Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

ATP Kurikulum Merdeka PDF Semua Mata Pelajaran Kelas 10 SMK

ATP Kurikulum Merdeka PDF Semua Mata Pelajaran Kelas 10 SMK Terbaru. Foto oleh Ketut Subiyanto

Dalam implementasi kurikulum merdeka, maka kita dikenalkan dengan sebutan ATP Kurikulum Merdeka. Apa itu? Salah satu perangkat pembelajaran yang menjadi dasar penyusunan modul ajar, instrumen perencanaan yang harus disusun oleh Bapak/Ibu guru dengan baik.

Alur tujuan pembelajaran atau ATP Kurikulum Merdeka merupakan rangkaian tahapan atau langkah-langkah yang disusun dan dikembangkan untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Alur ini mencakup proses kegiatan belajar-mengajar yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.

  1. Identifikasi tujuan pembelajaran: Tahapan ini adalah bagian awal yang memuat mengidentifikasi tujuan pembelajaran yang akan dicapai oleh siswa. Tujuan pembelajaran harus spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, serta berorientasi pada hasil.
  2. Perencanaan pembelajaran: Pendidik merencanakan proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Perencanaan diawali dengan pemilihan strategi pembelajaran, sumber belajar, materi ajar, metode pembelajaran, serta asesmen pembelajaran.
  3. Pelaksanaan pembelajaran: Pada tahap ini, pendidik mengimplementasikan rencana pembelajaran yang telah dibuat sebelumnya. Siswa akan aktif terlibat dalam proses pembelajaran atau student center.
  4. Evaluasi pembelajaran: Tahapan berikutnya adalah Lakukan proses evaluasi guna mengidentifikasi keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditentukan sebelumnya. Evaluasi dapat dilakukan dalam bentuk tes, penilaian kinerja, observasi, dan wawancara dengan siswa.
  5. Refleksi: Tahapan terakhir dalam alur tujuan pembelajaran, pendidik dan siswa merefleksikan proses pembelajaran yang telah dilaksanakan. Dari hasil refleksi ini,  pendidik menganalisis untuk memperbaiki perencanaan pembelajaran selanjutnya.
Meskipun belum seluruhnya sekolah melaksanakan kurikulum terbaru ini, saya kira tidak ada salahnya jika saya membantu mengawali untuk berbagi ATP Kurikulum Merdeka dalam bentuk PDF untuk kelas 10 SMK yang bisa dengan mudah bapak/ibu unduh sesuai kebutuhannya.

Berikut ini beberapa ATP yang sudah kami siapkan.

ATP KELAS X BAHASA INDONESIA

ATP KELAS X MATEMATIKA

ATP KELAS X BAHASA INGGRIS

ATP KELAS X PROYEK IPAS

Demikian beberapa file ATP Kurikulum Merdeka untuk semuanya. Pada dasarnya setiap sekolah memiliki kewenangan untuk melakukan penyesuaian alur tujuan pembelajaran sesuai kebutuhan dengan mempertimbangkan ketersediaan saran pembelajaran, intake siswa dan kesulitan materi yang diajarkan. Semoga referensi di atas dapat bermanfaat. Terima kasih. 

Irwan Fyn
Irwan Fyn Seorang Guru dan Blogger Pemula. Terima kasih atas kunjungan Anda, mari ramaikan.

Post a Comment for "ATP Kurikulum Merdeka PDF Semua Mata Pelajaran Kelas 10 SMK"