Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Contoh Alur Tujuan Pembelajaran Bahasa Inggris Fase F Kurikulum Merdeka

Contoh Alur Tujuan Pembelajaran Bahasa Inggris Fase F Kurikulum Merdeka - Masih berlanjut kita pelajari tentang alur tujuan pembelajaran. Setelah sebelumnya kita pelajari untuk Fase E atau kelas X baik SMA maupun SMK. Kali ini kita pelajari untuk Fase F mata pelajaran bahasa Inggris.

Contoh Alur Tujuan Pembelajaran dirumuskan atau disusun oleh S

Contoh Alur Tujuan Pembelajaran Bahasa Inggris Fase F Kurikulum Merdeka
Contoh alur tujuan pembelajaran bahasa Inggris Fase F Kurikulum merdeka. Foto oleh Ketut Subiyanto dari Pexels

atuan Pendidikan dalam mengembangkan kurikulum yakni kurikulum merdeka. Pada dasarnya, capaian pembelajaran telah ditetapkan oleh pemerintah pusat, kemudian seorang guru dapat mengembangkannya menjadi alur tujuan pembelajaran dan modul ajar.

Capaian Pembelajaran yang dirumuskan oleh pemerintah adalah kompetensi pembelajaran yang menjadi target pencapaian bagi peserta didik untuk setiap mata pelajaran pada satuan pendidikan baik usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah di setiap tahap perkembangannya.

Contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) disusun berisikan tujuan pembelajaran, profil pelajar Pancasila atau soft skill, dan jumlah jam pelajaran yang akan dituntaskan. ATP menjadi pedoman bagi guru dan peserta didik untuk mencapai CP (Capaian Pembelajaran) di akhir periode. 

Dalam proses pengembangannya, Guru memiliki kebebasan untuk mengatur proses pembelajaran mereka sendiri, yang berisi berbagai tujuan pembelajaran. Beberapa rangkaian diagram alur telah disiapkan oleh pemerintah sebagai referensi pengembangan kurikulum yang siap digunakan oleh lembaga pendidikan dan sebagai pedoman penyusunan bahan ajar.

Beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) antara lain mencakup kompetensi, konten, dan variasi. Kompetensi merupakan kemampuan yang menjadi target untuk dicapai oleh peserta didik. Konten adalah materi atau konsep utama yang perlu dipelajari peserta didik pada akhir suatu unit pembelajaran. Sedangkan Variasi adalah keterampilan berpikir peserta didik guna mencapai Tujuan Pembelajaran (TP).

Nah, berikut ini adalah contoh alur tujuan pembelajaran bahasa Inggris fase F kurikulum merdeka yang dapat Anda jadikan referensi untuk pengembangan modul ajar di sekolah.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
 
  Mata Pelajaran    : Bahasa Inggris
  Kelas                     : XI
  Fase                      : F

 

Elemen: Menyimak - Berbicara

Capaian Pembelajaran:

Pada akhir Fase F, peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan guru, teman sebaya dan orang lain dalam berbagai macam situasi dan tujuan. Mereka menggunakan dan merespon pertanyaan terbuka dan menggunakan strategi untuk memulai, mempertahankan dan menyimpulkan percakapan dan diskusi. Mereka memahami dan mengidentifikasi ide utama dan detail relevan dari diskusi atau presentasi mengenai berbagai macam topik. Mereka menggunakan bahasa Inggris untuk menyampaikan opini terhadap isu sosial dan untuk membahas minat, perilaku dan nilainilai lintas konteks budaya yang dekat dengan kehidupan pemuda. Mereka memberikan dan mempertahankan pendapatnya, membuat perbandingan dan mengevaluasi perspektifnya. Mereka menggunakan strategi koreksi dan perbaikan diri, dan menggunakan elemen nonverbal seperti bahasa tubuh, kecepatan bicara dan nada suara untuk dapat dipahami dalam sebagian besar konteks.

Materi

: Hope and plan

Profil Pelajar Pancasila

Modul

JP

11. A.1

Peserta didik dapat mengindentifikasi struktur teks, dan unsur kebahasaan mengungkapkan harapan dan rencana (hope & plan) secara kritis, kreatif dan santun terkait topik fenomena alam dan sosial.

Berfikir kritis

1

4

A.2

Peserta didik dapat merancang teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan mengungkapkan harapan dan rencana (hope & plan) secara kritis, kreatif dan santun terkait topik fenomena alam dan sosial.

Mandiri

1

4

A.3

Peserta didik dapat mendemonstrasikan komunikasi yang efektif mengungkapkan harapan dan rencana (hope & harapan) secara kritis, kreatif dan santun terkait topik fenomena alam dan sosial.

Kreatif dan percaya diri

1

4

 

Total

12 JP

Lebih lanjut untuk mempelajari, silakan akses alur tujuan pembelajaran bahasa Inggris fase F kurikulum merdeka berikut ini.

Irwan Fyn
Irwan Fyn Seorang Guru dan Blogger Pemula. Terima kasih atas kunjungan Anda, mari ramaikan.

Post a Comment for "Contoh Alur Tujuan Pembelajaran Bahasa Inggris Fase F Kurikulum Merdeka"