Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Modul Ajar dalam Sekolah Inklusi: Menulis Cerpen dari Nilai-Nilai Cerita Hikayat Si Miskin

Modul Ajar dalam Sekolah Inklusi: Menulis Cerpen dari Nilai-Nilai Cerita Hikayat Si Miskin - Salam sehat semua, semoga Alloh SWT senantiasa melimpahkan berkah yang tak terkira luasnya, aamiin. Terima kasih masih setia berkunjung di situs kami. Kali ini, kami sampaikan terkait perangkat perencanaan pembelajaran, terutama Bapak/Ibu yang sudah menggunakan kurikulum merdeka yaitu modul ajar.

Lebih lanjut, kita akan mempelajari modul ajar yang digunakan dalam sekolah inklusi atau pendidikan inklusi. Apakah konsepnya berbeda dengan modul ajar yang digunakan oleh sekolah reguler?

Modul Ajar dalam Sekolah Inklusi: Menulis Cerpen dari Nilai-Nilai Cerita Hikayat Si Misk
Modul Ajar dalam Sekolah Inklusi: Menulis Cerpen dari Nilai-Nilai Cerita Hikayat Si Misk. Foto oleh Thirdman

Baik, sebelum lanjut membahas tentang modul ajarnya yang memiliki topik "Modul Ajar dalam Sekolah Inklusi: Menulis Cerpen dari Nilai-Nilai Cerita Hikayat Si Miskin", Mari kita pelajari terlebih dahulu apa itu sekolah inklusi?

Gambaran sederhananya, sekolah inklusi adalah sebuah lembaga pendidikan yang mengakomodasi kebutuhan seluruh peserta didik, baik anak yang reguler, cerdas istimewa, maupun anak berkebutuhan khusus. Mereka memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan di sekolah terdekat.

Kita mengenal adanya SLB atau sekolah luar biasa yang menampung anak disabilitas untuk diberikan pendidikan yang baik, yang jumlah tidak memenuhi untuk menampung semua anak disabilitas yang ada di masyarakat. Maka, pemerintah membangun gerakan sekolah inklusi dengan tujuan merangkul, menghadirkan, memberikan pendidikan untuk seluruh profil peserta didik.

Kemudian, apakah konsep modul ajar yang disusun banyak berubah dengan modul ajar reguler? Jawabannya tidak. Kita hanya perlu mengakomodasi atau mengubah sesuai kebutuhan karakteristik peserta didik baik dari segi kurikulum, konten, langkah-langkah pembelajaran dan lainnya. 

Nah, dalam Modul Ajar dalam Sekolah Inklusi: Menulis Cerpen dari Nilai-Nilai Cerita Hikayat Si Miskin, kami berikan contoh bagaimana kita menyiapkan perangkat pembelajaran yang disesuaikan dengan profil peserta didik untuk anak reguler dan inklusi (slow learner).

Dalam penyusunannya, Anda hanya perlu menyesuaikan bagian kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP) dengan menyamakan jenis konten yang dipelajari, boleh juga menyediakan variasi konten untuk jenis profil peserta didik yang berbeda. Pada intinya, berikan konsep pembelajaran yang menyenangkan dan tidak memberatkan mereka (anak berkebutuhan khusus).

Untuk lebih jelasnya, silakan Bapak/Ibu akses file berikut ini.

MODUL AJAR SEKOLAH INKLUSI MENULIS CERPEN DARI NILAI-NILAI CERITA HIKAYAT SI MISKIN

Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Post a Comment for "Modul Ajar dalam Sekolah Inklusi: Menulis Cerpen dari Nilai-Nilai Cerita Hikayat Si Miskin"