Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Alur Tujuan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar Bahasa Inggris Fase E

Contoh Alur Tujuan Pembelajaran Bahasa Inggris Fase E Kurikulum Merdeka - Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) merupakan serangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secara logis, sistematis dan linier secara utuh sesuai urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase guna mengukur Capaian Pembelajaran (CP).

Sebetulnya ada kesamaan fungsi antara Alur tujuan pembelajaran (ATP) dengan silabus, yakni sebagai dasar perencanaan pembelajaran. ATP digunakan sebagai panduan bagi guru dan peserta didik untuk mencapai Capaian Pembelajaran di akhir fase tersebut.

Contoh Alur Tujuan Pembelajaran Bahasa Inggris Fase E Kurikulum Merdeka
Contoh alur tujuan pembelajaran bahasa Inggris Fase E Kurikulum merdeka. Foto oleh Ketut Subiyanto dari Pexels

Contoh Alur Tujuan Pembelajaran ditetapkan atau disusun oleh Satuan Pendidikan dalam mengembangkan kurikulum operasional sekolah yakni kurikulum merdeka. Pada dasarnya, capaian pembelajaran sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat, yang kemudian seorang guru harus mampu mengembangkannya menjadi alur tujuan pembelajaran dan modul ajar.

Capaian Pembelajaran yang ditetapkan oleh pemerintah adalah kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik untuk setiap mata pelajaran pada satuan pendidikan baik usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah di setiap tahap perkembangannya.

Contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) disusun berisikan tujuan pembelajaran, profil pelajar Pancasila atau soft skill, dan jumlah jam pelajaran yang akan dicapai. Proses ini menjadi pedoman bagi guru dan peserta didik untuk mencapai CP (Capaian Pembelajaran) di akhir periode. 

Dalam proses pengembangannya, Guru memiliki kemerdekaan untuk mengatur proses pembelajaran mereka sendiri, yang mencakup berbagai tujuan pembelajaran. Beberapa rangkaian diagram alur telah disediakan oleh pemerintah sebagai referensi pengembangan kurikulum yang siap digunakan oleh lembaga pendidikan dan sebagai pedoman penyusunan bahan ajar.

Banyak hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) antara lain mencakup kompetensi, konten, dan variasi. Kompetensi merupakan kemampuan yang menjadi target untuk dikuasai oleh peserta didik. Konten adalah materi atau konsep utama yang perlu dipahami peserta didik pada akhir suatu unit pembelajaran. Sedangkan Variasi adalah keterampilan berpikir peserta didik untuk mencapai Tujuan Pembelajaran (TP).

Nah, berikut ini adalah contoh alur tujuan pembelajaran bahasa Inggris fase E kurikulum merdeka yang dapat Anda jadikan referensi untuk pengembangan modul ajar di sekolah.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran    : Bahasa Inggris
Kelas                    : X
Fase                     : E

 

Elemen:

Menyimak – Berbicara

Pada akhir fase E, peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan guru, teman sebaya dan orang lain dalam berbagai macam situasi dan tujuan. Mereka menggunakan dan merespons pertanyaan dan menggunakan strategi untuk memulai dan mempertahankan percakapan dan diskusi. Mereka memahami dan mengidentifikasi ide utama dan detail relevan dari diskusi atau presentasi mengenai topik yang dekat dengan kehidupan pemuda. Mereka menggunakan bahasa Inggris untuk menyampaikan opini terhadap isu yang dekat dengan kehidupan pemuda dan untuk membahas minat. Mereka memberikan pendapat dan membuat perbandingan. Mereka menggunakan elemen non-verbal seperti bahasa tubuh, kecepatan bicara, dan nada suara untuk dapat dipahami dalam sebagian konteks. 

Capaian Pembelajaran:

Pada akhir fase E, peserta didik menggunakan teks lisan, tulisan dan visual dalam bahasa Inggris untuk berkomunikasi sesuai dengan situasi, tujuan, dan pemirsa/pembacanya. Berbagai jenis teks seperti narasi, deskripsi, prosedur, eksposisi, recount, report, dan teks asli menjadi rujukan utama dalam mempelajari bahasa Inggris di fase ini. Peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk menyampaikan keinginan/perasaan dan berdiskusi mengenai topik yang dekat dengan keseharian mereka atau isu yang hangat sesuai usia peserta didik di fase ini. Mereka membaca teks tulisan untuk mempelajari sesuatu/mendapatkan informasi. Keterampilan inferensi tersirat ketika memahami informasi dalam bahasa Inggris mulai berkembang. Peserta didik memproduksi teks tulisan dan visual yang lebih beragam, dengan kesadaran terhadap tujuan dan target pembaca.

Materi

: Need, Feeling and Attitude

Profil Pelajar Pancasila

Modul

JP

10. A.1

Peserta didik dapat memahami, mengaplikasikan dan menyimpulkan makna secara kontekstual fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan ungkapan kebutuhan, perasaan, dan sikap (needs, feelings and attitudes) secara kritis, kreatif dan santun terkait topik fenomena alam dan sosial.

Mandiri, Bernalar Kritis

1

4

A.2

Peserta didik dapat merancang teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan ungkapan kebutuhan, perasaan, dan sikap (needs, feelings and attitudes) secara kritis, kreatif dan santun terkait topik fenomena alam dan sosial dengan tingkat kelancaran dan ketepatan yang optimal.

Mandiri dan kreatif

1

4

Total

8 JP


Anda juga dapat mengakses file contoh alur tujuan pembelajaran bahasa Inggris fase E kurikulum merdeka berikut ini.

Post a Comment for "Alur Tujuan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar Bahasa Inggris Fase E "