Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Pertanyaan Tentang Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Menurut Ibnu Khaldun dan Pemikirannya

Pertanyaan Tentang Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Menurut Ibnu Khaldun dan Pemikirannya - Pendidikan berlaku bagi seluruh umat manusia, dan manusia adalah menjadi objek sekaligus subjek pendidikan yang perlu dikembangkan sesuai dengan keberadaan, hakikat kehidupan, dan usia mental belajarnya. Sebab pendidikan bersifat alami bagi manusia. "Ilmu pengetahuan merupakan hal yang alami di dalam peradaban manusia," (Ibnu Khaldun).

Berbicara pertanyaan tentang pendidikan karakter anak usia dini maka boleh kita merujuk kepada sosok Ibnu Khaldun dan pemikirannya menjadi dasar sudut pandang pendidikan modern. Pemikiran tersebut terungkap melalui sejumlah metode yang digagasnya, salah satunya adalah metode kasih sayang atau Al-Qurb Wa Al-Muyanah.

Pertanyaan Tentang Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Menurut Ibnu Khaldun dan Pemikirannya
Pertanyaan Tentang Pendidikan Karakter Anak Usia Dini
Menurut Ibnu Khaldun dan Pemikirannya. Foto: Pixabay.

Ibnu Khaldun menganjurkan agar pengajaran atau pendidikan karakter anak usia dini diberikan dengan metode kasih sayang dan lemah lembut, serta menolak metode kekerasan dan kekasaran dalam pengajaran kepada anak-anak. Namun ditekankan pula bahwa anak-anak jangan terlalu dididik dengan lemah lembut, terutama jika ia bersikap malas dan santai. Jika anak melakukan sikap tersebut bolehlah dilakukan sikap yang lebih tegas.

“Jangan pula terlalu lemah lembut, bila seumpamanya ia membiasakan hidup santai, sebisa mungkin perbaiki ia dengan kasih sayang dan lemah lembut, jika ia tidak mau dengan cara ini Anda harus melakukan dengan kekerasan,” (Harun Ar-Rasyid).

Kekerasan di atas tentu kita sepakat bahwa, pengajaran yang dilakukan dengan cara yang lebih tegas dan disiplin. Bukan berarti dengan cara-cara yang membahayakan bagi keselamatan anak-anak. Oleh karenanya, penting juga bagi kita merujuk kepada Ibnu Khaldun dan pemikirannya dalam upaya mengenali karakter anak yang akan kita beri pengajaran.

Maka terjawab sudah pertanyaan tentang pendidikan karakter anak usia dini, yakni hak tersebut bertujuan untuk membentuk manusia yang baik, manusia yang kelak ketika sudah saatnya bisa memberikan kontribusi yang berguna di masyarakat. Manusia yang mampu berbagi kasih sayang dan saling membantu dengan sesamanya. Maka sudah semestinya, bentuk pengajaran yang dilakukan harus dilakukan dengan cara atau metode kasih sayang dan lemah lembut pula.

Post a Comment for "Pertanyaan Tentang Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Menurut Ibnu Khaldun dan Pemikirannya "