Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

5 Strategi Belajar Bahasa Inggris Paling Efektif - Omah Sinaoe

5 Strategi Belajar Bahasa Inggris Paling Efektif - Banyak orang mempelajari bahasa Inggris menjadi putus asa. Dalam usahanya, mereka tidak memperoleh kemajuan yang signifikan. Akhirnya mereka merasa frustrasi dan kehilangan motivasi belajar yang diakibatkan oleh ketidakpuasan terhadap cara guru mengajar atau materi yang mereka pelajari. Bisa jadi hal tersebut karena kebiasaan atau pola belajar sendiri yang keliru dan tidak efektif.

Dalam proses belajar, setiap orang memiliki peranan diri yang begitu penting, oleh karenanya perlu adanya pengembangan metode pengajaran dan sudah diawali pada tahu 1980-an yakni pembelajaran yang difokuskan pada siswa atau dikenal dengan sebutan learning center approach. 

5 Strategi Belajar Bahasa Inggris Paling Efektif
5 Strategi Belajar Bahasa Inggris Paling Efektif.
Foto oleh Pixabay

Kemudian pengembangan “learning center” lebih lanjut diprakarsai oleh Holec pada tahun 1981. Tujuannya adalah untuk membantu peserta didik memahami dan menelaah banyak faktor yang dapat mempengaruhi proses belajar. Salah satunya adalah mencari strategi belajar bahasa inggris paling efektif bagi mereka. Fokusnya adalah bukanlah pada “apa” yang harus dipelajari, melainkan “bagaimana” cara mempelajari bahasa asing seperti bahasa Inggris dan lainnya.

Menentukan cara belajar Bahasa yang efektif bukanlah hal yang mudah, karena setiap individu mempunyai cara belajar yang berbeda yang disebabkan oleh perbedaan bakat, gaya kognitif, kepribadian, minat, tujuan, pengalaman belajar di masa lampau dan masih banyak lagi.

Berikut ini adalah 5 strategi belajar bahasa Inggris paling efektif yang perlu dilakukan, antara lain.

1.    Dorongan untuk berkomunikasi

Ciri khas dari orang berhasil yakni adanya keinginan yang kuat untuk mahir berkomunikasi. Mereka berupaya mencari banyak kesempatan untuk berbicara dalam bahasa Inggris yang mereka sedang pelajari.

Ketika mereka terbentur dengan suatu kesulitan pada saat menemukan suatu kata, mereka akan berusaha dengan berbagai cara, seperti gerakan tangan atau menggunakan penjelasan dengan kata lain agar dapat menyampaikan maksud mereka.

Sebaliknya, jika mereka tidak memahami arti dari salah satu kata yang dipakai oleh lawan bicara, maka akan mencoba menerka artinya dari konteks yang ada. Selain itu, tidak perlu malu apabila salah dalam berbicara. Sebagai bentuk usahanya, kadang-kadang mereka mereka-reka kata baru berdasarkan pengetahuan yang dipelajari.

2.    Keinginan untuk berlatih

Mereka aktif berpartisipasi dalam kelas dan selalu memanfaatkan kesempatan untuk berlatih dengan teman sekelas. Selain itu, bentuk strategi belajar bahasa inggris ini menuntut mereka untuk mencari kesempatan berlatih di luar kelas; misalnya dengan mengikuti conversation club, membaca novel atau menonton film berbahasa asing.

3.    Minat untuk mempelajari tata Bahasa

Peserta didik yang akan berhasil adalah mereka yang mampu meluangkan waktu untuk mempelajari aturan tata bahasa (grammar). Mereka menelaah pola-pola kalimat dan mempelajari bagaimana membentuk sebuah kalimat berdasarkan unsur-unsurnya. Selanjutnya, berdasarkan pengetahuan mereka membentuk kalimat-kalimat baru untuk mengekspresikan banyak hal.

4.    Memberi perhatian terhadap fungsi dan arti suatu ucapan

Dalam mempelajari bahasa, mereka tidak hanya pada tata Bahasa (grammar) dan pengucapan (pronunciation) saja, namun harus mempelajari bagaimana memilih kalimat yang tepat dengan memperhatikan situasi, tempat, lawan bicara, tujuan serta topiknya. Itulah kenapa, kalimat dapat menjelaskan maksud yang berbeda tergantung dari konteks dan hubungan antar pemakai bahasa.

5.    Tujuan yang jelas

Orang yang berhasil biasanya mengetahui apa yang mereka butuh kan dan membuat tujuan yang jelas untuk dicapai. Harus dipahami betul bahwa untuk berhasil dibutuhkan kerja cerdas dan keuletan. Salah satu bentuknya adalah dengan menyusun program belajar yang efektif dan sistematis.

Mereka membagi waktu belajar secara teratur dan memonitor perkembangan mereka secara berkala. Untuk mencapai tujuan, mereka tidak saja bergantung pada guru dan buku, tetapi juga memanfaatkan sumber yang ada di luar kelas seperti majalah, koran, bulletin, buku bacaan lainnya. 

5 strategi belajar bahasa inggris tersebut akan berhasil apabila dilaksanakan oleh peserta didik secara konsisten dan motivasi yang tinggi, sekali lagi kembali pada usaha masing-masing. Butuh usaha yang lebih hebat daripada orang lain, agar mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris dengan mahir.

Post a Comment for "5 Strategi Belajar Bahasa Inggris Paling Efektif - Omah Sinaoe"