Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Daftar Google AdSense dengan Mudah dan Aman - Omah Sinaoe

Cara Daftar Google AdSense dengan Mudah dan Aman - Siapa sih yang gak mau, kalau blog pribadinya bisa diterima google AdSense dan menjadi bagian dari sekian banyak orang yang beruntung menjadi penayang iklan serta mendapatkan pundi-pundi keuntungan yang bisa digunakan untuk menambah gairah hidup? 

Tentu jawabannya sepakat, semuanya berharap kerja keras dalam membangun blog mendapatkan hasil optimal dan menguntungkan bagi pribadi juga keluarga. Namun sayangnya, tidak semudah yang dibayangkan. Kalau istilah Jawa itu, "Sawang sinawang." Ada yang beruntung dalam waktu 2 minggu blog yang diajukan mendapatkan approve, bahkan ada juga yang harus menunggu hingga berbulan-bulan, atau menerima kenyataan pahit bahwa blognya selalu tertolak. Akhirnya bikin lemas dan patah semangat untuk melanjutkan usahanya membangun blog dengan baik. Nah loh, kalian termasuk menjadi orang yang bernasib seperti apa nih?

Sedikit berbagi pengalaman, saat saya berjuang untuk mendapatkan lampu hijau agar bisa bekerja sama dengan google AdSense dan menjadi penayang iklannya.

Semua berawal dari niat untuk berbagi pengetahuan dan wawasan keilmuan yang saya pahami, karena saya sendiri memang lulusan fakultas pendidikan. Harapan untuk bisa lebih bermanfaat selain bekerja sebagai pendidik di sekolah, saya ingin berbagi dengan orang lain tentang apa yang saya pelajari meskipun masih awam tentang banyak hal secara lebih luas. Tetiba terpikir, kenapa tidak? Saya coba membuat blog gratisan dengan embel-embel "BlogSpot", tanpa didasari pemahaman bagaimana membangun blog yang ramah bagi pengunjung.

Cara Daftar Google AdSense dengan Mudah dan Aman - Omah Sinaoe
Cara Daftar Google AdSense dengan Mudah dan Aman - Omah Sinaoe. Foto oleh Pixabay.

Cara Daftar Google AdSense dengan Mudah dan Aman - Omah Sinaoe 

Hari-hari berlalu, saya mencari kenalan yang ikhlas mau direpotin. Saya banyak nanya, gimana bikin artikel yang menarik, membuat tampilan blog yang kekinian dan mudah diakses, dan lain sebagainya meskipun orang yang saya tanya kayaknya nyampe mual buat nampung setumpuk pertanyaan. Kesimpulan yang saya dapat dari banyak obrolan, akhirnya saya coba buat beli domain dengan harga murah, kalau saya gak salah, harganya 150 ribu per tahun. Eits, waktu itu akhir tahun 2020, awal saya membangun blog dengan agak serius. Perjuangannya, saya iringi dengan banyak membaca tutorial di berbagai blog yang sudah ramai dan termonetisasi. Pelan-pelan, saya masih malas dan sangat kurang produktif untuk menghasilkan artikel berkualitas. Ya semua itu karena saya belum sepenuhnya memahami dan menyadari seperti apa mengelola blog yang baik. 

Seiring berjalannya waktu, di awal tahun 2021 saya mulai menekuni, mencoba untuk lebih produktif dan akhirnya memberanikan untuk mengajukan blog agar terdaftar di google AdSense. Semula berjalan lancar, ada perubahan di dashboard AdSense. Akan tetapi, waktu yang cukup lama, hingga sebulan lebih pengajuan blog saya tak kunjung mendapat kejelasan. Tanpa dasar dan pemahaman, akhirnya saya membuat akun AdSense dan mengajukan kembali dengan blog yang sama, yang sebelumnya saya ajukan. Akhirnya seminggu kemudian, notifikasi email yang menerangkan pengajuan blog saya tidak diterima karena kepemilikan akun AdSense ganda. Wah, menyesalnya bukan main. Penyesalan, kenapa saya tidak cukup sabar untuk menunggu kepastian.

Tidak menyerah dan lanjut berjuang. Terhitung, lebih dari belasan kali, mungkin lebih dari dua 20 kali, pengajuan blog saya selalu gagal. Masih bertahan, saya hapus blog permanen dengan jumlah artikel yang lumayan banyak. Saya bangun kembali blog baru dan pasang domain berbayar. Saya ingat betul, jika dihitung, puluhan kali pengajuan, belasan kali ganti template, 4 kali bangun blog dengan domain berbayar, dan artikel yang saya usahakan murni hasil tulisan sendiri. Namun dengan hasil yang sama, "Tim kami sudah meninjau situs Anda, tetapi situs Anda belum siap untuk menampilkan iklan. Ada beberapa masalah yang harus diperbaiki agar situs Anda siap untuk menampilkan iklan." 

Tidak kehabisan akal, saya putuskan untuk berhenti sejenak sambil memperbanyak referensi seputar blog yang layak diajukan bekerja sama dengan google AdSense. Saya tutup semua akun AdSense dan hapus permanen semua blog yang dengan susah payah saya bangun. Dilanjut dengan membersihkan semua history browser yang berhubungan dengan blog dan AdSense.

Awal Oktober 2021, saya bangkit dan niatkan diri untuk ibadah berbagi wawasan keilmuan sesuai kemampuan. Saya bangun blog ini dengan domain seharga 137 ribu dari Rumah web. Tidak berpikir muluk, saya unduh template blog gratisan, saya pasang dan setting agar semua link berjalan aktif tanpa kendala atau error, serta setiap bagian ternavigasi dengan baik.  Artikel baru 9 judul yang saya posting. Saya pastikan tidak lagi berganti template atau hal lainnya yang mengganggu keberfungsian blog. Di akhir bulan November denga

Cara Daftar Google AdSense dengan Mudah dan Aman - Omah Sinaoe

Alhamdulillah, rezeki tidak tertukar, hanya menunggu 2 minggu tepat, awal bulan Desember, saya mendapatkan email yang menjelaskan bahwa, "Selamat, Anda telah mengaktifkan akun AdSense! Situs Anda omahsinaoe.com kini siap menampilkan iklan AdSense dan mulai menghasilkan uang. 


Sekedar berbagi tips buat kalian yang masih berjuang untuk mendapatkan lampu hijau google AdSense.

  1. Perbanyak membaca literatur seputar blog. Ada banyak hal yang perlu dipelajari, bagaimana membangun blog yang ramah dan responsive
  2. Pilih tema atau template blog yang sesuai. Tentunya setiap orang punya passion dan kemahiran menulis yang berbeda. Tema artikel yang akan ditulis haruslah sesuai dengan apa yang kita pahami dan kuasai dengan baik agar nantinya bisa menjaga produktivitas dalam menulis.
  3. Pastikan setiap bagian blog ternavigasi dengan baik dan tidak ada link error. Apabila ditemukan bagian yang error pada blog yang diajukan, pasti menghambat dan akhirnya gagal dalam pengajuannya.
  4. Gunakan domain dari jasa hosting yang terpercaya. Hal tersebut agar tidak menjadi kendala untuk kelancaran dan kecepatan blog saat diakses.
  5. Dengan jumlah artikel yang cukup, ajukan dengan mengisi form AdSense. Pastikan kalian mengisi form sesuai aturan dan hindari kesalahan agar tidak melanggar kebijakan AdSense.
  6. Selama pengajuan, jangan pernah berganti tema atau melakukan perubahan pada html blog. Selain itu, tetap rutin menulis dan unggah artikel yang berkualitas. Pastikan kalian sabar menunggu hasilnya, semoga memuaskan.
Bagi kalian yang sudah berhasil bergabung dengan AdSense dan sudah aktif sebagai penayang iklan, perjuangan masih berlanjut. Google tidak serta-merta memberikan kepercayaan begitu saja, memudahkan kita menayangkan iklan dengan harga yang tinggi. Dalam tahap awal, google akan me-review kualitas blog, apakah tetap berlanjut untuk menayangkan iklan atau harus ditinjau kembali dan menghentikan blog sebagai penayang iklan AdSense.

Cara Daftar Google AdSense dengan Mudah dan Aman - Omah Sinaoe

Sampai sejauh ini, saya mulai menikmati hasilnya. Blog yang saya bangun sepenuh hati mulai mendapatkan kepercayaan yang baik dari google. Traffic pengunjung meningkat dan penghasilan semakin baik. Hasil ini adalah baru permulaan dari tetesan keringat yang jatuh, masih banyak tetesan keringat lainnya yang mesti saya perjuangkan agar semuanya berubah menjadi sesuatu yang menguntungkan. Sukses untuk semua.

Post a Comment for "Cara Daftar Google AdSense dengan Mudah dan Aman - Omah Sinaoe"