Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Teori Belajar Bahasa – Teori Pembelajaran Bahasa Inggris Menurut Ahli

Teori Belajar Bahasa: Teori Pembelajaran Bahasa Inggris Menurut Ahli – Tentu kita tahu bahwa bahasa Inggris adalah salah satu bahasa yang digunakan secara meluas di dunia. Selain sebagai bahasa ibu dari 320 juta lebih penduduk di beberapa negara besar seperti Amerika, Inggris, Kanada dan Australia; bahasa Inggris juga merupakan bahasa kedua atau bahasa resmi di banyak negara termasuk di Asia, dengan jumlah pemakai keseluruhan mencapai kurang lebih 390 juta orang.

Tidak hanya itu, bahasa Inggris memegang peranan utama dalam media komunikasi cetak, di mana sebagian besar surat kabar, majalah, dan buku-buku ilmiah diterbitkan dalam bahasa Inggris. Maka pentingnya memahami teori pembelajaran bahasa Inggris dengan memperhatikan teori belajar bahasa. Karena fungsi bahasa Inggris sebagai bahasa perantara (lingua franca) bagi berbagai bangsa dengan bahasa ibu yang berbeda-beda.

Teori Belajar Bahasa – Teori Pembelajaran Bahasa Inggris
Teori Belajar Bahasa – Teori Pembelajaran Bahasa Inggris
Gambar oleh Mahesh Patel dari Pixabay
 

Peranan bahasa Inggris sebagai media komunikasi internasional telah menciptakan iklim yang kondusif bagi banyak kalangan untuk mempelajarinya. Tentu saja setiap individu memiliki alasan dan tujuannya masing-masing dalam mempelajari bahasa Inggris. Sebagian orang belajar karena melihat manfaat atau kaitannya dengan pekerjaan atau studi dan sebagian besar lagi mempelajarinya karena merasa tertarik atau menyukai bahasa Inggris.

Selain memiliki perbedaan tujuan, tiap individu memiliki bakat dan gaya kognitif yang berbeda, pada gilirannya mempengaruhi cara belajar mereka. Ada yang peka menangkap bahasa melalui pendengaran, ada juga yang lebih mudah belajar dengan membaca dan cenderung menulis semua kata atau kalimat, dan ada pula yang selalu mencari kesempatan untuk berlatih berbicara atau tidak malu atau takut membuat kesalahan.

Sementara itu, ada pula sebagian orang yang telah mencoba belajar bahasa Inggris, tetapi akhirnya menyerah karena tidak ada kemajuan atau tidak puas terhadap materi pelajaran atau sistem dan cara guru mengajar. Semua perbedaan ini sangat mempengaruhi keberhasilan seseorang dalam mempelajari bahasa Inggris.

1.    Behaviorism theory (teori tingkah laku)

Skinner dan Parlov berpendapat bahwa mempelajari bahasa merupakan sebuah proses pembentukan kebiasaan melalui kegiatan berupa stimulus – response – reinforcement.

Teori ini didasarkan percobaan  Watson dan Raynor pada tahun 1920 yang menyatakan bahwa binatang dapat dilatih untuk melakukan apa saja dengan menerapkan tiga prinsip dasar; stimulus – response – reinficement (penguatan). Teori ini pula mendasari munculnya metode audiolingual yang populer di tahun 1950-an dan 1960-an, yang menekankan penggunaan drill atau Latihan pengulangan.

2.    Cognitive theory

Teori ini dijelaskan berupa suatu proses di mana siswa secara aktif berusaha memahami data yang diperoleh dan kemudian berupaya membentuk suatu sistem dari data tersebut. Pendapat yang dikemukakan oleh Chomsky bahwa penguasaan bahasa tidak akan dapat diperoleh hanya dengan meniru atau menghafal pola-pola kalimat.

Chomsky berkeyakinan bahwa manusia diciptakan dengan kemampuan kognitif untuk mempelajari bahasa, yaitu dapat memproses masukan, membuat sistem yang kemudian dapat menciptakan kalimat-kalimat baru yang tidak terbatas banyaknya.

3.    Acquisition theory

Teori belajar bahasa ini dikemukakan oleh Krashen dalam bukunya “The Natural Approach” pada tahun 1983. Dijelaskan bahwa belajar dapat dibedakan atas dua cara yaitu acquisition dan learning.

Acquisition merupakan proses penyerapan bahasa secara alami melalui pengalaman individu secara langsung dalam komunikasi. Adapun learning memiliki pengertian sebuah proses belajar Bahasa melalui pemahaman unsur Bahasa atau tata Bahasa yang dapat digunakan untuk berkomunikasi. Proses yang terakhir ini umumnya dijumpai di dalam kelas.

Krashen berpendapat bahwa untuk menguasai Bahasa asing, siswa tidak perlu mempelajari tata Bahasa secara formal. Pengalaman langsung adalah salah satu bentuk pembelajaran yang efektif dengan Bahasa itu sendiri.

Demikian beberapa teori belajar bahasa yang digunakan sebagai dasar teori pembelajaran bahasa inggris dan bahasa lainnya. Semakin dalam mempelajari bahasa, maka semakin mudah bagi kita untuk berkomunikasi hingga level mahir dengan berbagai kalangan. 


Post a Comment for "Teori Belajar Bahasa – Teori Pembelajaran Bahasa Inggris Menurut Ahli"