Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PPG Daljab 2022: Contoh Soal PPG 2022 - Kompetensi Profesional Guru Bahasa Indonesia Paket 1

PPG Daljab 2022: Contoh Soal PPG 2022 - Kompetensi Profesional Guru Bahasa Indonesia Paket 1 - Pentingnya jam latihan untuk persiapan menuntaskan pretest maupun ujian pengetahuan PPG adalah menjadi momok penting dan menjadi hal yang prioritas. Pasalnya, tidak mudah mengerjakan soal PPG 2022 dalam waktu yang dibatasi serta dalam tekanan.

Dibutuhkan banyak referensi atau contoh soal PPG 2022 sebagai bahan latihan meningkatkan kualitas pengetahuan Anda terhadap materi PPG yang ditekuni. Kali ini masih fokus pada mata pelajaran bahasa Indonesia, kami suguhkan contoh soal PPG 2022 lengkap dengan jawabannya.

Sesungguhnya yang menjadi lawan Ujian PPG bukanlah orang lain yang sama-sama sedang mengikuti program PPG. Ujian PPG tidak sama seperti ujian CPNS atau PPPK yang berkompetisi untuk menduduki kursi formasi yang disediakan oleh pemerintah. Lawan ujian PPG adalah diri sendiri. Semakin Anda menguasai materi yang diujikan dan kuat mental, maka semakin mudah Anda menuntaskan contoh soal PPG 2022 kompetensi profesional guru ini.

Contoh Soal PPG 2022: Tes Kemampuan Dasar Bahasa Indonesia Paket 1
Contoh Soal PPG 2022: Tes Kemampuan Dasar Bahasa Indonesia Paket 1. Foto oleh Mikhail Nilov

Untuk menemani latihan Anda, simak beberapa contoh soal PPG 2022 berikut ini.

Contoh Soal PPG 2022: Tes Kemampuan Dasar Bahasa Indonesia Paket 1

Pilihlah jawaban yang  tepat  dari soal-soal  berikut!

                                                                                               

1.  (1) Berdasarkan hasil penelitian, ternyata perkembangan penggunaan varietas padi ketan unggul di Indonesia relatif lambat. (2) Hal ini ditunjukkan oleh rendahnya angka serapan pemanfaatan benih padi ketan varietas Lusi, Ketonggo, dan Setail. (3) Belum banyak petani yang mengetahui ketiga varietas padi ketan ini, apalagi menanamnya. (4) Kondisi ini tidak lepas dari lambatnya penyampaian informasi ketersediaan varietas tersebut kepada petani.

Kalimat topik paragraf di atas terletak pada nomor ...

A.  (1)

B.  (2)

C.  (3)

D.  (4)

 

2.    (1) Untuk mengatasi kurangnya pasokan kedelai, pengembangan budidaya tanaman kara benguk sebagai pengganti kedelai sangat diperlukan. (2)  Penelitian tentang pemanfaatan kara benguk dilakukan oleh Dr. Ir. Supriyono, M.S., Ketua Program S-2 Agronomi, Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS). (3) Hasil penelitian ini disampaikan Supriyono di dalam pidato pengukuhan Guru Besar Fakultas Pertanian UNS pada 3 Desember 2008. (4) Kara benguk selama ini dikonsumsi oleh sebagian masyarakat Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta saat mengalami kekeringan.

Kalimat pada  paragraf di atas merupakan fakta KECUALI kalimat ....

A.        ke-1

B.        ke-2

C.        ke-3

D.        ke-4 

 

3.  Formalin merupakan zat berbahaya bagi tubuh. Guru IPA  …. murid-muridnya untuk meneliti kandungan formalin pada jajanan. ...., siswa-siswa juga diminta menelaah berbagai buku. Sementara siswa mengerjakan tugasnya, guru membaca .... yang harus dihadapi orang-orang yang sering terpapar  kandungan  formalin.

Untuk mengisi bagian rumpang pada teks di atas, kata-kata yang tepat adalah ....

 A.   menugaskan,  Tetapi,  risiko.

 B.   menugasi,  Sehingga,  risiko.

 C.   menugasi,  Di samping itu,  risiko.

 D.   menugaskan,  Di samping itu,  risiko.

 

4.  Baru-baru ini, tim peneliti dari University School of Medicine, Washington, berhasil mengidentifikasi protein plasmodium Sp, yaitu parasit nyamuk yang menyebabkan penyakit malaria. Penemuan ini penting karena malaria kini sebagai pembunuh nomor tiga di dunia. Penyakit ini tercatat membunuh satu hingga tiga juta orang setiap tahun.

Paragraf di atas dapat diperbaiki dengan cara berikut, kecuali ...

 A.   kata ini diganti itu.

 B.   kata dari dihilangkan.

 C.   kata plasmodium Sp dicetak miring.

 D.   tanda koma setelah Washington dihilangkan.

 

5.     Menjawab permasalahan yang kompleks dalam tatanan dunia yang berorientasi pasar dan diwarnai dengan kekerasan, sangat mendesak dalam menguak batas-batas keilmuan yang memagari suatu perspektif agar dapat mengembangkan disiplin yang terus-menerus saling memperkaya satu sama lain.

Kalimat di atas akan menjadi kalimat efektif jika diperbaiki dengan cara berikut ini, kecuali ...

 A.     mengganti kata dalam menjadi untuk.

 B.     menghilangkan kata menjawab.

 C.     menambahkan kata pada sebelum kata pasar.

 D.     mengganti kata kompleks menjadi kata kompleks. 

Untuk soal selanjutnya, silakan akses file PPG Daljab 2022: Contoh Soal PPG 2022 - Kompetensi Profesional Guru Bahasa Indonesia Paket 1 yang sudah kami siapkan di atas. Semoga bermanfaat.  

Post a Comment for "PPG Daljab 2022: Contoh Soal PPG 2022 - Kompetensi Profesional Guru Bahasa Indonesia Paket 1"