Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Pengertian Multimedia Interaktif dan Mata Pelajaran Multimedia di SMK

Pengertian Multimedia Interaktif dan Mata Pelajaran Multimedia di SMK - Lebih komprehensif, pengertian multimedia interaktif menurut Reddi & Mishra (2003) adalah suatu integrasi beberapa media seperti video, audio, animasi, teks, grafik dan lainnya yang menjadi satu kesatuan yang sinergis dan simbolis yang menghasilkan manfaat lebih bagi pengguna dari salah satu dari unsur media dapat memberikan secara individu.

Pengertian multimedia interaktif dan
mata pelajaran multimedia di SMK. Foto: Pixabay

Secara umum, multimedia berhubungan dengan penggunaan lebih dari satu macam media untuk menyajikan informasi. Dari segi bahasa, multimedia berasal dari kata multi yang artinya banyak atau macam-macam dan media yang bermakna perantara atau sesuatu yang dipakai untuk menghantarkan, menyampaikan, atau membawa sesuatu.

Tahukah Anda bahwa pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi, dan indra pendengaran (suara). Kini berkembang secara luar biasa, karena mencakup unsur kinetik (gerak) dan bau dari indra penciuman yang dapat diaplikasikan pada pertunjukan film 3D (3Dimensi) yang digabungkan dengan gerakan kursi penonton sehingga membangkitkan seni realistis.

Sedangkan interaktif itu sendiri memiliki pengertian adanya pengontrol berupa alat yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya.

Beberapa keuntungan dari pemanfaatan multimedia antara lain

  • Lebih komunikatif, artinya informasi yang menggunakan gambar dan animasi lebih mudah dipahami.
  • Mudah dilakukan perubahan, artinya tersampaikannya informasi dengan lebih jelas tentunya dipengaruhi oleh perkembangan organisasi, lingkungan, ilmu pengetahuan teknologi, dan lainnya.
  • Interaktif, penggunaannya dapat dilakukan sebagai media untuk presentasi, perekonomian, dan keinginan langsung yang bisa terpenuhi.
  • Lebih leluasa dalam berkreasi perangkat lunak multimedia menyediakan tools serta programming language sehingga memungkinkan pembuatan aplikasi kreatif, komunikatif, estetis dan ekonomis.

Dengan demikian, pengertian multimedia interaktif dapat kita memahaminya sebagai suatu tampilan multimedia yang dirancang desainer agar memiliki tampilan yang berfungsi menyampaikan informasi dan adanya interaksi dengan penggunanya. Multimedia interaktif bisa dimanfaatkan untuk game, bisnis, olahraga, iklan, film, dan lain-lain.

Seiring waktu, perkembangan program multimedia untuk kebutuhan pendidikan sangat luar biasa baik secara kuantitas maupun kualitas. Pengembangan program multimedia interaktif semakin beraneka ragam yang dihadirkan oleh banyak pengembang. Bahkan kini muncul program keahlian multimedia sebagai mata pelajaran di banyak lembaga pendidikan menengah kejuruan.

Ada banyak pilihan nantinya bagi mereka yang lulus dari pendidikan dengan kemampuan di bidang multimedia, seperti animator, fotografer, web designer, graphic designer, dan lain sebagainya.

Mata pelajaran multimedia di SMK juga semakin menarik, karena dalam proses pembelajarannya selalu berhubungan dengan kecanggihan teknologi. Bermain dengan kamera tentu saja memberikan sensasi tersendiri yang membuat peserta didik menjadi lebih keren.

Berawal dengan memahami pengertian multimedia interaktif, mendalami manfaat dan progres dunia kerja ke depannya, semoga memantapkan kalian untuk memilih serta mengembangkan potensi diri dalam mata pelajaran multimedia di SMK.

Post a Comment for "Pengertian Multimedia Interaktif dan Mata Pelajaran Multimedia di SMK"