Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Anak Dalam Islam

Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Anak Dalam Islam - Pendidikan anak dimaksudkan untuk mengembangkan semua potensi anak yang diperlukan dalam menghadapi tantangan hidup di masa depan. Adapun tujuan pendidikan menurut Islam adalah terciptanya insan kamil (manusia yang sempurna). Dengan demikian pentingnya pendidikan anak usia dini haruslah dilaksanakan selaras dengan pendidikan anak dalam Islam agar potensi anak berkembang dan insan kamil.

Pentingnya pendidikan anak usia dini, pendidikan anak dalam Islam.
Gambar oleh 
Lubov Lisitsa dari Pixabay

Pendidikan merupakan hal terbaik yang dapat diberikan oleh orang tua kepada buah hatinya. Karena mendidik anak sebagai bentuk tanggung jawab bersama kedua orang tuanya. Bapak dan ibu harus saling mendukung dalam mendidik anak.

Sebagai bentuk ibadah orang tua bagi anaknya, maka harus paham betul betapa pentingnya pendidikan anak usia dini. Jika anak dididik dengan baik, dia akan tumbuh menjadi orang baik, Sholih/Sholehah dan mendapat kebahagiaan dunia akhirat.

Hal tersebut sesuai dengan UU Nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak, pasal 9 ayat 1 yang menyatakan bahwa, "Setiap anak berhak mendapatkan pendidikan dan pengajaran dalam rangka pengembangan pribadinya, dan tingkat kecerdasan sesuai minat bakatnya".

Pendidikan Anak dalam Islam sudah dicontohkan oleh Baginda Nabi Muhammad Saw, di antaranya:

  1. Tuntunan bayi yang baru lahir untuk diperdengarkan azan di telinga kanan dan iqamat
  2. Memberi nama yang baik
  3. Selalu berdoa untuk anak
  4. Mendidik anak dengan cinta dan kasih sayang.
  5. Mengutamakan pendidikan karakter atau budi pekerti.

Untuk memahami pentingnya pendidikan anak usia dini dalam perspektif pendidikan anak dalam Islam, perlu dipahami bahwa pendidikan anak usia dini merupakan fondasi bagi generasi masa depan yang berkualitas. Pada masa ini anak cepat belajar dan dalam proses tumbuh kembang yang pesat. Maka sangat penting dilakukan pembiasaan sikap dan karakter positif yang dibentuk.

Ada beberapa karakteristik anak yang perlu diketahui agar kita benar-benar menyadari betapa pentingnya pendidikan anak usia dini, antara lain

  1. Setiap anak terlahir unik, tidak ada yang sama meskipun kembar identik. Potensi, bakat, kecerdasan, minat dan ketertarikannya juga berbeda. Proses perkembangannya bersifat individual, pastinya berbeda satu dengan yang lainnya.
  2. Ciri anak usia dini yang sehat akan selalu ceria dan aktif. 
  3. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Mereka selalu ingin mencoba untuk hal-hal baru yang ditemui dalam sehari-hari sehingga kemampuan berpikir mereka berkembang pesat.
  4. Anak usia dini memiliki daya imajinasi yang tinggi dan suka mengkhayal. Mereka memiliki bayangan dan pikiran dunianya sendiri, selalu berusaha mengekspresikan pikirannya.
Pentingnya pendidikan anak usia dini, pendidikan anak dalam Islam agar menjadikan mereka sebagai manusia sempurna, dalam arti memegang nilai-nilai Islam dan moral yang baik. Untuk mencapai tujuan tersebut, orang tua harus memiliki gambaran pendidikan yang jelas agar anak usia dini mampu berkembang dengan pesat dan menjadi generasi hebat di masa depan.

Post a Comment for "Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Anak Dalam Islam"