Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Soal Pretest PPG 2022 Kemampuan Dasar Bahasa Indonesia Bagian 3

Soal Pretest PPG 2022 Kemampuan Dasar Bahasa Indonesia Bagian 3 - Banyak hal yang perlu dipersiapkan agar Anda sukses mengikuti seleksi PPG. Pasalnya, terdapat banyak soal dengan berbagai karakteristik dan Anda perlu mendapatkan nilai yang maksimal.

Terlebih, kini panitia penyelenggara seleksi PPG sudah menyiapkan varian soal yang cukup banyak. Artinya, Anda juga membutuhkan referensi soal yang wajib dipelajari sebagai bentuk persiapan.

Nah, kali ini admin sudah menyiapkan Soal Pretest PPG 2022 Kemampuan Dasar Bahasa Indonesia Bagian 3, yang mudah diakses dan dipelajari seperti berikut ini.

Pilihlah jawaban yang  tepat  dari soal-soal  berikut!


  1. Burung termasuk dalam jenis unggas yang bisa terbang. Namun, ada burung yang tidak bisa terbang, contohnya burung unta (Struthio camelus).  Dahulu, burung ini terdapat dalam jumlah besar di Afrika dan Asia Barat Daya.  Sekarang, sayang sekali burung ini agak sulit ditemukan. Seperti halnya burung lain yang tidak bisa terbang, burung unta sudah terbiasa pada kehidupan di tanah dan dapat berlari dengan baik.

          Di bawah ini adalah kalimat fakta yang sesuai dengan isi kutipan  tersebut  ....

A.   Unta  termasuk dalam jenis unggas yang bisa terbang dan berlari.

B.   Ada burung yang tidak bisa terbang, contohnya burung unta.

C.   Dahulu burung unta terdapat dalam jumlah kecil di Afrika dan Asia Barat Daya.

D.   Sekarang  burung unta berkembang pesat di daerah di Afrika dan Asia.

 

  1. (1) Bila dibandingkan dengan bahan pangan nabati, daging merupakan sumber protein yang lebih baik karena mengandung asam-asam amino esensial yang lebih lengkap dan seimbang serta lebih mudah dicerna. (2) Selain itu, daging juga merupakan sumber lemak, vitamin, dan mineral. (3) Setiap 100 gram daging rata-rata dapat memenuhi sebesar 10% kalori, 50% protein, 35% zat besi (Fe), dan 25% -- 60% vitamin B kompleks dari kebutuhan gizi orang dewasa per hari.(4) Daging merupakan bahan pangan hewani yang bergizi.

Kalimat topik paragraf tersebut adalah kalimat ....

A.       ke-1

B.       ke-2

C.       ke-3

D.       ke-4


 

  1. Dari 10 siswa yang  berpendidikan SD, tidak seorang pun yang tidak cemas menghadapi ujian. Siswa SD yang menempuh ujian mengalami kecemasan rendah sebanyak  60% dan 40% mengalami kecemasan  tingkat sedang. Dari 15 siswa yang berpendidikan SMP, 7% mengalami kecemasan tinggi , 66% mengalami kecemasan  sedang, 20% mengalami kecemasan rendah, dan 7% tidak mengalami kecemasan. Sementara itu, dari 10 orang siswa berpendidikan SMA, tidak seorang pun yang tidak mengalami kecemasan. Siswa SMA yang mengalami kecemasan rendah ketika ujian sebesar 40%, 30% mengalami kecemasan tinggi,  dan 30% kecemasan sedang. Dari pengamatan terhadap 5 orang mahasiswa yang sedang ujian perguruan tinggi, 2 orang  tidak mengalami kecemasan, 2 orang mengalami kecemasan rendah, dan 1 orang mengalami kecemasan  berat.

Simpulan  yang sesuai dengan  teks adalah ....

A.  Persentase siswa yang menempuh ujian dan  mengalami kecemasan untuk siswa tingkat SMP lebih tinggi daripada siswa  SMA.

B. Persentase siswa yang mengalami kecemasan  pada jenjang SD lebih tinggi daripada jenjang SMA.

C.  Persentase yang mengalami kecemasan pada jenjang SMP lebih tinggi daripada jenjang PT.

D.  Persentase siswa yang mengalami kecemasan rendah dan sedang  pada jenjang SMP lebih tinggi  daripada jenjang SD.

Soal Pretest PPG 2022 Kemampuan Dasar Bahasa Indonesia Bagian 3. Foto oleh Michael Burrows.

  1. Studi antropologi ekologi adalah studi yang bertujuan melakukan suatu pembuktian secara empiric dengan menempatkan praktik-praktik eksploitasi sumber-sumber daya alam dan konsekuensinya dalam konteks-konteks pengaruh sosial budaya internal dan eksternal yang historis. Dengan studi ini diharapkan dapat menghindari berbagai persoalan asumsi-asumsi esensial, apriori, dan generalisasi abstrak tentang ekologi.

Pertanyaan yang sesuai dengan isi kutipan di atas adalah ....

A.   Apa saja cakupan studi antropologi ekologi?

B.  Bagaimana dampak studi antropologi terhadap ekologi?

C.  Bagaimana dampak studi ekologi terhadap antropologi?

D.  Apa saja faktor-faktor yang berpengaruh terhadap studi ekologi?


  1. Seorang pejabat  India menengarai  bahwa di India banyak kekurangan gizi sebab agama mereka tidak mengizinkan untuk membunuh dan mengonsumsi sapi yang berkeliaran di jalan. Ketika pejabat menganjurkan penyembelihan sapi secara besar-besaran, terdapat penolakan yang hebat. Bukan hanya karena dilarang agamanya, tetapi juga dimungkinkan menimbulkan masalah lain. Penyembelihan sapi besar-besaran akan menyebabkan  jumlah hewan pembajak  sangat berkurang. Di samping itu, dapur orang India akan terancam karena tidak lagi mendapatkan kotoran sapi sebagai sumber utama bahan bakar dalam memasak. Petani India juga akan terancam karena tidak mendapatkan kotoran sapi yang cukup untuk bahan pupuk. 

Simpulan  yang sesuai  dengan isi paragraf di atas adalah ....

A. Kekurangan gizi di India bisa diatasi dengan cara memodifikasi aturan  penyembelihan sapi yang suka berkeliaran di jalan.

B. Penyembelihan sapi di India akan berpengaruh negatif  terhadap usaha peternakan.

C.   Penyembelihan sapi di India mengancam kelestarian lingkungan alam sekitar.

D. Anjuran penyembelihan sapi secara besar-besaran ditentang hebat karena dikhawatirkan menimbulkan masalah pada kehidupan.   


Soal Pretest PPG 2022 Kemampuan Dasar Bahasa Indonesia Bagian 3


6. Kematian Whitney Houston  ketika sedang berada di hotel  itu menyebabkan rasa  haru di acara penghargaan  musik dunia yang sedang digelar pada malam ini.


Kalimat di atas berasal dari kalimat inti

A.   Kematian ketika berada di hotel yang menyedihkan.

B.   Whitney Houston meninggal ketika berada di hotel.

C.   Kematian di hotel Whitney Houston di hotel.

D.   Kematian Whitney Houston menyebabkan keharuan.


7. ..... Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat akan memberikan perasaan nyaman dan meningkatkan kemampuan tubuh menahan rasa sakit. Tetapi jika berlebihan, akan membuat kita mudah mengantuk. Sementara itu, mengonsumsi makanan berprotein tinggi akan cenderung membuat badan segar dan penuh konsentrasi. Makan makanan tinggi protein juga akan membuat seseorang tidak mudah mengantuk.

Kalimat  yang sesuai untuk mengawali paragraf di atas adalah ....

A. Asupan gizi berhubungan erat dengan protein  dan mineral yang baru dikonsumsinya.

B.  Suasana hati ditentukan kecukupan karbohidrat yang  dikonsumsi seseorang.

C.  Kondisi kebugaran manusia  ditentukan kecukupan mineral dan olah raga.

D. Kondisi seseorang sesungguhnya berhubungan dengan makanan yang baru dikonsumsinya.

 

8.  Penggunaan zat tambahan berbahaya sudah sangat memprihatinkan. Menurut hasil survei .... jenis makanan yang tercemar zat tambahan berbahaya sangat tinggi. Guru IPA  …. murid-muridnya untuk meneliti kandungan formalin pada jajanan. Guru menjelaskan ... yang harus dihadapi orang-orang yang sering terpapar  kandungan  formalin.

Untuk mengisi titik-titik pada teks di atas, kata-kata yang tepat adalah ....

A.  persentase, menugaskan,  risiko

B.  prosentase, menugaskan,  resiko  

C.  persentase, menugasi,  risiko

D.  prosentase, menugaskan,  risiko

 

9. Baru-baru ini, tim peneliti dari University School of Medicine, Washington, berhasil mengidentifikasi protein plasmodium Sp, yaitu parasit nyamuk yang menyebabkan penyakit malaria. Penemuan ini penting karena malaria kini sebagai pembunuh nomor tiga di dunia. Penyakit ini tercatat membunuh satu hingga tiga juta orang setiap tahun.

Paragraf di atas dapat diperbaiki dengan cara berikut, kecuali ...

A.   kata ini diganti itu.

B.   kata dari dihilangkan.

C.   kata plasmodium Sp dicetak miring.

D.   tanda koma setelah Washington dihilangkan.


10.  Belanja bagi sebagian orang bukan lagi sekadar kebutuhan. Ada yang bilang belanja juga merupakan hoby. Padahal, dia sebenarnya impuls yang dalam beberapa hal sebetulnya harus dijinakkan.

Kalimat di atas akan menjadi baku jika beberapa kata diperbaiki sebagai berikut, KECUALI

A.   mengganti kata sekadar dengan sekedar.

B.   mengganti kata bilang dengan berkata bahwa.

C.   mengganti kata hoby dengan hobi.

D.   menghilangkan kata sebenarnya.


Soal Pretest PPG 2022 Kemampuan Dasar Bahasa Indonesia Bagian 3

 

11. Pada halaman 25 terdapat kutipan  Pengantar Sastra Modern yang ditulis oleh Maman Mahayama pada tahun 1998 berikut.

Dunia sastra dengan berbagai kerumitannya mencoba pula menyediakan pemakaian dan kesadaran mengenai situasi dan berbagai masalah yang dihadapi umat manusia.

Manakah penulisan kutipan yang tepat untuk teks di atas?

A.  Mahayama (1998 : 25), dunia sastra dengan berbagai kerumitannya mencoba pula menyediakan pemakaian dan kesadaran mengenai situasi dan berbagai masalah yang dihadapi umat manusia.

B. Menurut Mahayama dalam bukunya yang diterbitkan tahun 1998, dunia sastra adalah berbagai kerumitan yang mencoba menyediakan pemakaian dan kesadaran mengenai situasi dan berbagai masalah yang dihadapi umat manusia.

C. Dunia sastra dengan berbagai kerumitannya mencoba pula menyediakan pemakaian dan kesadaran mengenai situasi dan berbagai masalah yang dihadapi umat manusia (dalam Mahayama, 1998 : 25).

D. Mahayama mengatakan bahwa dunia sastra dengan berbagai kerumitannya mencoba pula menyediakan pemakaian dan kesadaran mengenai situasi dan berbagai masalah yang dihadapi umat manusia (1998 : 25).


12. Penerapan EYD yang benar terdapat dalam kalimat ...

A. H. Krupper, seorang ahli pra sejarah, melaporkan bahwa telah ditemukan situs Bukit Karang di daerah Langsa.

B. Akhirnya, Diana mendapatkan izin belajar ke luar negeri setelah berjuang bertahun-tahun.

C. Pamornya menurun, ketika dugaan korupsi mengarah padanya.

D. Kami tidak bisa menerima surat tersebut, karena faksimile di kantor kami sedang rusak.


13.  Tema: upaya menanggulangi maraknya pembalakan liar

Pertanyaan utama yang sesuai untuk penelitian empiris dari tema  tersebut   adalah ....

A.  Bagaimanakah  aturan perundangan yang membahas pembalakan lira?

B.  Faktor-faktor apa  saja yang  menyebabkan terjadinya pencemaran lingkungan?

C.  Upaya nyata apa yang  bisa efektif  mengurangi pembalakan liar?

D.  Apa saja  dampak negatif yang ditimbulkan akibat pembalakan liar?

 

14.  Seseorang akan mengembangkan karangan yang bertema upaya meningkatkan

Keterampilan berwirausaha  bagi mahasiswa.      

Berdasarkan tema tersebut, topik-topik untuk kerangka karangan yang runtut adalah ...

A. Definisi kewirausahaan, upaya-upaya untuk meningkatkan keterampilan berwirausaha bagi mahasiswa, pentingnya meningkatkan keterampilan berwirausaha bagi mahasiswa, masalah yang timbul akibat kurangnya keterampilan berwirausaha bagi mahasiswa, saran meningkatkan keterampilan berwirausaha bagi mahasiswa.

B.  Pentingnya meningkatkan keterampilan berwirausaha bagi mahasiswa, masalah yang timbul akibat kurangnya keterampilan berwirausaha, upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan berwirausaha bagi mahasiswa, saran yang dapat dilakukan untuk meningkatkan  keterampilan berwirausaha bagi mahasiswa.

C. Upaya-upaya untuk meningkatkan keterampilan berwirausaha bagi mahasiswa, pentingnya meningkatkan keterampilan berwirausaha bagi mahasiswa, masalah yang timbul akibat kurangnya keterampilan berwirausaha, meningkatkan keterampilan berwirausaha bagi mahasiswa, saran yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan berwirausaha.

D. Masalah yang timbul akibat kurangnya keterampilan berwirausaha bagi mahasiswa, pentingnya peningkatan keterampilan berwirausaha bagi mahasiswa,   upaya-upaya untuk meningkatkan keterampilan berwirausaha bagi mahasiswa, saran yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan berwirausaha bagi mahasiswa kepercayaan diri.


15. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan manusia adalah kecerdasan majemuk. Setiap anak bisa menjadi anak yang cerdas dalam bidangnya. Ada anak yang cerdas dalam bidang logika. Ada anak yang cerdas dari segi bahasa. Ada juga anak yang cerdas dari segi musikalitas atau gerakan.

Kalimat di bawah ini yang merupakan kritik  logis terhadap isi kutipan  adalah ....

A. Sudah selayaknya anak dapat diklasifikasikan  menjadi beberapa kategori.

B. Pilihan klasifikasi anak cerdas  tersebut masih kurang karena manusia punya kecerdasan spiritual.

C.  Klasifikasi anak   menurut kecerdasan majemuk dipilah menjadi  tiga kategori.

D. Menurut teori kecerdasan majemuk semua anak memiliki kecerdasan masing-masing.

Nah, demikian Soal Pretest PPG 2022 Kemampuan Dasar Bahasa Indonesia Bagian 3 yang dapat Anda pelajari dengan mudah. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Soal Pretest PPG 2022 Kemampuan Dasar Bahasa Indonesia Bagian 3"