Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Ujian Sekolah Bahasa Indonesia Kelas 12 SMK Terbaru dan Terlengkap

Dalam waktu dekat, tentunya Anda perlu menyiapkan soal ujian sekolah bahasa Indonesia, salah satu materi pelajaran yang diujikan selain banyak yang lainnya. 

Meski demikian, perlu dicermati bahwa penyiapan soal ujian sekolah yang disusun dan diujikan bukanlah satu-satunya indikator kesuksesan siswa. Hal tersebut dikarenakan bahwa pendidikan adalah sebuah proses dan melibatkan banyak aspek lainnya, seperti pengembangan keterampilan sosial, emosional, dan kepribadian. Oleh karena itu, seperti soal ujian sekolah bahasa Indonesia perlu disusun secara matang sebagai alat yang membantu menilai kompetensi siswa dan kualitas pendidikan.

Foto oleh Katerina Holmes. Soal Ujian Sekolah Bahasa Indonesia Kelas 12 SMK Terbaru dan Terlengkap 

Nah berikut ini adalah soal ujian sekolah bahasa Indonesia yang bisa Anda siapkan untuk kebutuhan ujian.

1.      Cermati kutipan cerpen berikut!

Sayang, di penghujung tahun kelima pernikahan mereka, musim dingin datang tak terperikan. Kota kami dikungkung badai salju berhari-hari. Berminggu-minggu. Berbulan-bulan. Tidak ada yang tahu hingga kapan. Salju di mana-mana. Pohon-pohon meranggas dibalut gumpalan es. Kembang-kembang layu ditimbun tumpukan es. Danau membeku. Dan tidak ada yang berniat menjejak laut yang sepanjang hari digantang angin-badai.

Seluruh kota mengalami kesulitan besar. Berebut makanan menjadi pemandangan sehari-hari. Enam bulan kemudian, harga sepotong roti tawar sebanding dengan sebutir peluru. Tak ada yang bisa mengalahkan urusan perut. Kota kami yang elok bertetangga selama ini, carut marut oleh perkelahian. Dan celakanya, itu semua belum cukup, penyakit aneh mendadak menjalar dengan cepat. Tubuh-tubuh lumpuh. Muka pucat. Bibir membiru. Dan kematian silih berganti menghampiri.

(Kupu-Kupu Monarch : Tere Liye)

   Ringkasan isi kutipan cerpen tersebut adalah ….

  A.  kekurangan bahan makan yang menyebabkan pertengkaran

  B.  kematian yang datang silih berganti karena keadaan kota yang carut marut

  C.  keadaan kota yang diterjang badai angin dan harga makanan mahal

*D.  keadaan kota yang sangat mengerikan, disebabkan oleh badai salju

  E.  penyakit aneh yang bermunculan dari dampak angin badai 

2.      Bacalah kalimat rumpang berikut dengan saksama!

Banjir adalah fenomena alam yang bersumber dari curah hujan dengan (…) tinggi dan (…) lama pada Daerah Aliran Sungai (DAS). Banjir dapat terjadi karena alam dan tindakan manusia.

  Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah....

   A.  kapasitas, durasi

   B.  aliran, durasi

   C.  kapasitas, massa

   D.  durasi, intensitas

 *E.  intensitas, durasi 

3.      Perhatikan paragraf berikut!

Wisata [ ... ] menjadi salah satu pilihan menarik ketika berlibur di Provinsi Kalimantan Tengah.Wisatawan dapat mencicipi masakan kepala ikan baung yang besarnya seukuran buah kelapa muda. Selain memiliki berbagai makanan [ ... ] yang nikmat dan lezat, provinsi ini memiliki tempat yang menarik yang wajib dikunjungi wisatawan, salah satunya adalah Jalan Yos Sudarso.

 Istilah yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah...

*A.  kuliner, khas

  B.  destinasi, khas

  C.  mancanegara, khas

  D.  kuliner, unik

  E.  mancanegara, unik 

4.      Bacalah teks eksposisi berikut!

(1) Di samping banyaknya jumlah penduduk dan sempitnya lapangan pekerjaan, ada banyak alasan kita harus berwirausaha, antara lain dari sisi kemapanan, arti hidup, dan kebebasan. (2) Dari sisi kemapanan, kenyataan menunjukkan yang namaya “mapan dan aman” berkarier di mana pun tidak pernah ada. (3) Dari sisi arti hidup, menjadi wirausahawan tentu memberi arti hidup yang lebih karena selain bermanfaat untuk keluarga juga bagi orang lain. (4) Dari sisi kebebasan, kita memiliki kebebasan yang lebih besar dalam aspek waktu, pengelolaan keuangan, ekspresi ide kreatif, pengambilan keputusan dsb. (5) Dari sisi penghasilan, wirausaha menjajikan hasil tak terbatas, dalam arti, hasilnya tergantung seberapa keras dan cerdas usaha kita disertai ketekunan, kesabaran, dan keuletan.

 Penilaian yang tepat berdasarkan kelengkapan struktur pada teks eksposisi tersebut adalah…

  A.  Argumennya lebih sedikit daripada aspek dalam tesis.

  B.  Penegasannya tidak sesuai dengan tesisnya.

  C.  Tidak semua aspek dalam tesis diberi argumen.

*D.  Kalimat tesisnya kurang lengkap.

  E.  Jumlah argumennya kurang.


5.      Cermati teks ulasan film berikut!

Dalam film “Sang Penari”, dua tokoh utamanya lebih menjadi korban. Rasus (Oka Antara) dan Srintil ( Prisia Nasution) pertama-tama harus menghadapi “struktur sosial” dukuhnya : mitos ronggeng, kemiskinan, dan Kartareja (Slamet Rahardjo) sebagai personifikasi “kekuasaan” dukuh. Ronggeng menjadi jawaban atas kemiskinan dukuh terpencil di wilayah Banyumas, Jawa Tengah, dan kemudian menjadi tradisi yang dimistifikasi. […] Padahal, keterpencilan ini penting karena dia menumbuhkan masyarakat “tertutup” dengan nilai-nilai khas.

(JB Kristanto)

  Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang teks tersebut adalah ….

  A.  Kelebihan lainnya adalah mereka mengekpos keterpencilan daerah sebagai latar.

  B.  Film ini menyuguhkan panorama indah sebuah desa terpencil di Banyumas.

*C.  Sayang, keterpencilannya kurang tergambar secara visual, geografis ataupun sosial.

  D.  Tradisi ini terjaga sampai menjadi ikon dan ciri yang khas dalam penceritaannya.

  E.  Banyak adegan yang dimainkan dan menyuguhkan keterpencilan Banyumas. 

Anda tidak perlu bersusah menyiapkan soal ujian sekolah bahasa Indonesia, karena kami telah menyiapkan kelanjutannya.

6.      Cermati teks berikut!

(1) Telepon selular adalah suatu layanan telekomunikasi berupa telepon tanpa kabel yang menempatkan Base Transceiver Station (BTS)-nya di udara sehingga memiliki jangkauan yang luas dibanding telepon berbasis GSM yang menempatkan BTS-nya di darat. (2) […] (3) Berbeda dengan telepon GSM yang jangkauannya terbatas. (4) Telepon satelit tidak menggunakan instruktur yang ada di bumi untuk melakukan panggilan.

  Kalimat yang tepat unuk melengkapi paragraf rumpang di atas adalah ….

    A. Antena satelit harus berada di tempat yang dapat berkoneksi dengan langit secara langsung tanpa penghubung.

  B. Telepon akan memproses sinyal untuk menemukan satelit yang paling dekat dengan telepon asal, lalu mengirim informasi tersebut!

  C. Satelit yang menerima mengirimkan panggilan ke mesin penerima di tanah yang paling deat melalui sebuah gateway.

 *D. Karena memiliki jangkauan yang luas, telepon satelit dapat digunakan di daerah pegunungan, pedalaman, hingga di tengah lautan.

 E. Telepon satelit memantulkan sinyal panggilan ke satelit di luar angkasa untuk diteruskan ke pesawat penerima.

7.      Bacalah penggalan cerpen berikut!

(1) Begitu Nek Jum keluar dari tempat kerjanya, dia tidak bisa melakukan apa-apa. (2) Dia tidak punya keahlian apa pun karena masa mudanya dihabiskan di tempat kerjanya itu. (3) Sejak keluar dari tempat kerjanya, Nek Jum tinggal sendirian di gubug reyot dekat perbatasan kampung sana. (4) [….] (5) Satu-satunya tempat yang terasing. (6) Namun, apa boleh buat. (7) Warga hanya mengizinkan Nek Jum tinggal di sana.(8) Mereka tak sudi tinggal bersama Nek Jum di tengah kampung.

(Umi Salamah, “Nek Jum”, dalam koran Kedaulatan Rakyat, Selasa, 28 Mei 2019)

 Kalimat bermajas yang tepat untuk mengisi bagian rumpang teks tersebut adalah ….

 *A.  Ia hidup sebatang kara di tempat tersebut, tanpa anak dan suaminya.

  B.  Kehidupannya sepi, hanya dihibur nyanyian angin malam yang merdu.

  C.  Nek Jum selalu menangis di waktu pagi, siang, dan malam.

  D.  Air matanya menganak sumgai mengingat masa lalunya yang kelam.

  E.  Nek Jum terlena dengan surga dunia sehingga lupa hari tuanya.

8.      Cermati teks berikut!

Iskandariah (Alexandria) merupakan kota terbesar kedua di seluruh Mesir. Lokasinya terletak di pesisir Laut Mediterania atau sekitar 200 kilometer arah barat laut Kairo, ibukota negara tersebut. Sejak terbentuk tahun 331 sebelum masehi (SM), Iskandariah telah berperan sebagai titik pertemuan yang memadukan unsur-unsur kebudayaan Barat dan Timur. Kini, Iskandariah tak ubahnya kota modern di Mesir. Salah satu karya arsitektur ikonik di wilayah tersebut adalah Istana Montazah.

 Sinonim kata yang bercetak miring pada teks tersebut adalah …

 *A.  buatan, ciptaan, karangan

  B.  ciptaan, rekaan, karangan

  C.  karangan, ciptaan, asal

  D.  buatan, ciptaan, sumber

  E.  ciptaan, buatan, rekaan


9.      Cermati kalimat berikut!

Ketika semakin banyak menulis, maka akan semakin banyak hormon endorfin yang diproduksi, dengan begitu kita akan lebih mudah bahagia dan ganjalan-ganjalan hati yang tadinya membuat kita cemas perlahan menghilang kalah dengan rasa bahagia dari adanya peningkatan endorfin.

  Variasi kalimat tersebut yang semakna adalah ….

  A.  Hormon endorfin membantu kita untuk bisa berkonsentrasi dalam  menulis, ganjalan-ganjalan di hati akan hilang  dan akan merasa senang selalu.

 *B.  Semakin banyak hormon endorfin yang diproduksi, kita akan lebih mudah bahagia dan ganjalan-ganjalan hati yang tadinya membuat kita cemas perlahan menghilang kalah dengan rasa bahagia dari adanya peningkatan endorfin dengan cara semakin banyak menulis.

   C.  Jika ingin bahagia, harus memperbanyak hormone endorfin dengan cara banyak menulis, dengan begitu hidup akan menjadi lebih indah.

    D.  Rasa cemas akan hilang seiring dengan aktivitas kita dalam menghasilkan sebuah karya yaitu dengan menulis, tulisan yang kita buat juga akan menjadi karya yang menghasilkan.

   E.  Rasa bahagia dan cemas perlahan menghilang dari diri manusia dengan adanya keberanian untuk menghasilkan sebuah tulisan, banyak menulis akan menjadikan kita bahagia lahir dan batin.

10.      Cermati teks berikut

Air di dunia ini mempunyai jumlah yang sama atau tetap. [...]  Siklus ini dimulai dengan air dipermukaan yang terkena panas dari matahari, kemudian akan menguap dan menjadi awan di langit. Awan–awan tersebut diterbangkan oleh angin ke segala penjuru dan menjadi jenuh. Ketika awan tersebut jenuh, maka awan akan berubah menjadi sebuah hujan sehingga air kembali lagi kedalam permukaan bumi.

 Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ….

  A.  Banyak air yang dimanfaatkan oleh manusia dan makhluk lainnya.

  B.  Terdapat siklus alami yang mengatur jumlah air di dunia.

  C.  Meskipun terjadi musim kemarau, namun tidak mempengaruhi jumlah air yang ada.

*D.  Hal tersebut dapat terjadi karena adanya siklus hidrologi.

  E.  Baik jumlah air tawar yang berada di daratan maupun air laut.

Untuk lebih lengkapnya, soal ujian sekolah bahasa Indonesia kelas 12 SMK terbaru dan terlengkap dapat diakses melalui link berikut ini.

Soal Ujian Sekolah Bahasa Indonesia Kelas 12 SMK

Demikian, semoga bermanfaat.

Irwan Fyn
Irwan Fyn Seorang Guru dan Blogger Pemula. Terima kasih atas kunjungan Anda, mari ramaikan.

Post a Comment for "Soal Ujian Sekolah Bahasa Indonesia Kelas 12 SMK Terbaru dan Terlengkap "