa. Modul ajar ini juga dilengkapi dengan gambar-gambar ilustratif yang menarik dan relevan dengan materi. Modul ajar ini juga menyediakan contoh-contoh teks lisan dan tulis yang bervariasi dan sesuai dengan level siswa.

Cara mengevaluasi pembelajaran bahasa Inggris kurikulum merdeka adalah dengan menggunakan penilaian formatif dan sumatif. Jenis penilaian tersebut dilakukan secara holistik dan kontekstual untuk mengukur kemampuan siswa dalam berbahasa inggris secara komunikatif, melibatkan aspek pengetahuan (knowledge), keterampilan (skills), dan sikap (attitude) siswa dalam berbahasa inggris. 

Selain itu, penilaian dalam kurikulum merdeka juga dapat menggunakan berbagai teknik dan instrumen penilaian yang sesuai dengan jenis dan tujuan pembelajaran. Beberapa teknik dan instrumen penilaian autentik yang dapat digunakan antara lain:

  1. Tes tertulis yang berisi soal-soal pilihan ganda, isian, uraian, atau esai yang menguji kemampuan siswa dalam memahami dan menyusun teks lisan dan tulis berbentuk recount, narrative, descriptive, procedure, report, dan explanation.
  2. Tes lisan yang berisi soal-soal wawancara, presentasi, diskusi, atau simulasi yang menguji kemampuan siswa dalam menyampaikan dan merespons teks lisan berbentuk recount, narrative, descriptive, procedure, report, dan explanation.
  3. Portofolio yang berisi kumpulan hasil karya siswa dalam bentuk teks lisan dan tulis berbentuk recount, narrative, descriptive, procedure, report, dan explanation yang disusun secara sistematis dan berkala.
  4. Proyek yang berisi tugas-tugas yang menuntut siswa untuk menerapkan keterampilan berbahasa inggris dalam situasi nyata atau semi nyata. Misalnya, membuat buku cerita, membuat video tutorial, membuat poster kampanye, atau membuat laporan penelitian.

Berikut adalah contoh modul ajar bahasa Inggris dan ATP tahun 2023 untuk semua kelas atau fase pada kurikulum merdeka.

Daftar ATP

ATP KELAS 10 FASE E BAHASA INGGRIS

ATP KELAS 11 FASE F BAHASA INGGRIS

ATP KELAS 12 FASE F BAHASA INGGRIS


Daftar Modul Ajar

MA 1 KELAS 10 MATERI INTRODUCTION

MA 2 KELAS 10 MATERI DESCRIPTIVE TEXT (PEOPLE)

MA 3 KELAS 10 MATERI DESCRIPTIVE TEXT (PLACE)

MA 4 KELAS 10 MATERI ADVERTISEMENT, INVITATION AND ANNOUNCEMENT

MA 5 KELAS 10 MATERI RECOUNT

MA 6 KELAS 10 MATERI NARRATIVE TEXT

MA 7 KELAS 10 MATERI PROCEDURE TEXT

MA 8 KELAS 10 MATERI REPORT TEXT


MA 3 KELAS 11 MATERI ANALYTICAL EXPOSITION

MA KELAS 12 MATERI TEKS DISKUSI


Demikianlah penjelasan tentang contoh modul ajar bahasa Inggris dan ATP kurikulum merdeka untuk semua fase. Semoga bermanfaat bagi guru dan siswa dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Inggris. Selamat belajar!

Irwan Fyn
Irwan Fyn Seorang Guru dan Blogger Pemula. Terima kasih atas kunjungan Anda, mari ramaikan.

Post a Comment for "Contoh Modul Ajar Bahasa Inggris dan ATP Kurikulum Merdeka Untuk Semua Fase Tahun 2023"