Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Contoh Alur Tujuan Pembelajaran Matematika Fase E Kurikulum Merdeka

Contoh Alur Tujuan Pembelajaran Matematika Fase E Kurikulum Merdeka - Pembelajaran direncanakan dengan mempertimbangkan tahap perkembangan dan tingkat pencapaian peserta didik saat ini, sesuai kebutuhan belajar, serta mencerminkan karakteristik dan perkembangan yang beragam sehingga pembelajaran menjadi bermakna dan menyenangkan.

Pembelajaran dilaksanakan untuk membangun kapasitas agar peserta didik menjadi pembelajar sepanjang hayat. Proses pembelajaran harus mendukung perkembangan kompetensi dan karakter yang dimiliki peserta didik secara holistik. Pembelajaran yang relevan, merupakan pembelajaran yang disusun sesuai konteks, lingkungan dan budaya peserta didik, serta melibatkan orang tua dan masyarakat sebagai mitra. Bagian penting lainnya adalah pembelajaran berorientasi pada masa depan yang berkelanjutan.

Contoh Alur Tujuan Pembelajaran Matematika Fase E Kurikulum Merdeka
Contoh Alur Tujuan Pembelajaran Matematika Fase E Kurikulum Merdeka

Penyusunan contoh alur tujuan pembelajaran berfungsi untuk mengarahkan guru dalam merencanakan, mengimplementasi dan mengevaluasi pembelajaran secara keseluruhan sehingga capaian pembelajaran diperoleh secara sistematis, konsisten, terarah dan terukur. Hal lain yang harus diperhatikan yaitu penggunaan kata kerja operasional dalam rumusan tujuan pembelajaran memfasilitasi guru dalam mengidentifikasi indikator atau kegiatan/aktivitas pembelajaran terkait dengan pemilihan materi ajar dan jenis evaluasi pembelajaran baik formatif maupun sumatif.

Berikut ini adalah contoh alur tujuan pembelajaran matematika fase E kurikulum merdeka yang bisa Anda pelajari. Nantinya dapat Anda kembangkan sesuai kebutuhan untuk menyusun modul ajar sesuai karakteristik peserta didik di sekolah. Setiap sekolah memiliki ketersediaan fasilitas pembelajaran yang berbeda. Di samping itu, input peserta didik tidaklah memiliki kualitas kompetensi yang sama. 

Contoh alur tujuan pembelajaran disusun berdasarkan turunan dari capaian pembelajaran, kemudian ditentukan pula materi yang akan dipelajari serta durasi atau jam pelajaran yang dibutuhkan untuk menuntaskan kompetensi yang ditargetkan. Tidak lupa, proses pembelajaran yang dirancang harus mempertimbangkan profil pelajar Pancasila apa yang nantinya peserta didik implementasikan.

Guru harus memiliki kemampuan merencanakan pembelajaran dengan baik. Pertimbangan karakteristik peserta didik yang heterogen mempengaruhi bagaimana proses pencapaian tujuan pembelajaran dengan optimal. Oleh karenanya, penyusunan contoh alur tujuan pembelajaran matematika fase E kurikulum merdeka ini harus tuntas dan sistematis.

Langsung saja, simak materi berikut ini. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Contoh Alur Tujuan Pembelajaran Matematika Fase E Kurikulum Merdeka"