Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Modul Profil Pelajar Pancasila: Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Fase E Tema Suara Demokrasi

Modul Profil Pelajar Pancasila: Projek Perkuat Profil Pelajar Pancasila Fase E Tema Suara Demokrasi - Seperti apa profil pelajar Pancasila? Mengapa Proyek penguatan profil pelajar Pancasila diperlukan?

Perlu diperhatikan bahwa dalam kurikulum merdeka belajar, profil pelajar Pancasila dirumuskan untuk menjawab satu pertanyaan besar, yaitu “Pelajar dengan profil (kompetensi) seperti apa yang ingin dihasilkan oleh sistem pendidikan Indonesia?”

Modul Profil Pelajar Pancasila: Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Fase E Tema Suara Demokrasi
Modul Profil Pelajar Pancasila: Proyek Penguatan Profil
Pelajar Pancasila Fase E Tema Suara Demokrasi.
Gambar oleh Jennifer R. dari Pixabay
 

Ada 6 Profil Pelajar Pancasila berupa kompetensi yang harus dikuasai dan diterapkan sebagai karakter positif bagi peserta didik..

  1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia.
  2. Berkebinekaan global.
  3. Bergotong-royong.
  4. Mandiri.
  5. Bernalar kritis.
  6. Kreatif.

Keenam kompetensi tersebut diharapkan dapat membentuk karakter peserta didik untuk menjadi warga negara Indonesia yang demokratis dan untuk menjadi manusia unggul dan produktif di abad ke-21. Peserta didik Indonesia berperan serta dalam pembangunan global yang berkelanjutan serta tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan. Oleh karenanya, sebagai bentuk program konkret dirancanglah proyek penguatan profil pelajar Pancasila.

Dalam kurikulum merdeka belajar, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus untuk belajar dari lingkungan sekitarnya. Dalam kegiatan proyek ini, peserta didik dipandu untuk mempelajari tema atau isu penting seperti perubahan iklim, anti radikalisme, kesehatan mental, budaya, wirausaha, teknologi, dan kehidupan berdemokrasi sehingga peserta didik dapat berbuat aksi nyata dalam menjawab isu-isu tersebut sesuai dengan tahapan belajar dan kebutuhannya. Proyek penguatan ini juga dapat menginspirasi peserta didik untuk dapat berkontribusi memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitarnya.

Kali ini, kami siapkan contoh modul profil pelajar Pancasila berupa panduan proyek penguatan profil pelajar Pancasila fase E dengan tema suara demokrasi dalam kurikulum merdeka belajar. Simaklah file berikut ini.

Modul Profil Pelajar Pancasila: Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Fase E Tema Suara Demokrasi

Semoga bermanfaat.

PANDUAN
PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (FASE E)
TAHUN AJARAN 2022/2023

Tema  : Suara Demokrasi
Topik  : Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS (PILKOSIS), Ajang Pembelajaran Demokrasi 

 

KOMPONEN INTI:

A.    Deskripsi Singkat Proyek

Demokrasi adalah bentuk pemerintahan di mana semua warga negaranya memiliki hak setara dalam pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka baik secara langsung atau melalui perwakilan. Demokrasi Pancasila bertujuan untuk mengutamakan keselarasan, keseimbangan, dan keselamatan bangsa di atas kepentingan pribadi maupun golongan.

Hak untuk mengeluarkan pendapat harus dilakukan dengan mengindahkan norma sosial dan hukum yang berlaku. Hak berpendapat selalu diiringi dengan kewajiban menghargai pendapat orang lain, karena pada dasarnya setiap kebebasan yang dimiliki selalu dibatasi oleh hak dan kebebasan orang lain. Terdapat aturan atau etika yang harus dipatuhi saat kita menjalankan hak berdemokrasi atau berpendapat baik secara virtual maupun di dunia nyata.

Contoh penerapan budaya demokrasi di sekolah, antara lain: Bermusyawarah untuk penyusunan tata tertib di sekolah, khususnya tata tertib di dalam kelas. Bermusyawarah dalam penyusunan kelompok piket sekolah, kelompok dalam pelajaran, dan fasilitator kelas serta pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS.

Selebihnya dapat Anda unduh dalam link di atas yang sudah kami siapkan untuk Anda. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Modul Profil Pelajar Pancasila: Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Fase E Tema Suara Demokrasi"