Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar Semua Mata Pelajaran 2023

Table of Contents

Contoh modul ajar kurikulum merdeka belajar perlu Anda persiapkan agar proses pembelajaran dapat berjalan lancar dan sukses. Terlebih, sebentar lagi akan memasuki tahun ajaran baru, yakni 2023/2024.

Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar
Semua Mata Pelajaran 2023

Kenapa ini penting, karena modul ajar berisi berbagai capaian hingga tujuan pembelajaran yang harus dicapai dan dikuasai hingga tuntas oleh peserta didik. Selain itu, setiap guru juga bisa mengatur alur tujuan pembelajaran dan dijelaskan dalam langkah-langkah yang sistematis.

Untuk memenuhi kebutuhan itu, kali ini admin menyiapkan contoh modul ajar kurikulum merdeka belajar untuk semua mata pelajaran 2023 secara lengkap. 

Kita tahu bahwa, biasanya pada bulan Juni/Juli sebelum tahun ajaran baru dimulai, sekolah dalam hal ini diatur oleh kurikulum melaksanakan workshop penyusunan perangkat ajar. Perlu disusun alur tujuan pembelajaran (ATP), modul ajar dan instrumen lainnya.

Contoh modul ajar kurikulum merdeka belajar ini disusun dengan mempertimbangkan bagaimana karakteristik, kompetensi dan minat peserta didik. Banyak hal atau aspek yang mendukung, seperti perhitungan yang baik antara tingkat kesulitan tujuan pembelajaran dengan kemampuan dasar baik pengetahuan dan keterampilan. Hal tersebut dilakukan agar proses belajar mengajar dapat mengakomodasi kebutuhan peserta didik dengan baik.

Contoh modul ajar adalah hal penting yang dapat menentukan keberhasilan pendidikan dalam pelaksanaan kurikulum merdeka belajar. Mungkin istilah modul ajar terkesan baru, namun sebetulnya secara struktur dan konten, juga tujuannya disusun memiliki kesamaan dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). 

Sebagai tambahan, pada bagian akhir guru dapat menambahkan  format lembar kerja peserta siswa yang digunakan dalam lampiran, literatur atau bahan bacaan yang mendukung sumber belajar, glosarium (kumpulan kata istilah atau kajian beserta maknanya), serta daftar pustaka sebagai referensi lengkap modul ajar.

Simak selengkapnya berikut ini.

Mata Pelajaran Dasar MPLB Fase E Kelas 10

DASAR MPLB PENERAPAN TEKNOLOGI

DASAR MPLB PROFIL PEKERJAAN

DASAR MPLB TEKNIK DASAR AKTIVITAS PERKANTORAN

DASAR MPLB PERALATAN DAN APLIKASI TP

DASAR MPLB SISTEM INFORMASI

DASAR MPLB LAYANAN BISNIS


Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Fase E Kelas 10

BAHASA INDONESIA TEKS LHO

BAHASA INDONESIA TEKS ANEKDOT

BAHASA INDONESIA TEKS HIKAYAT

BAHASA INDONESIA TEKS NEGOSIASI


Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Fase E Kelas 11

BAHASA INDONESIA TEKS KARYA ILMIAH

BAHASA INDONESIA DRAMA

BAHASA INDONESIA TEKS CERPEN


Nah, demikian contoh modul ajar kurikulum merdeka belajar tahun 2023, beberapa mata pelajaran lainnya akan disajikan di momen selanjutnya. Semoga bermanfaat.

Irwan Fyn
Irwan Fyn Guru dan Blogger Pemula. Mari ramaikan.

Post a Comment