Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Pentingnya Pendidikan Karakter Adalah Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter - Omah Sinaoe

Pentingnya Pendidikan Karakter Adalah Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter - Manusia merupakan makhluk yang paling sempurna di antara makhluk lain ciptaan Allah SWT, dengan salah satu kelebihan yang dimiliki ialah diberinya akal pikiran dan hawa nafsu yang tidak dimiliki oleh makhluk lain. Dengan diberikannya akal inilah, manusia diharapkan dapat melaksanakan tugas dengan baik. Namun demikian, untuk melaksanakan tugas dibutuhkan ilmu pengetahuan yang dapat diperoleh melalui pendidikan.

Pentingnya pendidikan karakter adalah bagi manusia agar benar-benar menjadi makhluk yang bisa dididik dan mendidik. Dapat dipahami bahwa manusia bisa disebut sebagai subjek dan objek pendidikan. Selain itu, manusia memiliki potensi untuk berkarya, berubah dari satu keadaan menjadi keadaan lain yang lebih baik. Oleh karenanya, manusia dapat disebut sebagai makhluk pendidikan.

Pentingnya Pendidikan Karakter Adalah Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter
Pentingnya Pendidikan Karakter Adalah Untuk
Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter

Pendidikan  pada  hakikatnya  adalah  memberikan  pengaruh,  bantuan  atau tuntunan dan menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter kepada peserta didik  agar bisa tercapai kedewasaan secara rohani dan jasmani. Dengan  adanya  pendidikan  diharapkan  dapat  mengembangkan masalah kepribadian anak agar bisa bersikap luhur dan mulia. 

Selain itu, pendidikan dapat membantu manusia dalam mengembangkan dirinya dan meningkatkan harkat martabat manusia, sehingga mampu menghadapi setiap perubahan yang terjadi menuju arah yang lebih baik. Maka penting bagi kita memahami kajian tentang hakikat manusia dalam tujuan pendidikan karakter.

Dalam sejarah pertumbuhan masyarakat, pendidikan senantiasa menjadi perhatian utama dalam rangka memajukan kehidupan generasi sejalan dengan tuntutan masyarakat. Pendidikan adalah masalah penting dan menyeluruh dalam kehidupan manusia sepanjang zaman, karena dengan pendidikan manusia menjadi maju, dengan bekal ilmu pengetahuan dan teknologi, manusia akan mampu mengelola alam yang dikaruniakan Allah swt. kepada manusia.

Sejalan semakin pesatnya tingkat perkembangan saat ini, maka pentingnya pendidikan karakter adalah untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter untuk mengimbangi tuntutan akan ketersediaan sumber daya manusia semakin tinggi. Dengan demikian kualitas yang memadai dan output merupakan sesuatu yang harus dihasilkan satuan pendidikan yang tujuan dasarnya adalah menyiapkan manusia-manusia yang berkualitas, baik secara intelektual, integritas, maupun perannya dalam kehidupan bermasyarakat. 

Post a Comment for "Pentingnya Pendidikan Karakter Adalah Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter - Omah Sinaoe"