Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Apa yang Dimaksud Dengan Teks Negosiasi, Ciri Ciri Teks Negosiasi, Sebutkan Struktur Teks Negosiasi yang Tepat

Pernahkah Anda melakukan negosiasi atau belajar menjadi negosiator. Perlu diketahui bahwa negosiasi itu secara inti adalah bentuk kegiatan yang di dalamnya terdapat perundingan atau tawar menawar untuk memperoleh kesepakatan atau mufakat antara beberapa pihak. Untuk lebih jelasnya, apa yang dimaksud dengan teks negosiasi, ciri ciri teks negosiasi, dan sebutkan struktur teks negosiasi, mari pelajari materi berikut ini.

Apa yang dimaksud dengan teks negosiasi

Untuk mengetahui apa itu teks negosiasi, Anda perlu menyimak, membaca, memirsa, menulis, dan mempresentasikan teks negosiasi secara detail dan tuntas. Dengan mengidentifikasi, memperoleh informasi dengan menggunakan sumber pendukung, memahami konten hingga mampu menulis teks, maka pastinya Anda dapat menjelaskan apa yang dimaksud dengan teks negosiasi secara jelas.

Contoh dalam kegiatan jual beli. Antara si penjual dengan si pembeli terdapat berbedaan harga yang ingin disepakati. Ketika si penjual menawarkan dagangannya dengan harga tertentu, kemudian si pembeli menawarkan dengan harga lainnya, yang pada akhirnya disepakati satu harga, maka terjadilah yang dinamakan proses negosiasi.

Apa yang Dimaksud Dengan Teks Negosiasi, Ciri Ciri Teks Negosiasi, Sebutkan Struktur Teks Negosiasi yang Tep
Apa yang Dimaksud Dengan Teks Negosiasi, Ciri Ciri dan Strukturnya. Foto oleh Pavel Danilyuk

Maka dapat disimpulkan bahwa teks negosiasi adalah teks yang berisi tentang gambaran bentuk interaksi sosial saat beberapa pihak terlibat dan berupaya untuk menuntaskan tujuan yang berbeda menjadi kesepahaman yang dijunjung tinggi oleh pihak masing-masing.

Pada intinya saat terjadinya proses negosiasi, pihak-pihak tersebut berupaya mengambil jalan tengah dan tidak bersikeras pada kebutuhan atau kepentingannya masing-masing dengan cara serta teknik yang tepat.

Ciri ciri teks negosiasi

Untuk mengetahui ciri ciri teks negosiasi, Anda harus banyak membaca dan menelaah teks negosiasi secara tuntas. Namun, berikut beberapa ulasan yang dapat Anda pelajari.

  1. Berbentuk dialog berupa percakapan dengan kalimat langsung atau terdapat gabungan antara dialog dan narasi.
  2. Pengajuan disampaikan dengan bahasa yang santun.
  3. Hasil negosiasi bukan dalam bentuk paksaan melainkan mengutamakan kepentingan bersama.
  4. Adanya komunikator atau pengirim berita.
  5. Komunikan yang tugasnya penerima berita.
  6. Terdapat pesan yang jelas sebagai konten proses negosiasi berlangsung.
  7. Biasanya menggunakan media atau alat dalam menyampaikan pesan atau berita.
  8. Terjadi proses tawar-menawar atau tukar-menukar.

Sebutkan Struktur Teks Negosiasi 

Salah satu aspek terpenting dari setiap kontrak atau perjanjian adalah syarat-syarat pembuatannya. Ketentuan di mana perjanjian dibuat dikenal sebagai teks negosiasi. Secara umum jika ditanya sebutkan struktur teks negosiasi, maka ada tiga bagian utama adalah judul, isi dan kesimpulan.

1. Bagian judul

Bagian judul memberi tahu pembaca tentang apa yang mereka akan membaca dan berisi informasi kunci yang dibutuhkan pembaca untuk memahami apa yang berikut di bagian tubuh. 

Misalnya, beberapa tajuk menjelaskan berapa lama sesuatu akan bertahan atau kapan sesuatu akan jatuh tempo- yang membantu pembaca memahami kapan mereka harus mulai mengerjakan perjanjian atau kontrak dan kapan akan berakhir. Judul lainnya menjelaskan siapa yang memiliki kewenangan untuk bernegosiasi atas nama siapa dan kewenangan apa yang dimiliki.

2. Isi

Bagian ini menyajikan semua persyaratan di mana perjanjian dibuat dan mencakup penjelasan terperinci dari setiap persyaratan. Penting juga bagi kedua belah pihak untuk memahami apa yang mereka sepakati karena hal itu akan membantu mereka menafsirkan konsekuensi apa pun yang dihasilkan dari kesepakatan mereka.

Misalnya, jika salah satu pihak dalam suatu perjanjian gagal untuk menindaklanjuti kewajibannya, kedua belah pihak dapat bertanggung jawab atas kegagalan untuk menegakkan akhir perjanjian mereka.

Ini karena kedua belah pihak setuju untuk membantu satu sama lain dalam mencapai tujuan mereka - jadi jika salah satu pihak gagal memenuhi bagiannya dari tawar-menawar, akibatnya kedua belah pihak akan menderita.

3. kesimpulan 

Pada akhir teks negosiasi, kedua belah pihak dengan jelas menyatakan apakah mereka setuju dengan semua persyaratan yang disajikan dalam teks dan jika tidak, apa perlu diubah sebelum mereka dapat menyepakati syarat-syarat tersebut. Ini juga memastikan bahwa kedua belah pihak menyetujui siapa yang akan membuat keputusan untuk siapa dalam situasi tertentu.

Singkatnya, ini menyimpulkan mengapa sangat penting untuk memiliki teks negosiasi yang akurat dan menyeluruh! Tanpa penjelasan yang akurat tentang semua ketentuan yang disepakati dalam kontrak atau perjanjian, tidak ada pihak yang tahu cara terbaik untuk menginterpretasikan konsekuensi apa pun yang dihasilkan dari perjanjian tersebut.

Nah, demikian beberapa penjelasan mengenai Apa yang Dimaksud Dengan Teks Negosiasi, Ciri Ciri Teks Negosiasi, Sebutkan Struktur Teks Negosiasi yang Tepat. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Apa yang Dimaksud Dengan Teks Negosiasi, Ciri Ciri Teks Negosiasi, Sebutkan Struktur Teks Negosiasi yang Tepat"