Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Animasi Belajar: Animasi Bergerak dalam Multimedia Interaktif

Animasi Belajar: Animasi Bergerak dalam Multimedia Interaktif - Animasi merupakan serangkaian gambar yang disusun berurutan atau yang dikenal dengan istilah frame. Satu frame berisi satu gambar. Ditampilkannya susunan gambar secara bergantian dengan waktu tertentu maka akan terlihat menjadi animasi bergerak.

Dalam program multimedia interaktif, animasi adalah daya tarik utama yang mampu menjelaskan suatu konsep atau proses yang sukar dijelaskan dengan media lain. Jika diaplikasikan dalam proses pembelajaran, animasi memiliki daya tarik estetika/keindahan sehingga tampilannya menarik dan eye-catching  yang mampu memotivasi pengguna yang terlibat.

Animasi belajar: animasi bergerak dalam multimedia.
Gambar oleh PIRO4D dari Pixabay

Kaitannya dengan animasi belajar, animasi bergerak dapat pula digunakan untuk memberikan stimulus kepada peserta didik jika digunakan secara tepat. Animasi tersebut dapat membantu proses pembelajaran peserta didik dalam ranah kognitif. 

Animasi belajar yang digambarkan dalam animasi bergerak dapat mempermudah peserta didik menangkap konsep materi yang dipelajari bagi mereka yang memiliki latar belakang pendidikan dan pengetahuan yang cenderung rendah.

Adapun keuntungan animasi belajar seperti yang digambarkan dalam animasi bergerak antara lain

  1. Menjelaskan konsep abstrak menjadi konkret.
  2. Menunjukkan dengan jelas suatu langkah prosedural.
  3. Menjelaskan konsep yang sulit.
  4. Sebagai media hiburan yang memberikan kepuasan
  5. Memperindah tampilan presentasi sehingga menarik perhatian dengan adanya pergerakan dan suara yang selaras.
  6. Mempermudah menjelaskan suatu ilmu pengetahuan
  7. Sebagai bentuk iklan yang menarik perhatian konsumen atau pembeli.
  8. Dapat digunakan untuk menyampaikan pesan yang sulit dipahami terutama anak-anak.
Macam-Macam Animasi Bergerak dalam Multimedia Interaktif

  1. Animasi Sel (Cell Animation), yakni berupa lembaran-lembaran yang membentuk sebuah frame animasi tunggal, yang tiap-tiap sel merupakan bagian yang terpisah sebagai objek animasi, yang kemudian bergerak secara mandiri di atas latar belakang.
  2. Animasi Frame (Frame Animation), merupakan bentuk animasi yang sederhana, yang menampilkan rangkaian gambar secara berurutan dan bergantian yang ditunjukkan dengan cepat.
  3. Animasi Sprite (Sprite Animation), adalah obyek yang diletakkan dan dianimasikan pada bagian puncak grafik dengan latar belakang diam. Setiap obyek bergerak tidak dalam waktu yang bersamaan, memiliki fbs dengan besaran berbeda.
  4. Animasi Lintasan (Path Animation), yaitu animasi dari obyek yang bergerak sepanjang garis kurva yang ditentukan sebagai lintasan, seperti membuat animasi kereta api yang bergerak pada lintasan rel.
  5. Animasi Spline, Animasi ini serupa dengan Animasi Lintasan. Animasi ini bergerak mengikuti garis lintasan yang berbentuk kurva yang diprogram dalam animasi komputer sehingga gerakannya lebih halus.
  6. Animasi Vektor (Vector Animation). Berbeda dengan Animasi Sprite yang menggunakan gambar bitmap, Animasi Vektor  menggunakan gambar vektor dalam objek sprite-nya dengan ukuran yang lebih kecil.
  7. Animasi Karakter (Character Animation), yakni seperti dalam film kartun berbasis 3 dimensi atau animasi 3D. Pada animasi ini, setiap karakter memiliki ciri dan gerakan yang berbeda tetapi bergerak secara bersamaan,
  8. Computational Animation, merupakan animasi yang menggerakkan satu kata di layar monitor dengan cara membuat serangkaian frame yang menunjukkan jalannya kata di layar, yang tiap frame-nya mewakili satu momen dalam satu waktu selama kata itu bergerak.
  9. Morphing, adalah mengubah satu bentuk menjadi bentuk lain dengan menampilkan serangkaian frame yang menciptakan gerakan halus begitu bentuk pertama mengubah dirinya menjadi bentuk lain secara otomatis.
  10. Animasi Clay, disebut juga animasi doll (boneka) yang dibuat dengan menggunakan material tanah liat atau lain yang digerakkan perlahan-lahan, kemudian setiap gerakan boneka-boneka tersebut difoto secara beruntun. Teknik animasi inilah yang menjadi cikal bakal animasi 3D yang pembuatannya menggunakan komputer.
  11. Animasi Digital, adalah penggabungan teknik animasi cell (Hand Drawn) yang dibantu dengan komputer. Gambar yang sudah dibuat, kemudian dipindai, diwarnai, diberi animasi, dan efek di komputer, sehingga animasi yang didapatkan lebih hidup tetapi tetap tidak meninggalkan identitasnya sebagai animasi 2D.
Animasi belajar: Animasi bergerak dalam multimedia interaktif dapat diaplikasikan oleh guru guna meningkatkan kualitas pembelajaran bagi peserta didik. Animasi menjadi lebih efektif jika peserta didik dapat mengendalikan kecepatan dan arahnya dengan pertimbangan yang tepat apabila difungsikan sebagai perangkat bagi pembelajaran.

Post a Comment for "Animasi Belajar: Animasi Bergerak dalam Multimedia Interaktif"