Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal dan Jawaban Biaya Relevan Untuk Pengambilan Keputusan Dalam Akuntansi Manajemen

Pentingnya mempelajari contoh soal dan jawaban biaya relevan untuk pengambilan keputusan dalam materi akuntansi manajemen agar keputusan yang dibuat memiliki tingkat risiko kegagalan yang rendah. Simak ulasannya.

Contoh Soal dan Jawaban Biaya Relevan Untuk Pengambilan Keputusan. Foto oleh RDNE Stock project.

Biaya Relevan dalam Akuntansi Manajemen

Biaya relevan dalam akuntansi manajemen merujuk pada biaya-biaya yang relevan dan dapat dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan bisnis. Biaya-biaya tersebut terdiri dari biaya yang dapat dihindari atau biaya yang akan terjadi dalam kedua pilihan yang dipertimbangkan. Konsep biaya relevan penting dalam akuntansi manajemen karena membantu manajer dalam memutuskan apakah suatu aktivitas atau proyek layak untuk dilanjutkan atau tidak.

Dalam menghitung biaya relevan, manajer perlu mempertimbangkan biaya-biaya yang dapat dihilangkan jika aktivitas atau proyek dihentikan, serta biaya-biaya yang akan terjadi dalam kedua pilihan yang dipertimbangkan. Sebagai contoh, jika suatu perusahaan mempertimbangkan untuk memproduksi produk baru, manajer harus mempertimbangkan biaya pembelian bahan baku, biaya tenaga kerja, biaya overhead, biaya distribusi, dan biaya pemasaran. Selain itu, manajer juga harus mempertimbangkan biaya yang dapat dihindari jika proyek tidak dilanjutkan, seperti biaya penelitian dan pengembangan yang tidak dapat dipulihkan.

Dalam akuntansi manajemen, biaya relevan dibedakan dari biaya sunk cost atau biaya yang sudah terjadi dan tidak dapat diubah. Biaya sunk cost tidak relevan dalam pengambilan keputusan bisnis karena biaya tersebut sudah terjadi dan tidak dapat dikembalikan.

Dalam pengambilan keputusan bisnis, manajer harus mempertimbangkan biaya relevan untuk memastikan bahwa keputusan yang diambil meminimalkan biaya dan menghasilkan keuntungan yang optimal. Dalam hal ini, biaya relevan menjadi dasar penting dalam pengambilan keputusan dan perencanaan bisnis.

Berikut ini adalah contoh soal dan jawaban biaya relevan untuk pengambilan keputusan dalam materi akuntansi manajemen.

Kasus 1

PT XYZ sedang mempertimbangkan untuk mengganti mesin produksi yang sudah tua dengan mesin baru. Mesin baru tersebut memiliki biaya Rp 200 juta dan diharapkan dapat meningkatkan efisiensi produksi sebesar 20%. Biaya operasional mesin lama adalah Rp 40 juta per tahun, sedangkan biaya operasional mesin baru diperkirakan hanya sebesar Rp 20 juta per tahun. PT XYZ menghitung bahwa mesin baru akan beroperasi selama 5 tahun. Berapa biaya relevan dan apakah PT XYZ sebaiknya membeli mesin baru?

Jawaban:

Biaya relevan dalam hal ini adalah biaya yang terkait dengan pengambilan keputusan untuk membeli atau tidak membeli mesin baru. Dalam hal ini, biaya relevan adalah biaya operasional mesin lama dan mesin baru selama 5 tahun.

    Biaya operasional mesin lama selama 5 tahun adalah sebagai berikut:
    Biaya operasional = Rp 40 juta x 5 tahun = Rp 200 juta
    Biaya operasional mesin baru selama 5 tahun adalah sebagai berikut:
    Biaya operasional = Rp 20 juta x 5 tahun = Rp 100 juta
Biaya total untuk membeli dan mengoperasikan mesin baru selama 5 tahun adalah sebagai berikut:
    Biaya total = biaya mesin baru + biaya operasional mesin baru selama 5 tahun
    Biaya total = Rp 200 juta + Rp 100 juta
    Biaya total = Rp 300 juta

Dari perhitungan di atas, dapat disimpulkan bahwa biaya relevan untuk membeli mesin baru adalah Rp 300 juta. PT XYZ sebaiknya membeli mesin baru karena mesin baru akan menghemat biaya operasional sebesar Rp 20 juta per tahun dan akan menghasilkan efisiensi produksi sebesar 20%. Meskipun biaya awal mesin baru lebih mahal, namun biaya operasional yang lebih rendah dan efisiensi produksi yang lebih tinggi akan membantu PT XYZ menghemat biaya dalam jangka panjang.

Kasus lain dalam contoh soal dan jawaban biaya relevan untuk pengambilan keputusan


Seorang pemilik restoran mempertimbangkan untuk mengubah supplier bahan baku yang saat ini digunakan. Supplier baru menawarkan bahan baku dengan harga yang 10% lebih murah dari supplier saat ini, namun biaya pengiriman yang lebih tinggi sebesar Rp 500.000 per bulan juga perlu diperhitungkan. Pemilik restoran menggunakan bahan baku sebanyak 1 ton per bulan dengan harga bahan baku saat ini sebesar Rp 5 juta per ton. Berapa biaya relevan dan apakah pemilik restoran sebaiknya beralih ke supplier baru?

Jawaban:

Biaya relevan dalam hal ini adalah biaya yang terkait dengan pengambilan keputusan untuk beralih atau tidak beralih ke supplier baru. Dalam hal ini, biaya relevan adalah biaya pembelian bahan baku dan biaya pengiriman selama 1 bulan dari kedua supplier.

    Biaya pembelian bahan baku dari supplier saat ini adalah sebagai berikut:
    Biaya = 1 ton x Rp 5 juta = Rp 5 juta
    Biaya pembelian bahan baku dari supplier baru adalah sebagai berikut:
    Biaya = 1 ton x Rp 4,5 juta = Rp 4,5 juta
Biaya pengiriman dari supplier saat ini adalah nol, sedangkan biaya pengiriman dari supplier baru adalah Rp 500.000 per bulan.

Jadi, biaya total untuk menggunakan supplier saat ini adalah sebagai berikut:
    Biaya total = biaya pembelian bahan baku saat ini + biaya pengiriman saat ini
    Biaya total = Rp 5 juta + 0 = Rp 5 juta
    Biaya total untuk menggunakan supplier baru adalah sebagai berikut:
Biaya total = biaya pembelian bahan baku dari supplier baru + biaya pengiriman dari supplier baru
    Biaya total = Rp 4,5 juta + Rp 500.000 = Rp 5 juta

Dari perhitungan di atas, dapat disimpulkan bahwa biaya relevan untuk beralih ke supplier baru adalah sama dengan biaya untuk menggunakan supplier saat ini. Oleh karena itu, pemilik restoran tidak akan menghemat biaya dengan beralih ke supplier baru dan sebaiknya tetap menggunakan supplier saat ini karena supplier saat ini telah terbukti memberikan bahan baku dengan kualitas yang baik dan dapat dipercaya.
Irwan Fyn
Irwan Fyn Seorang Guru dan Blogger Pemula. Terima kasih atas kunjungan Anda, mari ramaikan.

Post a Comment for "Contoh Soal dan Jawaban Biaya Relevan Untuk Pengambilan Keputusan Dalam Akuntansi Manajemen"