Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Piutang Usaha Adalah: Pengertian, Contoh, Tujuan, hingga Manfaatnya untuk Bisnis

Istilah piutang bukan hal yang asing dalam dunia pembukuan akuntansi atau dalam dunia bisnis. Sebagai pebisnis, memahami istilah-istilah dalam pembukuan keuangan dapat membantu untuk memahami dan mengelola keuangan dengan baik.

Di artikel ini akan membahas lebih jauh tentang piutang khususnya mengenai piutang usaha. Piutang usaha adalah aset yang muncul karena adanya penjualan barang dengan menggunakan sistem pembayaran yang bisa ditunda dalam jangka waktu tertentu. Jangka waktu ini harus disepakati oleh penjual sebagai kreditur dan pembeli sebagai debitur.

Piutang Usaha Adalah: Pengertian, Contoh, Tujuan, hingga Manfaatnya untuk Bisnis. Foto oleh LinkedIn Sales Navigator.

Secara singkat piutang usaha dapat diartikan sebagai saldo yang muncul akibat penjualan barang atau jasa, namun belum dibayar oleh pelanggan. Piutang usaha juga dapat dihitung sebagai asset, karena pihak debitur atau pelanggan punya kewajiban untuk membayarnya.

Contoh Piutang Usaha

Sebagai contoh, Anda memiliki toko kelontong yang berjualan berbagai macam sembako dan kebutuhan rumah tangga. Lalu ada tetangga yang membeli rokok dan beras dan berjanji akan membayarnya akhir bulan alias utang. Sehingga Anda menjual rokok dan beras secara kredit.

Namun dalam catatan penjualan, Anda tetap menuliskan piutang tersebut sebagai pendapatan meskipun Anda belum menerima uang tersebut. Nilai dari penjualan rokok dan beras tersebut tetap terhitung sebagai pemasukan atau aset lancer meski belum dilunasi.

Tujuan dari Piutang Usaha

Menjual produk atau jasa dengan sistem kredit akan memberikan kesempatan pada pelanggan untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan atau inginkan. Tidak semua orang memiliki cukup uang tunai untuk belanja apa yang mereka butuhkan. Sehingga ketika ada opsi untuk kredit tentu akan membuat orang tertarik untuk membelanjakan uang mereka karena bisa dibayar nanti.

Piutang usaha adalah salah satu cara pebisnis untuk mendapatkan pelanggan, membuka peluang penjualan yang lebih besar, hingga mempertahankan retensi pelanggan. Banyak juga pelanggan yang sebenarnya mampu untuk membeli tunai namun memilih kredit karena uangnya dapat digunakan untuk hal lainnya.

Manfaat Piutang Usaha bagi Perusahan

Ada beberapa manfaat yang didapatkan perusahaan saat memberikan kredit pada pelanggan mereka. Di antara manfaat tersebut adalah:

1.  Menghasilkan Pendapatan

Mendapatkan bayaran uang tunai di awal memang menguntungkan, namun dari kacamata pebisnis memberikan piutang usaha dapat meningkatkan lebih banyak penjualan. Karena pelanggan dapat bertransaksi meski mereka belum memiliki uangnya.

2.  Meningkatkan Aset Lancar Terbesar

Perusahaan yang menjual barang secara kredit sama dengan berinvestasi di masa depan. Investasi atau keuntungan ini biasa didapatkan dari penjualan barang kredit yang memiliki bunga. Selisih harga asli dan bunga akan menjadi keuntungan perusahaan.

Itulah pembahasan singkat mengenai piutang usaha. Di mata pebisnis, ternyata piutang usaha adalah salah satu cara untuk meningkatkan penjualan mereka. Apakah Anda sudah tergambar bagaimana memanfaatkannya untuk mengembangkan bisnis? 

Irwan Fyn
Irwan Fyn Seorang Guru dan Blogger Pemula. Terima kasih atas kunjungan Anda, mari ramaikan.

Post a Comment for "Piutang Usaha Adalah: Pengertian, Contoh, Tujuan, hingga Manfaatnya untuk Bisnis"