Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Latihan Soal Pretest PPG Online 2022, Tes Kompetensi Profesional IPS

Latihan soal pretest PPG online 2022 - Tes Kompetensi Profesional IPS. Mari kita cari tahu apa yang terbaik untuk Anda yang sedang persiapan seleksi akademik PPG tahun ini. Masih ada waktu untuk berlatih banyak hal bagi Anda yang memilih pendidikan IPS.

Latihan soal pretest ppg online 2022.

Berdasarkan pengalaman peserta sebelumnya yang berhasil menuntaskan pretest. Soal-soal yang diajukan di sini dapat digunakan sebagai acuan dalam persiapan PPG tahun ini.

Jangan lupa untuk membaca lebih lanjut tentang unggahan Latihan soal pretest PPG online lainnya.

Berikut ini sejumlah latihan soal pretest PPG online 2022, yang bisa Anda pelajari.

Latihan Soal Pretest PPG Online 2022, Tes Kompetensi Profesional IPA

Indikator 23. Disajikan data tentang kasus terjadinya bencana alam dipermukaan bumi, peserta dapat menganalisis proses alam Endogen atau Eksogen keterkaitan dengan bencana alam tersebut.


1.   Dalam proses pembentukan muka bumi, tenaga endogen dibagi menjadi tiga yaitu ...
       A.  Tektonisme, Vulkanisme, dan Sedimentasi
       B.  Sedimentasi, Erosi dan Vulkasnisme
       C.   Sedimentasi, Erosi dan Deflasi
       D.  Erosi, Tektonisme dan Seisme
       E.  Tektonisme, Vulkanisme dan Seisme

2.   Tenaga endogen merupakan tenaga yang berasal dari dalam bumi. Salah satu bencana alam yang disebabkan oleh tenaga endogen adalah gunung meletus. Peristiwa gunung meletus sering kali ditemui di Indonesia. Gerakan magma yang merupakan penyebab terjadinya gunung meletus disebut dengan ...
     A.  Seisme : gempa bumi karena adanya tumpukan energy yang membuat lempeng samudra dan benua bergerak
        B.  Tektonisme : pergeseran lempeng bumi
        C.   Vulkanisme
        D.  Sedimentasi : pengendapan (eksogen)
        E.  Erosi : proses pengikisan tanah yang terjadi di permukaan bumi.

Indikator 24. Disajikan kasus tentang kasus kependudukan di wilayah Indonesia, peserta dapat menganalisis persebaran penduduk Indonesia.

3. Di suatu wilayah terdapat penduduk yang berkumpul dikarenakan faktor kehidupan berada di sana. Keberadaan penduduk secara terpusat menyebabkan daerah lain menjadi kekurangan penduduk. Kondisi ini tentu menimbulkan permasalahan baru salah satunya  adalah kemiskinan yang bertambah dan tingkat kriminalitas meningkat sangat signifikan. Berbagai program terus dikembangkan untuk menangani masalah ini, namun tidak kunjung terselesaikan. Penyebab utama kegagalan ini adalah ...
        A.  Tergerusnya sumber daya alam
B.  Persebaran penduduk tidak merata
  C.   Berkurangnya dana pembangunan
        D.  Berkurangnya sumber daya manusia yang berkualitas
        E.  Program tidak tepat sasaran

Latihan Soal Pretest PPG Online 2022, Tes Kompetensi Profesional IPS

Indikator 25. Disajikan data tentang permasalahan kependudukan di wilayah Indonesia, peserta dapat mengevaluasi kualitas penduduk Indonesia.

4. Cepat atau lambatnya suatu negara dalam meningkatkan kemajuan ekonominya tergantung pada keberhasilan negara tersebut memberikan pendidikan pada penduduknya. Hal ini sangat berkaitan dengan kemampuan yang dimiliki oleh penduduk untuk dapat mengolah dan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitarnya, guna memenuhi kebutuhan hidup serta meningkatkan kesejahteraannya. Penyebab utama  dari keberhasilan sumber daya manusia adalah…..
        A.  Tingkat pendidikan
        B.  Tingkat pendapatan penduduk
        C.   Kualitas penduduk
        D.  Kapitalis penduduk
        E.  Jumlah penduduk

Indikator 26. Disajikan peristiwa sejarah nasional, peserta dapat mengelompokkan peristiwa tersebut berdasarkan metode sejarahnya.

5.  Informasi mengenai sejarah perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah Belanda didapatkan melalui surat kabar, rekaman radio, foto, serta hasil wawancara bersama para narasumber. Dalam metode sejarah pengumpulan informasi termasuk ke dalam metode….
        A.    Kritik
        B.    Heuristik
        C.   Histografi
        D.   Interpretasi
        E.   Ekspose

Indikator 27. Diberikan sebuah kasus tentang sistem sosial pada masyarakat, peserta dapat mengidentifikasi nilai dan norma pada masyarakat.

6.  Dalam lingkungan bermasyarakat kita sebagai anggota masyarakat hendaknya selalu berperilaku sesuai nilai dan norma yang berlaku, agar diterima dengan baik oleh masyarakat. Nilai yang mengajarkan kita untuk selalu bertindak dengan benar dan tidak melanggar  peraturan yang berlaku, disebut dengan nilai….
        A.   Sosial
        B.   Kesopanan
        C.   Keindahan
        D.   Kebenaran
        E.    Moral

Indikator 28. Disajikan kasus tentang perilaku ekonomi (konsumsi), peserta dapat memberikan contoh kasus perilaku ekonomi (konsumsi) di masyarakat.

7.  Perhatikan situasi berikut ini. Bu Ani merupakan seorang ibu rumah tangga dan juga seorang pedagang di sebuah pasar. Setiap harinya Ibu Ani harus mengurusi rumah dan  keperluannya serta mencari nafkah untuk anak-anaknya dengan berjualan dikarenakan  suaminya sudah lama meninggal. Kasus di atas termasuk fenomena ...
        A.  Motif Ekonomi : bekerja untuk status sosial
     B.  Motif ekonomi intrinsik : berasal dari dalam diri manusia tanpa adanya paksaan. Motif ini umumnya meliputi kebutuhan dasar manusia yang bersifat primer, contohnya manusia akan membeli makanan dan minuman saat dia merasa lapar.
        C.   Perilaku ekonomi
       D.  Motif ekonomi ekstrinsik : terpengaruh oleh situasi di luar individu (ajakan orang lain, situasi & kondisi, peningkatan status sosial)
        E.  Cara memenuhi kebutuhan

8. Ilmu ekonomi merupakan suatu studi tentang perilaku orang dan masyarakat dalam memilih, menggunakan sumber daya yang langka dan yang memiliki beberapa alternatif penggunaan untuk dapat memproduksi berbagai komoditi kemudian menyalurkannya, baik saat ini maupun di masa depan pada berbagai individu dan kelompok yang ada dalam suatu masyarakat. Berdasarkan ilmu ekonomi tersebut maka pernyataan yang sesuai adalah …
        A.  Motif utama tindakan konsumsi adalah memperoleh kepuasan
        B.  Hanya orang miskin yang menerapkan prinsip ekonomi
        C.   Prinsip ekonomi hanya bisa diterapkan di bidang ekonomi
        D.  Motif ekonomi tidak memengaruhi tindakan ekonomi
        E.  Orang kaya tidak perlu menerapkan prinsip ekonomi

9.   Pada musim buah rambutan, keberadaan penjual buah di pasar sangat marak bahkan sangat banyak yang dijual di pinggir jalan. Kebutuhan manusia terhadap buah rambutan  terpenuhi seketika. Bertambahnya terus permintaan seringkali berbanding lurus dengan pasokan buah rambutan yang dimiliki oleh para pedagang. Kondisi demikian mengakibatkan ...
        A.  Harga keseimbangan naik, jumlah barang yang diperdagangkan berkurang
        B.  Harga keseimbangan naik, jumlah barang yang diperdagangkan bertambah
        C.   Harga keseimbangan turun, jumlah barang yang diperdagangkan bertambah
        D.  Harga keseimbangan turun, jumlah barang yang diperdagangkan berkurang
        E.  Harga keseimbangan naik, jumlah barang yang diperdagangkan tidak bertambah

Latihan Soal Pretest PPG Online 2022, Tes Kompetensi Profesional IPS

Indikator 29. Disajikan kasus tentang perilaku ekonomi (produksi), peserta dapat memberikan contoh kasus perilaku ekonomi (produksi) di masyarakat.

10. Persaingan ekonomi yang terjadi di antara produsen memicu penetapan harga yang kompetitif. Varian dalam barang hasil produksi pun terus menerus guna bersaing dalam  pemasaran produk. Agar suatu barang menjadi barang ekonomi, maka ia harus ...
        A.  Diperdagangkan di pasaran bebas
        B.  Diproduksi secara perorangan dan tidak secara umum
        C.   Diproduksi secara langka
        D.  Diproduksi secara efisien
        E.  Dijual dengan harga yang sangat murah

Demikian beberapa latihan soal pretest PPG online 2022, tes kompetensi profesional IPS yang disajikan. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Latihan Soal Pretest PPG Online 2022, Tes Kompetensi Profesional IPS"