Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Teks Eksplanasi Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum Merdeka Belajar

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Langkah Membuat Teks Eksplanasi - Materi bahasa Indonesia kurikulum merdeka belajar memberikan wawasan yang baru. Apa yang kamu ketahui tentang teks eksplanasi? Apa tujuan teks eksplanasi? Pernahkah kamu menganalisis ciri-cirinya, kriteria apa saja yang harus ada sebagai bentuk teks eksplanasi?

Menurut Anton M. Moeliono, teks eksplanasi merupakan rentetan kalimat yang saling berkaitan dengan menghubungkan proposisi yang satu dengan yang lainnya dalam kesatuan makna. Berdasarkan esensinya, dijelaskan bahwa teks yang dibuat dari hasil pengamatan suatu kejadian atau fenomena. Untuk bisa menentukan jenis teks tersebut, perlu bagi kamu untuk mempelajari ciri-ciri teks eksplanasi berikut ini.

Teks Eksplanasi Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum Merdeka Belajar
Teks Eksplanasi Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum Merdeka Belajar
Gambar oleh JamesDeMers dari Pixabay
 

  1. Berisi informasi yang didasari fakta.
  2. Bersifat ilmiah.
  3. Strukturnya terdiri dari penjelasan umum, proses, dan penutup.
  4. Bahasanya komunikatif dan pesan yang disampaikan efektif.

Terdapat 2 hal yang menjadi kriteria dalam analisis informasi teks eksplanasi, yakni fungsi dan kelengkapan strukturnya. Berdasarkan fungsi, umumnya digunakan untuk menggambarkan kejadian atau peristiwa yang berkaitan dengan proses melakukan sesuatu pekerjaan atau sebab akibat dan perihal yang sejenis. Adapun kriteria berdasarkan kelengkapan strukturnya, teks eksplanasi harus disusun secara utuh dan terpenuhi semua strukturnya.

Suatu teks eksplanasi bahasa Indonesia kelas 11 kurikulum merdeka belajar memiliki suatu proses yang menggambarkan teks tersebut agar mudah di pahami dan di mengerti oleh pembaca. Ada beberapa hal penting yang harus di perhatikan dalam teks eksplanasi seperti struktur teks eksplanasi, ciri khusus yang menggambarkan teks, serta kaidah kebahasaan teks eksplanasi.

Struktur Teks Eksplanasi

Seperti apa yang disampaikan di awal bahwa untuk menganalisis teks eksplanasi dengan mudah dan tuntas, maka kita harus menelaah kelengkapan struktur teks eksplanasi. Setiap redaksi mungkin terdapan penamaan struktur teks eksplanasi yang berbeda, namun pada intinya adalah sama. Lantas, apa saja yang menjadi struktur teks eksplanasi, simak berikut ini.

  1. Penjelasan umum, dalam tahapan pertama teks eskplanasi berisi gambaran kejadian atau peristiwa yang masih bersifat umum.
  2. Penjelasan proses, merupakan bagian teks eksplanasi yang berisi tentang suatu kejadian atau peristiwa secara lengkap dan urut, yang disajikan dari tahapan awal hingga akhir, dapat berupa sebab akibat, atau tentang bagaimana dan mengapa sesuatu bisa terjadi.
  3. Penutup, merupakan interpretasi pada bagian akhir berupa kesimpulan , amanat dari keseluruhan wacana yang telah disajikan.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Setelah kita membahas pengertian dari teks eksplanasi bahasa Indonesia kelas 11 kurikulum merdeka belajar dan strukturnya, selanjutnya adalah kaidah kebahasaan. Dalam mempelajari kaidah kebahasaan teks eskplanasi sebetulnya tidak sesulit yang dikira. Banyak jenis wacana memiliki kaidah kebahasaan yang sama, dan setiap kali mempelajari kaidah kebahasaan seperti mengulang materi yang sama. Beberapa yang termasuk kaidah kebahasaan teks eksplanasi, sebagai berikut.

  1. Konjungsi Temporal, artinya kata penghubung urutan waktu yang digunakan untuk menghubungkan waktu terjadinya suatu peristiwa. Contoh: ketika, lalu, sebelumnya, kemudian, dan sebagainya.
  2. Konjungsi Kausalitas, atau secara bahasa artinya kata penghubung sebab akibat yakni sebagai penanda adanya hubungan sebab akibat dari suatu kejadian. Contoh: oleh karena itu, oleh sebab itu, sehingga, akibatnya, dan lainnya.
  3. Verba material, atau kata kerja material adalah yang mengindikasikan perbuatan fisik atau aktivitas yang dilakukan dapat dibuktikan dengan adanya objek atau benda tertentu. Verba material memiliki pola subjek + verba material + objek. Contoh: Kakak memasak sayurKakak disini berperan sebagai subjek, memasak berperan sebagai verba material (karena melakukan aktivitas fisik), dan sayur berperan sebagai objek. Ini adalah pola terdapat dalam verba material.
  4. Verba relasional yaitu kata kerja yang menjelaskan adanya hubungan antara subjek dan pelengkap. verba relasional menghubungkan antara objek dan pelengkap. Dalam verba relasional ini memiliki pola subjek + relasional + pelengkap. Contoh: Galih adalah anak perempuan Pak IlhamGalih sebagai subjek, adalah itu verba relasional (yang menghubungkan antara subjek dan pelengkap), dan anak perempuan Pak Ilham itu sebagai pelengkap.
  5. Penggunaan kalimat pasif, contohnya energi berasal dari matahari.
  6. Kalimatnya mengandung fakta sebagai pembuktian, seperti robot dapat bergerak karena mempunyai mesin.
Nah demikian beberapa materi yang termasuk dalam kaidah kebahasaan teks eksplanasi. Kita sudah menganalisis ciri-ciri teks eksplanasi, struktur dan kaidah kebahasaannya. Selanjutnya adalah perlu kita pelajari bagaimana langkah membuat teks eskplanasi yang benar dan mudah.

Sebetulnya, teks eksplanasi disusun dari beberapa informasi berupa pernyataan umum, dengan urutan sebab-akibat dan diakhiri interpretasi. Pernyataan umum dibangun oleh topik yang dijelaskan secara sederhana baik proses keberadaan, proses terjadinya sesuatu yang dijelaskan. Adapun proses sebab-akibat berisi penjelasan terperinci sesuatu yang terjadi, yang kemudian ditutup berupa interpretasi atau kesimpulan yang bersifat ilmiah/keilmuan.

Lantas, bagaimana langkah membuat teks eksplanasi dengan mudah, berikut penjelasannya.

  1. Anda perlu menentukan kejadian apa yang hendak dipaparkan.
  2. Perlu tambahan referensi perihal proses terjadinya peristiwa tersebut.
  3. Mulailah menulis berdasarkan strukturnya secara lengkap.
  4. Penting, gunakan bahasa yang komunikatif.
  5. Review kembali tulisan Anda, jika ditemui kesalahan bisa lakukan revisi.
Nah, demikian tentang ciri-ciri teks eksplanasi yang perlu Anda pelajari, seperti apa struktur teks eksplanasi serta kaidah kebahasaan teks eksplanasi yang mendukungnya. Jika hal dasar sudah Anda kuasai dengan menganalisis bagiannya satu persatu, tentu Anda akan mudah membuat teks eksplanasi yang baik dan informatif.

Post a Comment for "Teks Eksplanasi Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum Merdeka Belajar"