Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Bank Soal Penilaian Sumatif Akhir Tingkat (PSAT) Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Sebentar lagi penutupan masa pembelajaran di semester genap tahun 2023. Menjadi rutinitas wajib setiap sekolah akan melaksanakan Penilaian Sumatif Akhir Tingkat (PSAT) dalam kurikulum merdeka untuk mengukur dan menilai keberhasilan pembelajaran yang telah dilakukan. Kemudian hasilnya akan dievaluasi dan diputuskan bahwa peserta didik yang bersangkutan berhak naik jenjang atau tinggal jenjang.

Bank Soal Penilaian Sumatif Akhir Tingkat (PSAT) Kelas 10

Bank soal Penilaian Sumatif Akhir Tingkat (PSAT) Kelas 10 Semester Genap sudah kami siapkan untuk Anda. Namun sebelum sampai pada berkas yang dapat Anda akses, mari kita pahami perbedaan nama penilaian ini. 

Pada kurikulum 2013, kita lebih familiar dengan nama Penilaian Akhir Semester (PAS). Kini, pada kurikulum merdeka, Anda akan sering diperdengarkan dengan sebutan Penilaian Sumatif Akhir Tingkat (PSAT). Ada persamaan di antara keduanya, artinya program yang bertujuan untuk melakukan proses penilaian hasil pembelajaran. 

Namun demikian, momen pelaksanaan penilaian tersebut jika kita perhatikan tentu berbeda. Jika penyebutan Penilaian Akhir Semester bisa jadi itu dilakukan di pertengahan tahun ajaran atau semester ganjil. Nah, PSAT tentu prosesnya dilakukan di akhir tahun ajaran atau semester genap.

Baik, apa pun penyebutan namanya, hal penting yang perlu disiapkan agar hasilnya maksimal adalah belajar yang rajin. Bagi guru, tentu saja menyusun bank soal penilaian selengkapnya sesuai dengan kompetensi atau capaian pembelajaran yang telah diterima oleh siswa.

Kali ini, kami telah menyiapkan beberapa bank soal penilaian sumatif akhir tingkat (PSAT) kelas 10 ini dalam bentuk uraian. Tujuannya agar siswa terlatih lebih kritis dalam mengerjakan sejumlah soal, karena bentuk jawabannya adalah deskripsi panjang.

Perlu diketahui pula bahwa, dalam kurikulum merdeka ini, untuk melakukan penilaian tidak diwajibkan dalam bentuk tertulis mengerjakan soal di kelas. Proses penilaian ini dapat diambil dari berbagai bentuk penilaian seperti praktik, portofolio, proyek dan penugasan lainnya dengan tingkat kualitas yang baik.

Berikut ini beberapa contoh bank soal penilaian sumatif akhir tingkat (PSAT) kelas 10 yang dapat diakses dengan cepat.

SOAL BAHASA INDONESIA KELAS 10 PSAT

SOAL PAIBP KELAS 10 PSAT

SOAL SEJARAH INDONESIA KELAS 10 PSAT

Silakan unduh terlebih dahulu agar bisa diedit sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat.

Irwan Fyn
Irwan Fyn Seorang Guru dan Blogger Pemula. Terima kasih atas kunjungan Anda, mari ramaikan.

Post a Comment for "Bank Soal Penilaian Sumatif Akhir Tingkat (PSAT) Kelas 10 Kurikulum Merdeka "