Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

SIM PKB Guru Penggerak: Bagaimana Cara Daftar dan Motivasi Menjadi Guru Penggerak Yang Menarik

SIM PKB Guru Penggerak: Bagaimana Cara Daftar dan Motivasi Menjadi Guru Penggerak Yang Menarik - SIMPKB adalah sistem yang dibangun untuk memuat informasi yang bermanfaat dalam mengolah data, juga menjadi sentra pengaturan pengelolaan layanan bagi pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.

SIM PKB Guru Penggerak: Bagaimana Cara Daftar dan Motivasi Menjadi Guru Penggerak Yang Tepat
SIM PKB Guru Penggerak: Bagaimana Cara Daftar dan
Motivasi Menjadi Guru Penggerak Yang Tepat

SIM PKB Guru Penggerak

Menurut situs web Sekolah Penggerak, Guru Penggerak adalah pemimpin pembelajaran  yang dibuat untuk berbagi kemampuan peserta didik secara keseluruhan, mulai yang aktif dan agresif, serta mempunyai karakter yang baik sebagai akibatnya bisa  menjadi model bagi rekan pengajar yang lain.

Keterkaitan antara SIM PKB dengan Guru Penggerak merupakan SIM PKB ini dipakai buat aneka macam acara pengembangan guru yang diinisiasi Mendikbud, yakni Guru Penggerak. SIM PKB Guru Penggerak adalah sistem yang dibuat untuk memberikan  informasi seputar data calon Guru Penggerak.

Pendaftaran Guru Penggerak

Guru Penggerak merupakan pemimpin pembelajaran yang menerapkan merdeka belajar dan menggerakkan semua ekosistem pendidikan guna mewujudkan pendidikan yang berpusat dalam siswa. Guru penggerak merupakan katalis peningkatan kualitas proses pendidikan pada sekolah yang akan menggerakkan semua ekosistem sekolah buat mendukung proses dan output belajar siswa. Hasil belajar siswa hanya dimaknai menggunakan nilai-nilai, akan tetapi dalam karakter dan perilaku siswa yang tertuang pada profil pelajar Pancasila.

Guru Penggerak merupakan sejumlah guru terpilih dari semua penjuru Indonesia yang sudah lulus menurut Program Pendidikan Guru Penggerak. Guru Penggerak yang siap sebagai pemimpin pembelajaran dan berperan menjadi agen pendorong transformasi pendidikan pada Indonesia.

Tujuan Guru Penggerak

Guru Penggerak wajib lulus seleksi dan mengikuti Program Pendidikan Guru Penggerak. Program ini akan membentuk guru penggerak yang bisa:

  1. Mengembangkan diri dan guru lain menggunakan refleksi, membuatkan dan kerja sama secara berdikari.
  2. Memiliki kematangan moral, emosi dan spiritual buat berperilaku sinkron dengan kode etik.
  3. Merencanakan, menjalankan, merefleksikan dan mengevaluasi pembelajaran yang berpusat kepada siswa menggunakan melibatkan orang tua.
  4. Berkolaborasi bersama orang tua dan komunitas guna berbagi dengan sekolah dan menumbuhkan kepemimpinan siswa.
  5. Mengembangkan dan memimpin upaya mewujudkan visi sekolah yang berpihak kepada siswa serta relevan menggunakan kebutuhan komunitas sekolah

Peran Guru Penggerak

Guru Penggerak dibutuhkan sebagai katalis perubahan pendidikan pada wilayahnya menggunakan cara, berikut ini.

  1. Menggerakkan komunitas belajar buat rekan guru pada sekolah dan wilayahnya.
  2. Menjadi Guru Praktik bagi rekan pengajar lain terkait pengembangan pembelajaran pada sekolah.
  3. Mendorong peningkatan kepemimpinan siswa pada sekolah.
  4. Membuka ruang diskusi positif dan ruang kerja sama antar pengajar dan pemangku kepentingan dalam dan luar sekolah buat menaikkan kualitas pembelajaran.
  5. Menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong well-being ekosistem pendidikan pada sekolah.

Motivasi Menjadi Guru Penggerak

Mengapa ikut bergabung dalam acara pendidikan guru penggerak (PGP)? Tentu menjadi alasan bagi pengajar supaya terbangun motivasi intrinsik yang bertenaga. Kalau pertanyaan ini sanggup terjawab, maka langkah berikutnya bagaimana cara daftar guru penggerak, bagaimana caranya sanggup lolos seleksi acara guru penggerak dan pertanyaan, serta bagaimana tips lainnya akan terjawab sendirinya secara alamiah.

Pendidikan Guru penggerak ini menjadi bentuk ekspresi sebagai pengajar yang tergerak, bergerak, dan menggerakkan. Pengajar yang akan terus belajar supaya sanggup mengajar menggunakan metode dan model pembelajaran yang lebih baik. Pengajar yang berusaha membuahkan dirinya wajib terus berguna bagi kehidupan orang lain. Pengajar yang sanggup menanggalkan "egonya" dari zona nyaman. Pengajar yang telah terselesaikan program pendidikan guru penggerak dapat memanfaatkan kompetensinya dan siap melakukan aneka macam perubahan. Begitu seterusnya tidak terdapat habis masanya.

Terakhir, seorang pengajar yang ingin ikut bergabung pada acara guru penggerak ini pula bisa memulai menggunakan pertanyaan apa saja sih, yang akan dihasilkan dalam aktivitas pelatihan dan pendampingan.

Dalam laman guru penggerak disebutkan pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang siswa secara holistik. Guru atau pengajar penggerak ini wajib aktif dan kreatif pada berbagai pendidik lainnya buat mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Guru penggerak ini wajib bisa menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan buat mewujudkan profil Pelajar Pancasila.

Cara Daftar Guru Penggerak

Peserta Seleksi Calon Guru Penggerak harus mempelajari cara daftar guru penggerak dengan saksama agar mampu menuntaskan tahapan seleksi dengan optimal. Program Pendidikan Guru Penggerak berupa pembinaan daring, lokakarya, konferensi dan pendampingan selama 9 bulan.

Untuk menjadi guru penggerak, terdapat beberapa kriteria/persyaratan yang harus dipenuhi.

Kriteria Umum

  1. Tidak sedang mengikuti aktivitas diklat CPNS, PPG, atau aktivitas lain yang dilaksanakan secara bersamaan menggunakan proses rekrutmen dan pendidikan guru penggerak.
  2. Guru PNS juga Non PNS baik menurut sekolah negeri juga sekolah swasta.
  3. Memiliki akun pendidik pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik).
  4. Memiliki kualifikasi pendidikan minimal S1/D4.
  5. Memiliki pengalaman minimal mengajar lima tahun.
  6. Memiliki masa Purna mengajar tidak kurang dari  10 tahun.
  7. Memiliki harapan besar sebagai Guru Penggerak.
  8. Program guru penggerak akan ditujukan buat pengajar TK, SD, SMP, SMA, SMK dan SLB.

Kriteria Seleksi

  1. Menerapkan pembelajaran yang berpusat bagi siswa.
  2. Memiliki kemampuan buat penekanan dalam tujuan.
  3. Memiliki kompetensi menggerakkan orang lain dan grup.
  4. Memiliki daya juang (resilience) yang tinggi.
  5. Memiliki kompetensi kepemimpinan dan bertindak berdikari.
  6. Memiliki kemampuan buat belajar hal baru, terbuka dalam umpan balik, dan terus memperbaiki diri.
  7. Memiliki kemampuan berkomunikasi secara efektif dan mempunyai pengalaman berbagi dengan orang lain.
  8. Memiliki kedewasaan emosi dan berperilaku sinkron dengan kode etik.

Beberapa catatan yang perlu diperhatikan pada saat mengerjakan Esai Calon Guru Penggerak sebagai berikut.

  1. Jawaban wajib berbasis pengalaman sendiri bukan pengalaman orang lain.
  2. Jawaban wajib dipertanggung jawabkan dalam waktu wawancara Seleksi Tahap 2.
  3. Hindari Plagiarisme alias copy paste jawaban orang lain, apabila ditemukan plagiarisme dari Guru Penggerak maka telah dipastikan gugur pada tahap 1.
  4. Setiap Soal mempunyai disparitas jumlah karakter alfabet yang wajib diketik dalam kolom jawaban antara 5000 - 7000 karakter.
  5. Usahakan waktu kita mengerjakan soal esai jangan langsung ke inti permasalahan, tetapi berikan dulu citra secara generik buat mengejar jumlah karakter alfabet yang terdiri ribuan alfabet targetnya.

Nah, untuk menjadi guru penggerak, guru wajib mengikuti pendidikan guru penggerak selama 6 bulan (sebelumnya 9 bulan). Ketika mengikuti acara pendidikan ini, peserta yang lolos akan memperoleh fasilitas sebagai berikut ini.

  1. Pendidikan Guru Penggerak selama 6 bulan dan pengembangan kompetensi berupa Lokakarya Bersama.
  2. Peningkatan kompetensi menjadi pemimpin pembelajaran yang berpusat kepada siswa.
  3. Pengalaman belajar berdikari dan grup terbimbing, terstruktur, dan menyenangkan.
  4. Pengalaman belajar beserta rekan pengajar lain yang sama-sama lolos seleksi acara guru penggerak.
  5. Pengalaman bimbingan/mentoring dari guru praktik (pendamping) pendidikan guru penggerak.
  6. Mendapatkan komunitas belajar baru.
  7. Mendapatkan sertifikat pendidikan 306 JP dan Piagam Guru Penggerak.
Adapun selama acara guru penggerak ini pula, peserta akan menerima dukungan antara lain, donasi paket data buat pembinaan daring (online). Biaya transportasi, konsumsi, dan akomodasi bila dibutuhkan untuk aplikasi Lokakarya (sesuai kebutuhan). Peserta akan menerima materi-materi terkait kurikulum guru penggerak, pengetahuan dan pengalaman yang sangat mendukung untuk merampungkan berbagai macam permasalahan yang dihadapinya khususnya pada persoalan menghadapi pembelajaran.

Post a Comment for "SIM PKB Guru Penggerak: Bagaimana Cara Daftar dan Motivasi Menjadi Guru Penggerak Yang Menarik"