Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Ukin PPG Daljab 2022: Contoh Format Portofolio dan Panduan Pengisiannya

Ukin PPG Daljab 2022: Contoh Format Portofolio dan Panduan Pengisiannya - Sebuah program yang diselenggarakan oleh Pemerintah yang bertujuan agar guru menjadi tenaga profesional yakni Pendidikan Profesi Guru. Program ini ditangani oleh LPTK di bawah Kemendikbud ataupun LPTK swasta yang bermitra dengan Kemendikbud.  

Program ini baik dalam jabatan maupun prajabatan ini diharuskan menuntaskan beberapa tahap, di antaranya yang dimulai dari pelaksanaan pretest, seleksi administrasi berkas, tahap daring, uji komprehensif, uji kinerja atau Ukin PPG dan diakhiri dengan uji pengetahuan yang biasa disebut dengan istilah UP UKMPPG. Semua tahapan harus diselesaikan dengan baik.

Ukin PPG Daljab 2022: Contoh Format Portofolio dan Panduan Pengisiannya
Ukin PPG Daljab 2022: Contoh Format Portofolio
dan Panduan Pengisiannya. Gambar oleh khamkhor dari Pixabay
 

Adapun pelaksanaannya, para mahasiswa yang tidak lain adalah bapak/ibu guru belajar mendalami materi pedagogi dan profesional. Dilanjutkan mendalami materi tentang bagaimana membuat perangkat pembelajaran, yang kemudian dipraktikkan melalui kegiatan peer teaching. Setelahnya, mahasiswa harus melaksanakan PPL di sekolah. Apabila tahapan PPL sudah dituntaskan dengan baik selama 3 siklus, maka mahasiswa harus mempersiapkan diri untuk mengikuti Uji Kinerja (Ukin PPG). 

Dalam tahapan Ukin PPG ini, mahasiswa melaksanakan PPL kembali dengan didampingi oleh Guru Pamong dan Dosen sebagai Tim Penilai. Kemudian mahasiswa juga harus menyelesaikan portofolio uji kinerja dengan lengkap. Proses inilah yang termasuk dalam tahapan penentuan keberhasilan serangkaian proses PPG yang dilaksanakan. Anda diharuskan mengisi portofolio di LMS khusus.

Bagaimana cara mengisi portofolio Ukin PPG? Isian portofolio tersebut adalah berupa deskripsi kegiatan yang disertai lampiran bukti pendukung. Semakin lengkap isiannya maka semakin tinggi nilainya. Deskripsi portofolio harus disertai narasi yang menarik. 

Portofolio berisi sekumpulan bukti yang menjelaskan bahwa mahasiswa telah melaksanakan penelitian dan publikasirefleksi diri, pencarian informasi baru, dan inovasi, juga prestasi yang dicapai melalui kompetisi, dan pengabdian pada masyarakat selama menjalankan tugas profesi sebagai guru dan selama menjadi mahasiswa.


Beberapa hal-hal yang harus dipersiapkan untuk mengisi tuntas portofolio Ukin PPG, antara lain.
  1. Kegiatan Penelitian, yang perlu dipersiapkan yaitu PTK (Penelitian Tindakan Kelas)
  2. Kegiatan Refleksi Diri, yang perlu dipersiapkan yaitu Analisis Penilaian Harian, PKG (Penilaian Kinerja Guru), dan SKP (Sasaran Kinerja Pegawai)
  3. Kegiatan Pencarian Informasi Baru, yang perlu dipersiapkan yaitu sertifikat Seminar/Workshop yang pernah diikuti sebelum mengikuti PPG selama 3 tahun terakhir (2019, 2020, 2021, dan 2022)
  4. Kegiatan Inovasi Baru, yang perlu dipersiapkan yaitu kegiatan inovasi yang pernah dilaksanakan seperti membuat video pembelajaran, membuat media pembelajaran, LKPD, bahan ajar, alat peraga.
  5. Kegiatan Prestasi, yang perlu dipersiapkan yaitu prestasi yang pernah diraih selama sebelum mengikuti PPG baik tingkat kabupaten/kota, provinsi, ataupun nasional

Dari sekian banyak tahapan, hal yang perlu Anda jaga konsistensinya adalah ketelitian dan tepat waktu dalam menuntaskan setiap tugas. Dari awal pekerjaan hingga akhir, Anda harus selalu aktif dan update berkunjung ke LMS, karena semua penugasan dilaporkan ke dalam LMS tersebut.

Nah, untuk mempermudah Bapak/Ibu dalam mengunggah isian portofolio ke LMS, disarankan terlebih dahulu disusun jawaban melalui MS Word, nantinya cukup dengan copy paste untuk melengkapi portofolio Ukin PPG.

Seperti apa formatnya dan bagaimana mengisinya, berikut panduannya yang bisa Anda pelajari sebagai persiapan Ukin PPG tahun ini.

DESKRIPSI REFLEKSI 2021

DESKRIPSI PENELITIAN PUBLIKASI

DESKRIPSI INFORMASI BARU

DESKRIPSI PENGABDIAN

Demikian, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Ukin PPG Daljab 2022: Contoh Format Portofolio dan Panduan Pengisiannya"