Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Soal PPPK dan Pembahasannya: Soal PPPK Pedagogik Teori Belajar

Soal PPPK dan Pembahasannya: Soal PPPK Pedagogik Teori Belajar - Sudah jelas bahwa teori belajar menjadi momok bagi peserta seleksi PPPK yang wajib dipelajari. Pasalnya, tidak sedikit dari peserta yang mengeluhkan betapa sulitnya mengerjakan soal tersebut akibat dari kurangnya pemahaman tentang teori belajar. Oleh karena itu, perlu bagi Anda untuk berlatih soal PPPK dan pembahasannya.

Soal PPPK pedagogik teori belajar, berisi seputar teori dan implikasi dalam pembelajaran. Teori tersebut meliputi teori belajar behavioristik, teori belajar kognitif, teori belajar konstruktivistik, dan teori belajar humanistik.

Soal PPPK pedagogik teori belajar

Untuk membantu Anda berlatih, Omah Sinaoe sudah menyiapkan beberapa soal PPPK dan pembahasannya: soal PPPK pedagogik teori belajar. Silakan simak soalnya berikut ini.

1. Saat jam pelajaran akan selesai, Pak Jono memberikan tugas kepada Rudi berupa mengerjakan latihan di buku paket. Aksi yang dilakukan oleh Pak Jono merupakan teori belajar menurut ....
    A.  Skinner
    B.  Vygotsky
    C.  Thorndike
    D.  Bandura

Pembahasan:
Untuk menjelaskan suatu konsep, guru mengambil contoh dari hal yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan untuk penguatan dan hafalan, lebih cocok guru memberikan tugas, metode latihan (drill dan practice). Hal ini merupakan implikasi dari teori belajar Thorndike.

2. Berikut ini merupakan tahap perkembangan kognitif menurut Jerome Bruner, kecuali ....
    A.  simbolis
    B.  proaktif
    C.  enaktif
    D.  ikonik

Pembahasan:
Perkembangan kognitif menurut Jerome Bruner melalui tahap enaktif, ikonik, dan simbolis.

Soal PPPK dan Pembahasannya: Soal PPPK Pedagogik Teori Belajar

3. Tokoh teori belajar kognitif antara lain ....
    A.  Vygotsky, Bandura, Ausubel
    B.  Piaget, Bruner, Ausubel
    C.  Ausubel, Burner, Thorndike
    D.  Van Hiele, Skinner, Vygotsky

4. Untuk memahami permasalahan melalui proses mental, seseorang akan memanfaatkan pengetahuan sikap dan pengalaman pribadi yang telah dimiliki. Pernyataan tersebut selaras dengan teori belajar ....
    A.  sibernetik
    B.  behaviorisme
    C.  kognitivisme
    D.  humanistik

Pembahasan:
Pada proses mental, individu akan memanfaatkan pengetahuan sikap dan pengalaman pribadi untuk membantu memahami masalah atau materi baru yang sejalan dengan teori belajar kognitivisme.

5. Dalam proses pembentukan hubungan antara stimulus dan respon, merupakan hakikat dari teori belajar ....
    A.  Skinner
    B.  Thorndike
    C.  Ausubel
    D.  Bandura

Pembahasan:
Teori belajar stimulus-respon digaungkan oleh Thorndike tahun 1874-1949. Rasa senang merupakan respon dari stimulus yang diberikan berupa reward atau hadiah.

Soal PPPK dan Pembahasannya: Soal PPPK Pedagogik Teori Belajar

6. "Terima kasih, Nak. Hasil tugasmu sangat memuaskan," kata Bu Nila. Aksi Bu Nila sebagai bentuk penguatan bagi peserta didik yang berprestasi. Hal tersebut sejalan dengan teori belajar ....
    A.  Pavlov
    B.  Bandura
    C.  Thorndike
    D.  Skinner

Pembahasan:
Penguatan adalah sesuatu yang yang menimbulkan peningkatan suatu respon terhadap hal yang dapat diamati dan diukur yang bersifat menyenangkan dan subjektif. Kesimpulan ini dikemukakan dalam teori belajar Skinner.

7. Hakikat pembelajaran memiliki makna untuk mendukung peserta didk agar lebih ....
    A.  mandiri
    B.  memahami
    C.  terampil
    D.  menghargai

Pembahasan:
Teori belajar David Ausubel mengemukakan bahwa jika peserta didik mencoba menhubungkan pengetahuan baru dengan yang sudah dimiliki, inilah yang dinamakan sebagai pembelajaran bermakna (meaningful learning). Sebai bentuknya, peserta didik diharuskan mampu memahami makna atau isi apa yang dihafalkan.   

8. Dalam proses pembelajaran, seorang guru melakukan demonstrasi untuk memberikan contoh kepada peserta didik yang mengalami kesulitan memahami pelajaran sehingga akhirnya anak tersebut paham dan bisa mengerjakan, langkah tersebut dilakukan guru merupakan implikasi dari teori ....
    A.  Vygotsky
    B.  Skinner
    C.  Bandura
    D.  Thorndike 

Pembahasan:
Teori belajar Vygotsky merupakan teori belajar yang menjelaskan bahwa guru memberikan sejumlah bantuan kepada peserta didik selama tahap awal pembelajaran, mengurangi bantuan, dan memberikan kesempatan untuk mengambil alih tanggung jawab, yang dikenal Scaffolding.

Soal PPPK dan Pembahasannya: Soal PPPK Pedagogik Teori Belajar

9. Di bawah ini beberapa teori belajar yang dikemukakan oleh Bandura, kecuali ....
    A.  eciprocal determinism
    B.  beyond reinforcement
    C.  self-regulation/cognition
    D.  zone of proximal development

Pembahasan:
Ada 3 konsep dari Bandura dalam teori belajar sosial (Social Learning Teory) yakni reciprocal determinism, beyond reinforcement, dan self-regulation/cognition

10. Dodi menyukai gurunya. Gurunya sangat disiplin dalam belajar dan selalu tepat waktu masuk kelas. Maka Dodi akan melakukan hal yang sama atau meniru apa yang dilakukan gurunya. Aksi Dodi merupakan implikasi dari teori ....
    A.  humanistik
    B.  kognitivisme
    D.  behaviorisme
    E.  sibernetik

Pembahasan:
Guru dan orang tua harus menjadi model perilaku yang baik bagi peserta didik. Karena salah satu proses belajar peserta didik adalah dengan cara mengamati gurunya. Ini bentuk implikasi dari teori belajar behaviorisme.

Demikian, Soal PPPK dan Pembahasannya: Soal PPPK Pedagogik Teori Belajar. Semoga bermanfaat.  

Post a Comment for "Soal PPPK dan Pembahasannya: Soal PPPK Pedagogik Teori Belajar"