Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

6 Tempat Wisata Jawa Tengah Paling Cantik, Pilihan Liburan Keluarga

Provinsi dengan ibukota Semarang ini memiliki segudang destinasi wisata yang sangat memesona. Mulai dari wisata gunung, pantai, wisata religi, serta budaya menjadi andalan tempat wisata Jawa Tengah pilihan liburan keluarga. Jadi kalau sempat berencana untuk berlibur ke Jawa Tengah dalam waktu dekat, maka yang harus dikunjungi adalah beberapa tempat wisata pilihan, karena pesona keindahan yang tidak ada duanya, masyarakat yang sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

6 Tempat Wisata Jawa Tengah Paling Cantik, Pilihan Liburan Keluarga
6 Tempat Wisata Jawa Tengah Paling Cantik, Pilihan Liburan Keluarga

1. Candi Prambanan

Tempat wisata Jawa Tengah yang pertama adalah Candi Prambanan. Berbicara tentang Candi Prambanan, Anda harus tahu bahwa candi tersebut memiliki tiga candi utama di halaman utama yaitu candi Wisnu, Brahma dan Siwa yang cantik yang dikenal dengan sebutan lambang Trimurti dalam kepercayaan Hindu. 

Sementara halaman kedua memiliki 254 candi, serta memiliki Relief candi yang memuat kisah Ramayana. Menurut cerita Ramayana yang diturunkan lewat tradisi lisan. Ada juga pohon Kalpataru yang dalam agama Hindu dianggap sebagai pohon kehidupan, kelestarian dan keserasian lingkungan dan sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan. 

Apalagi saat liburan panjang ataupun hari libur lainnya, keindahan wisata Candi Prambanan sangat baik bagi sobat yang berada di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat wisata Candi Prambanan. 

2. Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan salah satu tempat wisata Jawa Tengah pilihan liburan keluarga di Indonesia. Candi Borobudur terletak di Magelang Jawa Tengah. Candi Borobudur menjadi destinasi wisata tak hanya sebagai tempat wisata menyenangkan, peninggalan bersejarah ini juga berfungsi sebagai media edukasi untuk mengenal salah satu tempat agama Buddha di Indonesia. Jelasnya, selain hiburan sekaligus juga belajar sejarah dan mengagumi hebatnya budaya serta kemampuan leluhur. 

Salah satu daya tarik yang banyak banget Wisatawan nantikan adalah jika wisatawan yang datang di pagi buta, maka dapat menikmati sunrise di Candi Borobudur. Sobat juga bisa mencoba bersabar dengan menaiki gajah atau juga bisa bersepeda dan naik kereta kelinci mengitari area, menikmati kuliner dan belanja oleh-oleh untuk keluarga.

3. Air Terjun Tawanmangu

Air terjun ini berada di sebuah kawasan wisata di lereng gunung Lawu yang terletak di kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Ketika membicarakan daerah Tawangmangu, keindahan alam objek wisata ini memang sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda. Meski di air terjun ini dikenal dengan sebutan air terjun Grojogan Sewu tetapi air terjun di lokasi ini tidak sampai berjumlah 1000, namun hanya ada sejumlah titik air terjun dan yang paling tinggi tercurah dari ketinggian sekitar 80 meter.

Anda harus berjalan melewati 1250 anak tangga agar bisa mencapai air terjun. Bagi sobat para pecinta alam Grojogan Sewu, tempat wisata Jawa Tengah yang satu ini bisa dijadikan Spot destinasi yang menyenangkan loh.

4. Umbul Ponggok

Umbul Ponggok wisata yang bersumber dari sumber mata air ini menjadi kawasan terfavorit. Bahkan menurut sejarah mata air yang ada di kawasan ini ada sejak zaman penjajahan Belanda. Airnya yang super jernih menjadi alasan utama, mengapa harus pergi mengunjungi kawasan ini. Air ini tidak akan pernah kotor karena berasal langsung dari sumbernya.

Kemudian dalam airnya berisi ikan-ikan kecil yang sangat menggemaskan. Memang tidak ada terumbu karang, namun di isi dengan berbagai macam wahana benda-benda seperti kursi,  sepeda motor dan masih banyak lagi yang sengaja ditanam. Kolam yang sebenarnya tidak terlalu besar tetapi memberikan kesan yang sangat menyenangkan. Oleh karena itu, tidak salah jika tempat wisata Jawa Tengah ini Anda jadikan sebagai taman rekreasi pilihan keluarga yang tidak boleh dilewatkan. Lokasinya berada di Jalan Delanggu Polanharjo, Desa Bongkok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. 

5. Dataran Tinggi Dieng 

Gabungan antara keindahan panorama alam dan keagungan budaya sisa peninggalan masa lalu menjadikan Dieng memiliki nilai tambah tersendiri dibanding dengan yang lain. Banyak orang yang telah mengunjungi berbagai tempat wisata di seluruh pelosok dunia dan jarang ada yang seperti Dieng dengan segala keindahannya. 

Terlebih lagi dalam soal jarak tempuh antara objek hampir semua objek wisata yang ada di Dieng saling berdekatan dengan wilayah porosnya, tempat wisata di segala fenomena alam dan budayanya menjadikan siapa pun yang berkunjung merasa kagum. 

zaman dulu kala beberapa warga berkebangsaan Belanda sering mendatangi destinasi wisata Dieng, tentunya bukan tanpa alasan. Bahkan mereka berani mempromosikan Tempat Wisata Jawa Tengah ini ke negara-negara Eropa agar mau mengunjungi dataran tinggi Dieng. Sudah Tidak diragukan lagi, sobat bersama sahabat dan keluarga bisa mengunjungi berbagai objek wisata seperti candi dan Kawah Telaga. Di bangun juga objek wisata untuk menunjang Aktivitas pariwisata di kawasan tersebut seperti Dieng Plateau Theater, Museum Kailasa D'qiano, Waterpark dan gardu pandang Dieng. 

Kalau kalian ke Jawa Tengah, Dieng adalah salah satu destinasi wisata di Indonesia yang semakin mengukuhkan posisi Indonesia sebagai negara yang kaya destinasi wisata. Tidak kalah indahnya wisata luar negeri dan pastinya yang membuat kita patut berbangga sebagai rakyat Indonesia. 

6. Karimunjawa

Karimunjawa terletak di daerah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Indonesia. Keindahan air laut Karimunjawa populer di kalangan para wisatawan yang telah mengunjungi tempat ini, di mana para wisatawan dapat melihat langsung keindahan dasar laut yang kaya akan terumbu karang dan ikan yang berwarna-warni dari permukaan tampak dengan jelas. 

Bagi sobat sekalian yang berkunjung ke pulau Karimunjawa dan memilih liburan keluarga adalah pilihan yang tepat. Bagi penyelam, tempat ini merupakan tempat yang sangat pas. Karimunjawa telah menjadi surga bagi para penyelam di mana sobat dapat menikmati keindahan terumbu karang dan biota laut yang sangat indah

Nah, demikian tempat wisata Jawa Tengah yang paling cantik untuk pilihan liburan keluarga. Semoga menambah rasa penasaran Anda untuk segera datang berkunjung dengan suka cita.

Post a Comment for "6 Tempat Wisata Jawa Tengah Paling Cantik, Pilihan Liburan Keluarga"