Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Contoh Laporan Best Practice PKP Menulis Cerpen Dengan Metode Mind Mapping

Salam sehat untuk kita. Kali ini kita akan berbincang tentang Contoh Laporan Best Practice PKP Menulis Cerpen Dengan Metode Mind Mapping untuk peserta didik lamban belajar (slow learner).

Contoh laporan best practice PKP ini berdasarkan hasil pembelajaran yang dilakukan dalam rangka pengembangan pendidikan insklusif atau pembelajaran yang berdiferensiasi bagi disabilitas secara sederhana, lebih tepat disusun seperti artikel populer.

Contoh Laporan Best Practice PKP Menulis Cerpen Dengan Metode
Mind Mapping. Foto oleh Mehmet Turgut Kirkgoz.

Pembelajaran Menulis Cerpen Berdasarkan Nilai-Nilai Cerita Hikayat
Dengan Metode Mind Mapping Bagi Peserta Didik
Lamban Belajar (Slow Learner)

 Penulis: Irwan Fitriyanto Nurohman, S.Pd

 Pendahuluan

Pentingnya pendidikan yang terbuka bagi semua anak, harus dilakukan dengan sepenuh hati. Pelaksanakan pendidikan yang baik dapat memberikan kenyamanan dan semangat yang hebat, yang kemudian dapat diterima oleh semua anak dengan rasa menyenangkan.

Kesadaran untuk menerima bahwa anak didik terlahir dengan karakteristik yang beragam menjadi dasar dalam melaksanakan pembelajaran yang baik. Tidak semua anak didik berada dalam level kecerdasan intelektual dan mental yang sama. Tidak menutup kemungkinan ditemukan anak didik yang mengalami hambatan belajar dan sebagainya. Maka, menjadi hal yang tidak tepat jika dalam proses pembelajaran dipaksakan dengan tujuan kompetensi yang sama tanpa memahami apa yang benar-benar menjadi kebutuhannya.

Untuk menghadapi hal tersebut, menghadirkan konsep pendidikan inklusif merupakan upaya yang tepat, karena dapat mewujudkan pembelajaran yang berdiferensiasi. Adanya akomodasi kurikulum baik dalam bentuk modifikasi maupun adaptasi akan mempermudah dalam memberikan pelayanan pendidikan yang lebih luas.

Penyederhanaan tujuan, pemilihan konten yang variatif, langkah-langkah yang sederhana dan terstruktur, serta konsep asesmen yang mudah menjadi bagian akomodasi yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan proses pembelajaran. Dengan demikian, pendidikan inklusif diharapkan mampu  mengakomodasi kebutuhan pendidikan anak didik secara merata.

Ada berbagai keuntungan dari pendidikan inklusif yang dilakukan, antara lain guru dapat memperlakukan semua anak didik secara adil dalam belajar, yang dampak positifnya adalah anak merasa dapat diterima secara leluasa. Lebih lanjut, anak yang mengalami hambatan pun akan menyadari bahwa ia mampu beradaptasi dan menerima dalam lingkungan pendidikan yang penuh keberagaman.

Hal menarik bagi guru dalam melaksanakan pendidikan inklusif, yakni guru akan semakin memahami keberagaman karakter anak didiknya. Guru dapat membangun kemampuan berinteraksi yang lebih aktif. Terlebih, guru dapat merasakan kepuasan kerja dan prestasi manakala proses pendidikan yang dilaksanakannya berhasil.

Selayang pandang, saya hendak berbagi kisah praktik baik tentang pengalaman melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi dalam kaitannya pendidikan inklusif di SMK Negeri 1 Kebumen. Pengalaman yang menarik, sebagai tindak lanjut dari Program Pemberdayaan Komunitas Guru (KKG/MGMP) dalam Penyusunan Perangkat Ajar yang Mengakomodasi Peserta Didik Penyandang Disabilitas.

......................................


Nah, lebih lanjut mengenai Contoh Laporan Best Practice PKP Menulis Cerpen Dengan Metode Mind Mapping ini, dapat Anda akses melalui link di bawah ini.

Contoh Laporan Best Practice PKP Menulis Cerpen dengan Metode Mind Mapping

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Contoh Laporan Best Practice PKP Menulis Cerpen Dengan Metode Mind Mapping"