Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Modul Ajar Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis Kelas 10 SMK Tahun 2023

Hai, masih dan terus membahas tentang modul ajar. Kita tahu bahwa pemerintah Indonesia melalui kementerian pendidikan, kini sedang gencar-gencarnya melakukan sosialisasi implementasi kurikulum merdeka belajar. Bahkan salah satu produknya yang kini harus dikuasai oleh guru adalah bagaimana menyusun modul ajar sebagai perencanaan pembelajaran yang baik.

Modul Ajar Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis

Kali ini, spesial saya akan sajikan modul ajar dasar manajemen perkantoran dan layanan bisnis untuk fase E atau kelas 10 di bangku SMK terbaru tahun 2023. 

Sebelum lanjut, perlu dipahami juga, modul ajar itu merupakan kelanjutan dari alur tujuan pembelajaran atau ATP. Artinya, penyusunan modul ajar didasari oleh sekumpulan aspek yang ada pada ATP.

Ada elemen, capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran, materi ajar, waktu yang dibutuhkan selama proses kegiatan belajar mengajar, bahkan dicantumkan pula profil pelajar Pancasila sebagai pembentukan karakter yang harus dimiliki oleh peserta didik.

Nah, aspek-aspek tersebut kemudian diejawantahkan secara detail dalam bentuk modul ajar, seperti dalam materi dasar manajemen perkantoran dan layanan bisnis ini. Untuk memudahkan proses pembelajaran, maka perlu disusun langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan model dan metode yang disesuaikan dengan kebutuhan capaian serta kemampuan pemahaman peserta didik.

Sekali-lagi disampaikan, penyusunan modul ajar yang menjadi produk kurikulum merdeka belajar ini harus benar-benar dikuasai oleh guru agar proses pembelajaran yang dilakukan menjadi terarah dan tuntas.

Bagi Anda yang sedang melakukan persiapan berupa menyusun perangkat ajar modul ajar dasar manajemen perkantoran dan layanan bisnis kurikulum merdeka belajar fase E, kebutuhan pembelajaran di tahun ajaran baru 2023/2024, tidak perlu khawatir. Kami sudah sajikan berikut ini.

MA X DASAR MPLB PENERAPAN TEKNOLOGI

MA X DASAR MPLB PROFIL PEKERJAAN

MA X DASAR MPLB TEKNIK DASAR AKTIVITAS PERKANTORAN

MA X DASAR MPLB PERALATAN DAN APLIKASI TP

MA X DASAR MPLB SISTEM INFORMASI

MA X DASAR MPLB LAYANAN BISNIS

Nah, beberapa modul ajar di atas, dapat Anda unduh terlebih dahulu agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran di sekolah. Semuanya dapat diakses dengan mudah. Semoga bisa membantu.

Irwan Fyn
Irwan Fyn Seorang Guru dan Blogger Pemula. Terima kasih atas kunjungan Anda, mari ramaikan.

4 comments for "Modul Ajar Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis Kelas 10 SMK Tahun 2023"

  1. Terima kasih banget atas bagi ilmunya. sangat bermanfaat untuk saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama ibu. Terima kasih sudah berkunjung.

      Delete
  2. Terima kasih mas sudah berbagi, untuk contoh silabusnya apakah ada?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, mas. Tentu saja ada. Biar saya siapkan.

      Delete