Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Contoh Tahapan Alur Tujuan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka Belajar

Contoh Alur Tujuan Pembelajaran: Tahapan Alur Tujuan Pembelajaran pada Kurikulum 2022 atau kurikulum merdeka - Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dituntaskan oleh peserta didik pada setiap tahap perkembangan untuk setiap mata pelajaran baik pada satuan pendidikan usia dini, pendidikan dasar, maupun pendidikan menengah. Capaian pembelajaran berisi sekumpulan kompetensi dan lingkup materi yang disusun secara komprehensif dalam bentuk narasi. 

Contoh Tahapan Alur Tujuan Pembelajaran pada Kurikulum 2022

Menyesuaikan tahap perkembangan peserta didik pemetaan capaian pembelajaran dibagi dalam fase usia.

  1. Fase Fondasi - Prasekolah Taman Kanak- Kanak
  2. Fase A - Kelas 1 dan 2 Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiah
  3. Fase B - Kelas 3 dan 4 Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiah
  4. Fase C - Kelas 5 dan 6 Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiah
  5. Fase D - Kelas 7 - 9 SMP atau MTs
  6. Fase E - Kelas 10 SMA, SMK atau MA
  7. Fase F - Kelas 11 - 12 SMA, SMK atau MA

Dalam menyusun tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran, perlu dilakukan kegiatan analisis capaian pembelajaran. Tujuannya adalah untuk mendapatkan peta kompetensi yang akan menjadi rujukan untuk pelaksanaan pembelajaran. Peta kompetensi tersebut kemudian digunakan sebagai acuan untuk mengembangkan perangkat ajar. 

Pendidik dan satuan pendidikan dapat menggunakan berbagai strategi untuk menyusun tujuan pembelajaran dan alur tujuan. Harus dipastikan tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran dan tahapan alur tujuan pembelajaran pada kurikulum 2022 atau kurikulum merdeka yang dipetakan memenuhi kriteria berikut ini:

A.  Tujuan Pembelajaran yang ideal terdiri dari 2 komponen berikut:

  1. Kompetensi yaitu kemampuan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dapat didemonstrasikan oleh peserta didik yang menunjukkan peserta didik telah berhasil mencapai tujuan pembelajaran.
  2. Konten yaitu ilmu pengetahuan inti atau konsep utama yang perlu dipahami di akhir satu unit pembelajaran.

B.  Kriteria Alur Tujuan Pembelajaran:

  1. Menggambarkan urutan pengembangan kompetensi yang harus dikuasai peserta didik
  2. Alur tujuan pembelajaran dalam satu fase menggambarkan cakupan dan tahapan pembelajaran yang linear dari awal hingga akhir fase.
  3. Alur tujuan pembelajaran pada keseluruhan fase menggambarkan cakupan dan tahapan pembelajaran yang menggambarkan tahapan perkembangan kompetensi antar fase dan jenjang.

Disarankan, dalam merumuskan tujuan pembelajaran pendidik merujuk pada kompetensi yang tercantum pada CP.  Untuk merumuskan kalimat tujuan pembelajaran dapat mengambil referensi dari berbagai sumber atau memadukan tujuan pembelajaran dari berbagai kurikulum. Perlu juga dilakukan identifikasi dimensi Profil Pelajar Pancasila yang mungkin terkait dengan kompetensi yang ingin dicapai.

Pendidik dapat menyusun alur tujuan pembelajaran dengan berbagai cara, misalnya:

A.  Penyusunan Tahapan Alur Tujuan Pembelajaran Cara 1

  1. Melakukan analisis CP mata pelajaran pada fase yang akan dipetakan.
  2. Identifikasi kompetensi-kompetensi yang harus dikuasai peserta didik pada fase tersebut.
  3. Rumuskan tujuan pembelajaran dengan mempertimbangkan kompetensi yang akan dicapai,
  4. konten yang akan dipelajari dan variasi keterampilan berpikir apa yang perlu dikuasai peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran.
  5. Identifikasi elemen dan atau sub elemen Profil Pelajar Pancasila yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang dirumuskan.
  6. Setelah tujuan pembelajaran dirumuskan, susun tujuan pembelajaran secara linear sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari.
B.  Penyusunan Tahapan Alur Tujuan Pembelajaran Cara 2 Berdasarkan Fase

  1. Merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP) dan menyusunnya dalam alur pembelajaran untuk mencapai kompetensi pada fase tersebut.
  2. Menganalisis elemen Capaian Pembelajaran (CP) untuk mengidentifikasi kompetensi pada akhir fase pada elemen tersebut.
  3. Tim pendidik berkolaborasi menganalisis naskah Capaian Pembelajaran (CP) mata pelajaran yang menjadi fokus.

Contoh Alur Tujuan Pembelajaran: Tahapan Alur Tujuan Pembelajaran pada Kurikulum 2022 atau kurikulum merdeka

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan alur tujuan pembelajaran, antara lain
  1. Penyusunan alur tujuan pembelajaran dilakukan di tingkat satuan pendidikan oleh tim pendidik pada mata pelajaran atau rumpun mata pelajaran yang sama.
  2. Alur tujuan pembelajaran yang telah dipetakan, di-review bersama di dalam tim, berdasarkan expert judgment tim pendidik untuk memastikan kesesuaiannya dengan kriteria alur tujuan pembelajaran.
  3. Evaluasi pada alur tujuan pembelajaran hendaknya dilakukan sebagai bagian dari evaluasi proses pembelajaran secara keseluruhan.
  4. Apabila teridentifikasi kendala atau tidak efektif dalam pembelajaran, perbaikan yang dilakukan bisa pada perangkat ajar, tujuan pembelajaran atau pada alur tujuan pembelajaran.
Berikut ini contoh alur tujuan pembelajaran.

 

Elemen:

Membaca dan Memirsa

Peserta didik mengevaluasi informasi berupa gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari teks deskripsi, laporan, narasi, rekon, eksplanasi, eksposisi dan diskusi, dari teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat. Peserta didik menginterpretasi informasi untuk mengungkapkan gagasan dan perasaan simpati, peduli, empati dan/atau pendapat pro/kontra dari teks visual dan audiovisual secara kreatif. Peserta didik menggunakan sumber lain untuk menilai akurasi dan kualitas data serta membandingkan isi teks.

Capaian Pembelajaran:

Pada akhir fase E, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan, konteks sosial, akademis, dan dunia kerja. Peserta didik mampu memahami, mengolah, menginterpretasi, dan mengevaluasi informasi dari berbagai tipe teks tentang topik yang beragam. Peserta didik mampu menyintesis gagasan dan pendapat dari berbagai sumber. Peserta didik mampu berpartisipasi aktif dalam diskusi dan debat. Peserta didik mampu menulis berbagai teks untuk menyampaikan pendapat dan mempresentasikan serta menanggapi informasi nonfiksi dan fiksi secara kritis dan etis.

Materi: Teks Laporan Hasil Observasi

Profil Pelajar Pancasila

Modul

JP

B.1

1      Peserta didik mengidentifikasi, dan menjelaskan arti kata-kata jarang muncul (low-frequency words) dan kata-kata baru (dalam bidang sains dan sosial)) dalam laporan hasil observasi serta menggunakan kata-kata tersebut dalam konteks yang spesifik.

2      Peserta didik membandingkan teks laporan hasil observasi yang dibacanya dengan sumber  lain (misalnya artikel ilmiah pada jurnal) untuk menilai akurasi dan kualitas data

Secara kritis mengklarifikasi serta menganalisis gagasan dan informasi yang kompleks dan abstrak dari berbagai sumber.

1

6 JP

Materi: Teks Anekdot

Profil Pelajar Pancasila

Modul

JP

B.2

1      Menginterpretasi informasi untuk mengungkapkan gagasan dan perasaan simpati, peduli, empati, dan/atau pendapat pro/kontra  dari teks visual secara kreatif.

2      Menggunakan sumber lain untuk menilai akurasi dan kualitas data serta membandingkan dengan isi teks 

Secara kritis mengklarifikasi serta menganalisis gagasan dan informasi yang kompleks dan abstrak dari berbagai sumber.

1

6 JP

Materi: Teks Hikayat

Profil Pelajar Pancasila

Modul

JP

B.3

Peserta didik mengidentifikasi, menganalisis, menilai karakterisasi dan alur cerita, menilai akurasi penggambaran keragaman masyarakat, dan memprediksi dinamika pemikiran maupun tindakan tokoh pada teks naratif.

Bernalar kritis yang ditunjukkan dengan menganalisis, menilai, dan memprediksi tindakan tokoh.

1

6 JP

Materi: Teks Negosiasi

Profil Pelajar Pancasila

Modul

JP

B.4

1      Peserta didik mampu menilai akurasi dan kualitas data dalam teks negosiasi dengan menggunakan informasi pada teks deskripsi sebagai pembanding dengan tepat.

2      Peserta didik mampu menganalisis informasi berupa penjelasan makna kata dengan tepat.

Bernalar kritis, yang ditunjukkan melalui menilai akurasi informasi secara kritis.

1

6 JP

Materi: Teks Biografi

Profil Pelajar Pancasila

Modul

JP

B.5

1      Peserta didik mampu menganalisis teks rekon untuk menemukan gagasan, pikiran, atau pesan yang tersurat dan tersirat yang menarik.

2      Peserta didik dapat menelaah tanda baca dan kata serapan dalam teks biografi secara akurat.

Secara kritis mengklarifikasi serta menganalisis gagasan dan informasi yang kompleks dan abstrak dari berbagai sumber.

1

8 JP

Materi: Teks Puisi

Profil Pelajar Pancasila

Modul

JP

B.6

1     Peserta didik dapat menilai efektivitas pemilihan kata/diksi, pengaturan rima, dan tampilan tipografi dalam mendukung makna dan amanat puisi dengan akurat.

2     Peserta didik dapat menelaah makna tersurat dan tersirat pada puisi tersebut secara menarik.

3     Peserta didik menilai penggunaan diksi dan majas (metafora, analogi, personifikasi) dalam puisi

Bernalar kritis, yang ditunjukkan melalui menganalisis penggunaan diksi, isi puisi, dan gaya bahasa secara kritis.

1

8 JP

 

Total

42 JP




Post a Comment for "Contoh Tahapan Alur Tujuan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka Belajar"