Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Bagaimana Cara Membuat Orang Tua Bangga Dengan Kemampuan dan Potensimu

Hal yang luar biasa bagi seorang anak adalah mampu membuat bangga orang tua. Namun menjadi hal yang paling menyedihkan dari anak atau generasi muda milenial secara lebih luas adalah hanya dengan alasan tak ingin membuat kecewa orang tua, tak mau membangkang, akhirnya mereka justru mengorbankan passion-nya dan memilih untuk mengubur mimpi serta potensinya dalam-dalam. Orang tua terkadang tidak menyadarinya, apa yang mereka sarankan adalah hasil dari pengetahuan, pengalaman, dan wawasan mereka di zamannya yang sudah tidak relevan dengan zaman yang generasi milenial hadapi sekarang.

Bagaimana cara membuat orang tua bangga. Foto: pixabay

Pikirkan secara bijak, bagaimana cara membuat orang tua bangga dengan kemampuan dan potensimu?

Kenyataan hidup tidak selurus dan sebaik-baik saja yang dipikirkan begitu saja. Jika kamu hanya bermain aman, maka kamu akan menjadi rata-rata manusia pada umumnya terbuai di zona nyaman, dengan pendapatan dan pencapaian hidup yang biasa-biasa saja. Parahnya, kamu bekerja dengan terpaksa karena hanya butuh uang yang kamu cari, dan pekerjaan itu memang membuat orang tuamu bangga. Akan tetapi tidak membuatmu bahagia, nyaman dalam bekerja, dan potensi terbaikmu tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Orang sukses adalah orang yang berani mengambil keputusan secara cerdas dan berusaha keluar dari zona nyaman. Mereka akan berjuang untuk melakukan sesuatu sesuai passion-nya. Orang yang dengan tingkat kesuksesan luar biasa adalah yang biasa mengambil langkah-langkah hebat meskipun justru penuh rintangan.

Saat kamu melakukan sesuatu seperti pekerjaan atas dasar kemauan orang tuamu dan kamu sukses, orang tuamu akan bangga dan kamu juga bahagia, itu idealnya, masuk akal dan manusiawi. Akan tetapi, bayangkan jika kejadiannya justru sebaliknya. Saat kamu menuruti kemauan orang tua dan kamu gagal. Apakah kamu akan bahagia?

Pikirkan dengan ketika kamu melakukan sesuatu atas kemauan atau passion-mu dan kemudian kamu sukses besar. Sudah pasti orang tua akan bangga dan bahagia melihat kesuksesan dari potensi terbaikmu.

Pekerjaan besar yang perlu kamu lakukan adalah bagaimana cara membuat orang tua bangga dengan kemampuan dan potensimu, seperti berikut ini.

Pertama, kamu harus sudah tahu apa potensimu.

Hal terbaik apa yang ada pada dirimu yang ingin kamu tunjukkan. Apa yang kamu inginkan dan keinginan apa yang ada dalam jiwamu yang siap kamu kobarkan. Tujuannya adalah agar ketika kamu menyampaikan kepada orang tuamu, mereka bisa menerima alasan yang masuk akal.

Misal, orang tua menginginkanmu menjadi akuntan, sedangkan kamu lebih suka menjadi animator, tentu kamu harus memberikan alasan yang jelas, yang membuat mereka bisa percaya dengan potensimu dan kamu bisa sukses, serta kamu sendiri bisa merasakan bahagia dan nyaman dalam menjalani profesimu.

Pada dasarnya, orang tuamu ingin yang terbaik dalam hidupmu. Mereka hanya khawatir, jika nantinya melihatmu jatuh dan gagal. Yang akhirnya mereka memberikan banyak pertanyaan sebelum kamu membuat keputusan untuk memilih jalamu sendiri. Karena itulah, tugasmu adalah meyakinkan orang tuamu bahwa semuanya akan baik-baik saja dan kamu sanggup menghadapi segala rintangan yang membentang di jalur perjuanganmu.

Kedua, temukan role model yang sesuai dengan passion-mu.

Ada banyak figur di luar sana yang bisa kamu jadikan role model, yang benar-benar memiliki kapasitas mumpuni dalam bidang pekerjaan sesuai passion-nya. Dengan menemukan figur yang tepat sebagai role model, akan membuatmu lebih mudah untuk memberikan contoh kepada orang tuamu. 

Jelaskan dengan sebaik-baiknya, gunakan tutur bahasa yang lugas dan santun. Bisa juga kamu presentasikan dengan cara yang asyk agar membuat mereka bisa mengerti sepenuhnya apa yang menjadi passion-mu. Mereka bisa memahami bahwa kamu memiliki energi yang besar untuk mewujudkan mimpi serta mendapatkan kepercayaan bahwa kamu adalah anak yang bertanggung jawab dengan pilihan hidupnya.

Ketiga, tentukan alternatif bila seandainya ada kegagalan.

Sebenarnya untuk hal yang satu ini tidaklah perlu untuk kamu lakukan, hanya saja hal ini dibutuhkan untuk meyakinkan orang tuamu dengan sebenar-benarnya. Kamu perlu memberikan keyakinan kepada orang tua bahwa plan A sebagai rencana utama kamu mengalami kegagalan, masih ada plan B yang bisa kamu lakukan untuk kebangkitan usahamu. 

Adanya plan B hanyalah agar orang tuamu tidak khawatir dengan apa yang menjadi pilihanmu. Kamu hanya perlu yakin, dengan kerja keras, fokus, dan tekad yang kuat, semua hal yang sudah kamu rencanakan bisa berjalan sesuai harapan dan sukses.

Keempat, sampaikan pilihanmu di waktu dan cara yang tepat.

Sesuatu yang berasal dari hari, pasti akan sampai ke hati. Mengobrollah dengan sepenuh hati agar orang tuamu merasakan kesungguhan niatmu untuk bisa sukses. Berikan pemahaman bahwa dunia berkembang pesat dengan segala kompleksitas sedemikian rupa. Perubahan zaman yang terjadi tentu memberikan banyak warna tantangan dan cara menghadapinya pun tidak lagi relevan jika digunakan hanya dengan cara-cara yang ada pada zamannya.

Baiklah, dari keempat hal di atas, silakan kamu pahami dengan sungguh-sungguh. Kamu tidak perlu menjadi anak pemberontak yang mengatakan orang tuamu kuno. Yang perlu kamu lakukan adalah kompromikan semua hal terkait mimpi dan potensimu dengan cara baik-baik. Saat titik terang sudah ditemukan, kamu akan mendapatkan dukungan penuh dari orang tuamu. Pada akhirnya, orang tuamu akan ridha, doa mengalir tulus, bahkan saya kira orang tua tidak akan segan mengulurkan dana untuk mewujudkan impianmu.


Post a Comment for "Bagaimana Cara Membuat Orang Tua Bangga Dengan Kemampuan dan Potensimu"