Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Contoh Alur Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase F Kurikulum Merdeka

Contoh Alur Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase F Kurikulum Merdeka - Alur pembelajaran adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secara logis menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase.

Alur ini disusun secara linear sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari. Alur dan tujuan pembelajaran ini disusun untuk capaian pembelajaran fase F yang telah ditetapkan dengan memperhatikan perkembangan tingkat kemampuan berpikir peserta didik.

Contoh Alur Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase F Kurikulum Merdeka
Contoh Alur Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase F
Kurikulum Merdeka. Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay
 

Kini, kurikulum merdeka mulai digunakan oleh sekolah secara nasional. Tentu saja hal ini sebagai bentuk upaya pemerintah dalam hal ini dari kementerian pendidikan dan kebudayaan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di tanah air. Meskipun banyak pihak yang belum sepenuhnya memahami isi dari kurikulum merdeka ini, namun sudah menjadi keharusan untuk dijalankan dengan sebaik-baiknya.

Salah satu yang menjadi bagian penting dalam perencanaan pembelajaran adalah penyusunan alur tujuan pembelajaran bahasa Indonesia di fase F. Tujuan pembelajaran fase F diperuntukkan bagi peserta didik di kelas 11 dan 12 SMA sederajat.

Pada akhir fase F, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan, konteks sosial, akademis, dan dunia kerja. Peserta didik mampu memahami, mengolah, menginterpretasi, dan mengevaluasi berbagai tipe teks tentang topik yang beragam. Peserta didik mampu mengkreasi gagasan dan pendapat untuk berbagai tujuan. Peserta didik mampu berpartisipasi aktif dalam kegiatan berbahasa yang melibatkan banyak orang. Peserta didik mampu menulis berbagai teks untuk merefleksi dan mengaktualisasi diri untuk selalu berkarya dengan mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia di berbagai media untuk memajukan peradaban bangsa.

Pada fase ini peserta didik dilatih berkomunikasi secara aktif dengan mengutamakan penggunaan Bahasa Indonesia, bernalar untuk mengkreasi gagasan sesuai dengan tujuan, konteks sosial, akademis, dan dunia kerja. Tujuan Pembelajaran ini dimaksudkan untuk membantu peserta didik siap memasuki dunia profesi, vokasi, maupun membaca kritis di perguruan tinggi Agar tujuan pembelajaran mudah dicapai, perlu adanya alur pembelajaran yang runtut, saling berkaitan,  serta keragaman teks maupun konteks.

Berikut ini adalah contoh alur tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia Fase F Kurikulum Merdeka yang dapat ada gunakan sebagai referensi pengembangan modul ajar.

Post a Comment for "Contoh Alur Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase F Kurikulum Merdeka"