Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Contoh Laporan PPL Bahasa Indonesia Program PPG Dalam Jabatan

Contoh Laporan PPL Bahasa Indonesia Program PPG Dalam Jabatan - Hai sobat semuanya. Beberapa waktu lalu, saya baru saja melaksanakan program PPG dalam jabatan selama 3 bulan lamanya. Alhamdulillah, dengan satu kali ujian, saya lulus dan sertifikat PPG sudah di tangan dengan selamat.

Dalam serangkaian program yang harus dituntaskan adalah PPL yang dibuktikan dengan adanya laporan kegiatan tersebut. Laporan tersebut berisi dari 3 kali pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kelas.

Contoh laporan PPL.

Oleh karena itu, saya ingin berbagi pengalaman berupa contoh laporan PPL Bahasa Indonesia Program PPG dalam jabatan. Berikut inti dari laporan tersebut.

LK 3.7
LAPORAN SINGKAT KEGIATAN PRAKTIK MENGAJAR
KE- 1 SAMPAI KE-3

 

A.    Waktu dan Tempat Pelaksanaan

1.    Waktu Pelaksanaan

Kegiatan praktik pengalaman lapangan terbagi menjadi 3 siklus selama 30 hari. Dalam pelaksanaannya dibimbing oleh Bapak Dr. H. Mohzana, M.Pd sebagai dosen pembimbing dan Bapak M. Yamin Jamaluddin, M.Pd sebagai guru pamong.

Adapun rincian kegiatan sebagai berikut:

a.  PPL Siklus ke-1 dilaksanakan selama 10 hari aktif, terhitung sejak tanggal 25 Oktober sampai 4 November 2021. Berikut link video pelaksanaan PPL Siklus 1: https://youtu.be/hV2pkKxo6Dk

b.  PPL Siklus ke-2 dilaksanakan selama 10 hari aktif, terhitung sejak tanggal 5 November sampai 16 November 2021. Berikut link video pelaksanaan PPL Siklus 2: https://youtu.be/JabPOXwyhIs

c.  PPL Siklus ke-3 dilaksanakan selama 10 hari aktif, terhitung sejak tanggal 17 November sampai 27 November 2021. Berikut link video pelaksanaan PPL Siklus 3: https://youtu.be/9fptY2zsKVY
 
Contoh Laporan PPL Bahasa Indonesia Program PPG Dalam Jabatan

2.      Tempat Pelaksanaan

Pelaksanaan praktik mengajar dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kebumen secara luring, karena sudah dilaksanakannya Pertemuan Tatap Muka (PTM) terbatas, yakni dengan menghadirkan peserta didik maksimal 50% di setiap pertemuannya. SMK Negeri 1 Kebumen berada di Jalan Cemara No. 37 Desa Karangsari, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen.


B.    Deskripsi Jenis Kasus/Masalah Pelaksanaan

1.  Kasus Kegiatan Mengajar atau PPL Siklus 1

     Adapun kasus yang terjadi pada pelaksanaan PPL Siklus 1, sebagai berikut:
     a. Kehadiran peserta didik mengikuti pembelajaran yang semula dijadwalkan terdapat 17 orang menjadi 15 orang, 2 orang menjadi relawan untuk merekam video pembelajaran.
      b. Terdapat rasa canggung yang dialami peserta didik pada saat perekaman, sehingga kegiatan diskusi dan presentasi menjadi kurang interaktif.
 
  2.   Kasus Kegiatan Mengajar atau PPL Siklus 
       Adapun kasus yang terjadi pada pelaksanaan PPL Siklus 1, sebagai berikut 
      a. Audio yang dihasilkan kurang jernih dan terdengar kurang lantang, sehingga video pembelajaran yang dihasilkan belum sepenuhnya maksimal.

Contoh Laporan PPL Bahasa Indonesia Program PPG Dalam Jabatan

   3.  Kasus Kegiatan Mengajar atau PPL Siklus 3
       Adapun kasus yang terjadi pada pelaksanaan PPL Siklus 1, sebagai berikut:        
         a.  Pada sesi diskusi, peserta didik dibagi menjadi 4 kelompok.
      b. Rekaman pada sesi penutup untuk kegiatan pembelajaran hilang atau tidak terbaca pada kartu memori kamera.

Untuk mempelajarinya lebih lanjut Contoh Laporan PPL Bahasa Indonesia Program PPG Dalam Jabatan, perhatikan file di bawah ini. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Contoh Laporan PPL Bahasa Indonesia Program PPG Dalam Jabatan"