Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Jelaskan Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli, Komunikasi Komponen, dan Proses Komunikasi

Jelaskan Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli, Komunikasi Komponen, dan Proses Komunikasi - Setiap hari, setiap manusia selalu berkomunikasi baik secara verbal, tertulis maupun isyarat. Karena pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu dengan yang lainnya. Bahkan kesuksesan seseorang juga bisa ditentukan berdasarkan kemampuan komunikasinya.

Pengertian Komunikasi

Berasal dari bahasa latin "Communicare" yang artinya memberitahukan, sedangkan dari bahasa Inggris "Communication" artinya suatu pertukaran informasi, konsep, ide, perasaan dan lainnya antara pihak dua atau lebih.

Komunikasi dapat dijelaskan sebagai salah satu bidang dalam suatu proses kegiatan yang sangat penting, karena di dalamnya antar manusia melakukan serangkaian kegiatan menyampaikan pesan, warta, informasi untuk mencapai suatu tujuan bersama.

Jelaskan Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli, Komunikasi Komponen, dan Proses Komunikasi
Jelaskan Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli, Komunikasi Komponen, dan Proses Komunikasi. Foto oleh Jopwell

3 aspek yang mempengaruhi kelancaran komunikasi

Mari perhatikan beberapa hal berikut ini.

1.  Komunikasi menyangkut manusia dan bukan manusia

Berkaitan dengan aspek tersebut dapat dijelaskan bahwa manusia dalam kehidupan sehari-hari selalu melibatkan diri atau terlibat dalam proses penyampaian informasi. Komunikasi menciptakan suatu integrasi dalam tata pergaulan di masyarakat. Pun dalam kehidupan bukan manusia, binatang juga melakukan interaksi komunikasi antar sesama dan juga lingkungannya.

2.  Komunikasi dipandang sebagai suatu proses

Dapat kita pelajari, kelancaran komunikasi dilakukan oleh komunikator atau orang yang menyampaikan informasi kepada komunikan atau orang yang menerima informasi untuk memberikan tanggapan atas informasi yang diterimanya.

3.  Komunikasi menyangkut informasi

Seperti dijelaskan di awal, komunikasi dilakukan oleh komunikator dan komunikan untuk mendapatkan respons atau tanggapan. Agar tujuan komunikasi dapat tercapai, maka proses penyampaian informasi pun harus dilakukan secara menyenangkan dan diatur dengan sebaik-baiknya oleh kedua pihak.

Jelaskan Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

Sebelum kita jelaskan pengertian komunikasi menurut para ahli, tidak ada salahnya jika kita pelajari terlebih dahulu pengertian dari sumber lainnya.

Berdasarkan KBBI "komunikasi artinya perhubungan", sedangkan pengertian lain menurut Oxford Dictionary dijelaskan bahwa "komunikasi merupakan pengiriman atau tukar menukar informasi".

Dalam sumber lain, seperti ensiklopedia menerangkan bahwa "komunikasi yaitu penyelenggaraan tata hubungan kegiatan menyampaikan warta dari satu pihak kepada pihak lain dalam suatu organisasi".

Mari kita jelaskan pengertian komunikasi menurut para ahli.

1.  William Albig

Komunikasi adalah pertukaran lambang-lambang antar manusia secara individu.

2.  Phil Astrid Susanto

Disarikan dari bukunya yang berjudul "Komunikasi dalam Teori dan Praktik" dapat dijelaskan bahwa komunikasi merupakan proses pengoperasian lambang-lambang yang mengandung arti.

3.  Benny Kaluku

Dalam bukunya "Planning" dijelaskan bahwa komunikasi merupakan proses penyampaian pengertian dan mengandung semua unsur prosedur yang dapat mempertemukan suatu pikiran dengan pemikiran lainnya.

4.  Keith Davis

Diambil dari bukunya berjudul "Human Relation at Work" disimpulkan bahwa komunikasi adalah proses jalur informasi dan pengertian dari seseorang ke orang lain.

5.  Colin Cherry

Komunikasi adalah suatu proses di mana pihak peserta saling menukar informasi dengan tujuan untuk mencapai pengertian bersama yang lebih baik mengenai masalah yang penting bagi semua pihak yang bersangkutan. (Dalam bukunya yang berjudul "On Human Communication, 1957)

6.  Charles E. Osgood

Dikutip dari bukunya "A Vocabulary for Talking About Communication, dijelaskan komunikasi terjadi bila suatu sistem atau sumber mempengaruhi yang lain (tujuan) dengan jalan mengolah pemakaian isyarat pilihan yang dapat diteruskan melalui saluran yang menghubungkan kedua belah pihak.

Dengan demikian jika ada pertanyaan "jelaskan pengertian komunikasi menurut para ahli?" maka jawabannya kita ambil referensi dari beberapa pengertian di atas. Namun sebuah kesimpulan, komunikasi adalah suatu proses kegiatan penyampaian warta/berita/informasi yang mengandung arti dari satu pihak kepada pihak lain dalam usaha mendapatkan sikap saling pengertian

Komunikasi Komponen 

Ada 5 komunikasi komponen menurut Dr. Harold D. Lasswell agar komunikasi dalam rangkai mencapai tujuannya.

  1. Who (siapa), artinya siapa yang melaksanakan proses komunikasi.
  2. Says what (mengatakan apa)? Artinya pesan/isi yang disampaikan.
  3. In which channel (media yang mana)? Yakni media yang mana, yang digunakan untuk menyampaikan pesan.
  4. To whom (kepada siapa)? Pesan tersebut akan disampaikan kepada siapa.
  5. With what effect (apa pengaruhnya)? Setelah pesan disampaikan, apa pengaruh atau perubahannya.
Berikut ini komponen komunikasi yang lainnya untuk dipelajari dengan saksama.

1.  Komunikator

Yaitu seseorang yang menyampaikan informasi baik secara perseorangan atau kelompok. Seperti guru sebagai komunikator yang menyampaikan pengetahuan kepada anak didiknya.

2.  Komunikan

Yakni seseorang yang menerima informasi baik secara individu maupun kelompok. Seperti siswa sebagai komunikan yang menerima pengetahuan dari gurunya.

3.  Message

Artinya pesan atau informasi yang mengandung makna. Maka oleh karenanya, message harus dikemas dengan cara yang menarik agar interaksi komunikasi berjalan dengan baik.

4.  Media atau saluran

Berupa sarana tempat berlakunya atau berlalunya lambang-lambang. Media tersebut berupa pancaindra seperti penglihatan, penciuman, pendengaran, perabaan, dan lainnya.

5.  Sikap

Komunikasi komponen yang penting untuk diperhatikan adalah adanya tanggapan dari pihak komunikan setelah menerima informasi dari komunikator.

Proses Komunikasi

Menurut KBBI, proses merupakan runtutan peristiwa/perubahan dalam perkembangan. Sedangkan dalam Kamus bahasa Inggris, proses adalah keterkaitan hubungan, metode dan gerak maju. Disimpulkan bahwa proses komunikasi adalah serangkaian kejadian perbuatan penyampaian lambang-lambang yang mengandung arti. Sederhananya, proses komunikasi merupakan adanya seorang komunikator yang menyampaikan pesan kepada komunikan.

1.  Proses Komunikasi Satu Arah dan Dua Arah

Penjelasan sederhananya adalah proses komunikasi satu arah hanya dilakukan oleh komunikatornya saja tanpa menunggu tanggapan atau respons dari komunikan. Adapun proses komunikasi dua arah adalah terjadinya hubungan umpan balik (feedback) berupa reaksi atau tanggapan dari komunikan kepada komunikator.

2.  Proses Komunikasi dengan Gambar

Berikut sistematika proses komunikasi yang dilakukan melalui media gambar, antara lain.
  • Tahap ide asi, merupakan penciptaan ide/gagasan/pesan oleh komunikator
  • Tahap encording, yaitu komunikator menyampaikan ide atau pesan berupa lambang-lambang yang dapat dipahami oleh komunikan.
  • Tahap transmitting (pengiriman) artinya ide atau pesan yang telah disusun, kemudian dikirim melalui media komunikasi/saluran yang ada.
  • Tahap penerimaan, adalah pesan yang dikirimkan melalui media komunikasi yang diterima oleh komunikan.
  • Tahap decoding, yaitu komunikasi menafsirkan lambang yang, mengandung pengertian ke dalam istilah yang pernah diketahui dari pengalamannya sendiri.
  • Tahap tindakan, yakni tahap terakhir dalam proses komunikasi berupa tindakan yang dilakukan oleh komunikan, karena ada respons atau tanggapan terhadap pesan-pesan yang diterimanya.
Nah demikian beberapa ulasan tentang jelaskan pengertian komunikasi menurut para ahli, apa saja komunikasi komponen, dan bagaimana proses komunikasi terjadi. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Jelaskan Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli, Komunikasi Komponen, dan Proses Komunikasi"