Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Teks Iklan: Jelaskan Pengertian Teks Iklan dan Contoh Teks Iklan yang Menarik

Teks Iklan: Jelaskan Pengertian Teks Iklan dan Contoh Teks Iklan yang Menarik - Banyak di antara kita yang sering membaca iklan, tetapi tidak mencermati penggunaan bahasanya. Bahkan ada yang terkecoh dengan penggunaan kalimat pada iklan yang sangat meyakinkan kamu untuk membeli atau menggunakan produk. Lantas, bagaimanakah iklan yang proporsional itu? Bagaimanakah iklan yang bagus dan efektif?

Dapatkah Anda jelaskan pengertian teks iklan? Pertanyaan yang sederhana dan tentunya jawabannya pun sederhana. Teks iklan merupakan pesan atau pemberitahuan yang bertujuan untuk membujuk atau merayu khalayak untuk berbuat sesuatu, membeli produk dan bisa juga menggunakan jasa yang ditawarkan. Ada berbagai media yang digunakan untuk menyampaikan iklan seperti koran, majalah, radio, televisi, dan internet .

Teks iklan adalah media promosi yang sangat efektif. Oleh karenanya, contoh teks iklan harus dibuat yang menarik dengan tujuan agar masyarakat tertarik mengenali, membeli atau menikmati barang atau jasa tersebut.

Hal menarik yang harus diperhatikan dalam iklan.

Nah agar Anda bisa jelaskan pengertian teks iklan dengan mudah dan memahami contoh teks iklan yang menarik, maka perlu sekali untuk mempelajari hal menarik berikut ini.

  1. Iklan yang dibuat harus berbeda. Artinya, unsur-unsur iklan yang dibuat harus berbeda dengan produk lain yang dipromosikan. 
  2. Jangan beriklan secara berlebihan. Iklan yang dibuat harus rasional. Meskipun tujuannya agar iklan menjadi lucu, namun jangan sampai menjadi norak yang menimbulkan kesan negatif sehingga orang malas memperhatikan iklan tersebut.
  3. Iklan wajib memiliki kunci visual. Kunci visual berupa keunikan, karakter yang kuat dan berbeda sehingga memiliki nilai jual yang tinggi.
  4. Logo iklan yang dipilih harus menonjol dan mudah diingat. Pentingnya branding untuk meningkatkan kesadaran khalayak atas merek produk yang diiklankan hanya dengan melihat dan mengenali logo meski dari jarak jauh sekalipun.

Teks Iklan: Jelaskan Pengertian Teks Iklan dan
Contoh Teks Iklan yang Menarik


Hal lain yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah iklan antara lain sebagai berikut:

  1. Kalimat singkat dan jelas. Headline yang menarik memiliki fungsi untuk menarik perhatian dengan menahan mata untuk berhenti sejenak melihat produk yang di tawarkan.
  2. Bahasanya mudah dipahami dan menarik. Bahasa yang komunikatif menjadi unsur penting yang perlu disajikan agar memberikan karakter kuat dan nilai jual tinggi.
  3. Gaya tulisan dan visual yang menarik, diyakini memberikan pengaruh positif. Penggunaan warna pada tulisan dan gambar harus diperhatikan, contohnya warna merah memberi kesan berani. Warna diyakini mempunyai dampak psikologis terhadap manusia.

Nah, demikian referensi yang bisa Anda gunakan untuk jelaskan pengertian teks iklan dan memahami contoh teks iklan yang menarik. Berikut materi yang dapat kamu pelajari untuk memahami isi iklan yakni dengan cara menganalisis iklan.

Analisis iklan dapat dilakukan dengan menggunakan 2 kriteria, yakni:

1.  Struktur Isi.

Menurut Bolen (1984), struktur isi iklan terdiri dari

Butir Utama (headline)

Headline adalah bagian terpenting dari sebuah iklan yang berfungsi sebagai penarik perhatian khalayak. Letaknya tidak selalu pada awal tulisan, tetapi merupakan bagian pertama yang dibaca orang. Ditulis dengan ukuran lebih besar, dengan kata-kata yang singkat, persuasif, artistik, dan komunikatif. Headline berfungsi menerangkan produk dan merek, yang disertai gambar yang menarik perhatian khalayak.

Badan (body copy)

Pesan yang hendak disampaikan diuraikan dengan baik pada bagian ini, sekaligus sebagai penjelas dari headline. Bahasa yang digunakan harus menarik, persuasif, mudah dipahami, dan tidak membosankan pembaca.

Penutup (close)

Bagian ini berisi informasi-informasi lain yang berhubungan dengan topik yang diiklankan, Biasanya berisi nomor telepon, cap dagang, dam tempat pelayanan yang bersifat tambahan informasi penting.

2.  Struktur Bahasa

Menurut Stan Rapp dan  Tom Collins (1995), Struktur bahasa iklan berupa struktur kata yang memiliki fungsi sebagai berikut.

  • penggugah, yaitu kata-kata yang digunakan harus dapat menggugah masyarakat agar dapat membaca iklan secara keseluruhan.
  • informatif, artinya kata-kata yang digunakan harus jelas, komunikatif, dan tidak berbelit-belit.
  • persuasif, yakni berupa rangkaian kalimat yang membuat konsumen tertarik dan penasaran.  

Contoh Teks Iklan yang Menarik untuk dipelajari.

Superaid telah memulai bisnis obat antiinfeksi sejak tahun 1945. Saat ini dengan laboratorium obat terbaru yang modern, superaid mampu menghasilkan antiseptik yang ampuh.

Skincare adalah pusat perawatan kulit wanita dengan bahan-bahan dari alam. Kini skincare hadir di Malioboro, pusat bisnis Yogyakarta. Skincare didukung oleh ahli kulit Skincare University London. Skincare buka nonstop dari pukul 08.00-21.00.

Kamu ingin memiliki rambut seperti ekor kuda? Yuk, datang ke Salon Bunga. Salon ini adalah solusi yang tepat. Sekali mencoba akan kamu dapatkan rambut indah seperti ekor kuda.

Demikian beberapa referensi yang bisa dipelajari tentang teks iklan. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Teks Iklan: Jelaskan Pengertian Teks Iklan dan Contoh Teks Iklan yang Menarik"