Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Perkembangan Teknologi Pendidikan: Keuntungan, Kelemahan dan Upaya Menghindari Penyalahgunaanya

Teknologi pendidikan merupakan penggunaan teknologi untuk meningkatkan efektivitas serta efisiensi dalam kegiatan belajar mengajar. Hal ini meliputi penggunaan perangkat lunak, perangkat keras, juga media digital guna membantu siswa belajar, seperti pembelajaran daring, pengujian adaptif, dan pembelajaran berbasis game. Teknologi pendidikan dimanfaatkan oleh guru dalam menyusun perencanaan, pengelolaan kelas, dan evaluasi kinerja siswa.

Adapun perkembangan teknologi pendidikan memiliki beberapa keuntungan penting, antara lain:

  1. Teknologi pendidikan mempermudah siswa memahami konsep-konsep yang sulit dengan cara yang semakin interaktif dan menarik.
  2. Teknologi pendidikan mengakomodasi siswa untuk belajar dari jarak jauh, digunakan secara tepat dalam situasi pandemi atau pada saat siswa berada di lokasi yang sulit diakses.
  3. Mempercepat proses pembelajaran, artinya memfasilitasi siswa mempelajari materi dengan cepat dan efisien, karena materi dapat dipresentasikan dengan cara yang lebih sederhana dan mudah dipahami.
  4. Membangun siswa untuk berkolaborasi dengan teman sekelas dan guru, bahkan jika mereka berada di lokasi yang berbeda.
  5. Teknologi pendidikan dapat membantu menghemat biaya pembelajaran, seperti biaya transportasi, buku, dan materi ajar.

Perkembangan Teknologi Pendidikan
Foto oleh Julia M Cameron. Perkembangan Teknologi Pendidikan

Dengan demikian, perkembangan teknologi pendidikan dapat membantu meningkatkan efektivitas pembelajaran, memfasilitasi kolaborasi, serta menghemat biaya pembelajaran, sehingga menjadi penting dalam konteks pendidikan saat ini.

Di samping terdapat banyak keuntungan, penggunaan teknologi pendidikan juga memiliki beberapa kelemahan, berikut ini:

  1. Tidak banyak siswa mempunyai akses ke perangkat dan sambungan internet yang dibutuhkan untuk pembelajaran daring. Hal ini dapat membentuk ketimpangan dalam pembelajaran, bisa jadi merugikan siswa yang kurang mampu.
  2. Kemungkinan dapat mengalami masalah teknis yang menghambat pembelajaran dan mengganggu jadwal pembelajaran.
  3. Dibutuhkan keterampilan teknologi, Siswa dan guru yang belum terbiasa menggunakan kecanggihan teknologi mungkin mengalami kesulitan dalam memanfaatkan perangkat dan aplikasi untuk pembelajaran.
  4. Kurangnya interaksi sosial: Pembelajaran daring dapat mengurangi interaksi sosial antara siswa, padahal hal tersebut penting untuk pengembangan sosial serta keterampilan kerja sama.
  5. Dalam pembelajaran jarak jauh, tidak ada pengawasan secara ketat seperti yang terjadi dalam kelas, sehingga mengurangi motivasi juga memungkinkan siswa melakukan kecurangan.

Dengan demikian, penting bagi pengguna teknologi pendidikan untuk mempertimbangkan kelemahannya yang kemudian perlu mengambil kebijakan guna mengurangi dampak buruknya.

Lantas, upaya apa yang perlu dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan perkembangan teknologi pendidikan, simak hal berikut ini.

  1. Perlunya penerapan aturan atau batasan yang jelas perihal pemanfaatan teknologi pendidikan. Di antaranya meliputi etika online, hak cipta, serta perlindungan privasi.
  2. Melakukan pelatihan: Siswa dan guru harus dilatih untuk menggunakan teknologi pendidikan dengan bijak dan bertanggung jawab. Pelatihan ini dimulai dengan keamanan online, pengelolaan privasi, dan hak cipta.
  3. Pentingnya pengawasan: Guru dan orang tua harus terlibat dalam pengawasan pemanfaatan teknologi pendidikan agar dapat dipastikan bahwa siswa menggunakannya secara benar dan tidak menyalahgunakannya.
  4. Memanfaatkan perangkat lunak keamanan: Sekolah dan guru harus menggunakan perangkat lunak keamanan guna melindungi siswa dari ancaman online, seperti virus, malware, dan situs web berbahaya.
  5. Pastikan Orang tua dan guru menjalin komunikasi dengan siswa secara terbuka perihal penggunaan teknologi pendidikan, dan juga memberikan kesempatan untuk diskusi serta tanya jawab terkait dengan masalah online.

Dengan mengambil tindakan ini, kita dapat meminimalkan kemungkinan penyalahgunaan perkembangan teknologi pendidikan. Selain itu, teknologi pendidikan digunakan dengan cara yang bijak dan bertanggung jawab.

Irwan Fyn
Irwan Fyn Seorang Guru dan Blogger Pemula. Terima kasih atas kunjungan Anda, mari ramaikan.

Post a Comment for "Perkembangan Teknologi Pendidikan: Keuntungan, Kelemahan dan Upaya Menghindari Penyalahgunaanya"