Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Latihan Soal Pretest PPG Online 2022, Tes Kompetensi Kepribadian dan Sosial

Siapkah Anda mengikuti seleksi akademik PPG Dalam Jabatan tahun ini? Persiapan apa saja yang sudah Anda lakukan agar bisa sukses seleksi kali ini? Pertanyaan dasar tersebut sekilas terdengar sederhana namun Anda harus benar-benar serius untuk mempersiapkan banyak hal. Sudahkah Anda mencoba latihan soal pretest ppg online, tes kompetensi kepribadian dan sosial?

Latihan soal pretest ppg online. Foto: Pixabay

Perlu Anda ingat dengan saksama, ada tiga (3) hal besar dalam pelaksanaan seleksi Akademik tahun ini yaitu adanya koordinasi peserta dengan pengawas, uji coba aplikasi SEB PPG oleh peserta pada pukul 08.00-16.00 WIB (4 sesi), dan pelaksanaan seleksi akademik. Tiga agenda tersebut akan dilakukan secara bertahap dari periode I hingga 5.

Dalam seleksi akademik PPG Dalam Jabatan, ada tiga jenis tes yang harus Anda tuntaskan dengan baik agar bisa lolos ke tahap selanjutnya yaitu pendidikan PPG Dalam Jabatan yang dilaksanakan selama 3 bulan. Ada tes kompetensi pedagogik, tes kompetensi kepribadian dan sosial, serta tes kompetensi profesional.

Untuk kali ini, saya sudah siapkan 51 contoh latihan soal pretest ppg online kategori tes kompetensi kepribadian dan sosial. Penting bagi Anda untuk memulainya dengan persiapan yang baik.

1.  Teman – teman menilai saya sebagai orang yang dalam berhubungan dengan orang lain...

a.  Cepat berubah pikiran

b.  Membutuhkan waktu lama untuk mengenal secara dekat dengan orang lain

c.  Selalu memberi masukan secara langsung saat ada perilaku orang lain yang kurang sesuai

d.  Suka memberi masukan secara langsung saat ada perilaku orang laon yang kurang sesuai

e. Mudah menyesuaikan diri serta mampu menjelaskan dengan rinci bilamana ada perbedaan

 

2. Kemampuan untuk mencipatakan, memiliki daya cipta atau mampu menciptakan sesuatu yang baru baik berupa gagasan maupun alat yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya dalam pembelajaran merupakan sikap kreatif guru ketika menyampaikan ilmu kepada siswa. Model yang sesuai dengan sikap kreatif memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar IPS SD adalah...

a.  Problem based learning

b.  Contextual teaching learning

c.  Project based learning

d.  Open inquiry

e.  Cooperative learning

 

3. Anda memiliki beban mengajar yang tinggi dalam seminggu. Disamping itu, Anda menjadi salah seorang pengurus inti koperasi sekolah untuk kesejahteraan warga sekolah. Apa yang Anda lakukan?

a. Saya berbagi tugas dengan pengurus inti lainnya dalam mengelola koperasi, sehingga tidak mengganggu tugas mengajar

b. Saya mengutamakan tugas mengajar, dengan sedikit mengabaikan tugas sebagai pengurus kepala sekolah

c. Saya melaksanakan tugas mengajar yang diselingi dengan melaksanakan tugas- tugas pengurus koperasi sekolah.

d.  Saya berusaha menolak penugasan koperasi sekolah karena bisa mengganggu tugas mengajar.

e. Saya mengutamakan tugas pengurus koperasi sekolah, walaupun tugas mengajar kurang terlaksana

 

4. Seorang siswa bercerita kepada guru, kalau dia merasa ditipu oleh temannya yang sudah menjanjikan kalau akan mengajari matematika sebagai persiapan ujian tengah semester. Tapi pada hari yang telah disepakati temannya tidak datang dengan alasan ada urusan mendadak. Siswa tersebut merasa kecewa karena temannya tidak menepati janji, hingga nilainya menjadi jelek. Walaupun sebelumnya keduanya bersahabat, saat ini mereka tidak saling bertegur sapa. Jika seandainya Anda adalah mendapat cerita tersebut, apa yang Anda lakukan?

a. Memberitahukan pada salah satu pihak bahwa temannya tidak membantu karena perihal yang penting. Selain itu urusan belajar merupakan urusan masing – masing.

b. Memanggil keduanya, serta memberikan nasehat – nasehat agar keduanya bersahat dan saling membantu.

c. Memberitahukan pada salah satu pihak bahwa, karena tidak jadi membantu temannya, temannya mendapat nilai jelek serta mendorongnya untuk meminta maaf.

d. Memfasilitasi pertemuan diantara keduanya untuk membangun saling kesepahaman mengenai masalah tersebut dan jalan penyelesaiannya

e. Cukup didengarkan saja keluhan itu dengan baik, dan menyarankan untuk dapat diselesaikan secara mandiri

 

5. Sebagai seorang ketua kelompok kerja guru, ketika membagi tugas kelompok daya akan...

a.  Membagi tugas berdasarkan pengalaman yang dimiliki teman – teman.

b.  Membagi tugas dengan sama rata untuk semua teman

c. Memberikan kebebasan pada anggota untuk memilih bagian mana yang sanggup untuk dikerjakan

d.  Mengerjakan tugas yang sulit terlebih dahulu bersam a- sama, baru membagi kelompok sesuai dengan strategi saya sebagai ketua agat pekerjaan selesai.

e. Membagi tugas dengan memperhatikan minat dan kompetensi setiap anggota sehingga dapat melaksanakan tugas dengan baik

 

6. Para siswa berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda mencakup budaya, nilai–nilai, tingkat ekonomi, maupun tingkat pendidikan orang tua. Terhadap berbagai perbedaan itu, sikap guru sebaiknya adalah....

a.  Mengelompokkan siswa sesuai dengan kondisi serta latar belakang yang sama

b. Menampilkan sikap yang wajar terhadap perbedaan – perbedaan pemikiran, sikap, dan perilaku anak didiknya.

c. Berpandangan bahwa segala perbedaan siswa merupakan fakta yang tidak dapat dihindari.

d. Mengurangi perbedaan – perbedaan itu dan mengutamakan keseragaman.

e. Peka terhadap perbedaan dan berperan menumbuhkan sikap saling menghargai antara siswa satu dengan lainnya

 

7.  Terdapat peserta didik yang mengadu kepada guru, bahwa ia selalu melakukan tugas piket kebersihan kelas sendiri. Anggota yang lain tidak mau terlibat membersihkan kelas. Mereka memaksa dan mengancam jika melaporkan tersebut pada wali kelas. Sebagai guru yang mengetahui hal tersebut, apa yang akan Anda lakukan?

a. Memberikan hukuman kepada seluruh anggota piket kebersihan karena tidak dapat membangun kerjasama yang baik dalam tugas yang menjadi tanggung jawab

b. Guru melakukan evaluasi keterlibatan siswa terkait kegiatan piket kebersihan kelas serta menyampaikan hasilnya agar menjadi perhatian seluruh siswa untuk terlibat dalam tanggung jawab tersebut.

c.  Memberikan teguran kepada siswa yang tidak mau terlibat dalam kegiatan piket kebersihan kelas agar siswa yang rajin tidak terpengaruh dan dia tidak mengulangi perbuatannya.

d. Merekomendasikan guru BK untuk melakukan konseling kelompok untuk mengajarkan keterampilan bekerjasama dengan orang lain dalam suatu kelompok

e. Memfasilitasi pertemuan bersama agar terjadi komunikasi antar anggota kemlompok piket kebersihan sehingga anggira menyadari tugas masing – masing ketika jadwal piket kebersihan kelas berlangsung

 

8.  X adalah guru di salah satu SD favorit. X mempunyai seorang teman guru yang pernah menolongnya. Suatu ketika X mengetahui bahwa teman tersebut berbohong kepada beberapa wali murid yang dapat mencemarkan nama sekolah. Jika X melapor pada kepala sekolah , maka kasusnya akan ramai dan tem a- teman tesebut bisa mendapatkan sanksi. Namun bila tidak melapor, lambat laun nama sekolah akan tercemar dan banyak wali murid yang dirugikan. Terkait hal ini, menurut Anda yang sebaiknya dilakukan si X adalah....

a.  Diam saja, karena kalau melaporkan kepada kepala sekolah, baik si X maupun temannya akan mendapat masalah.

b. Mengingatkan temannya dengan mengatakan kalau melakukan lagi, maka ia akan melaporkan ke pihak sekolah.

c. Mengingatkan temannya untuk itdak mengulangi perbuatannya dan membantu mencari solusi atas masalah yang terjadi.

d.  Meminta temannya untuk mengaku kesalahan di depan kepala sekolah.

e. Mengajak dan menemani teman melapor pada kepala sekolah dan membantu mencari solusi

 

9. Seringkali seorang guru harus menjalankan tugas yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan dan keterampilan. Apa tanggapan Anda bila menerima tugas seperti ini?

a.  Hanya akan bekerja bila seusuai dengan pendidikan dan keterampilan saya.

b.  Saya akan melaksanakan namun tidak menjamin hasil kerja saya

c. Saya kan melaksanakan setelah menyampaikan pada pimpinan bahwa sebenarnya itu di luar bidang ilmu dan keterampilan saya.

d. Saya akan menjalankan sepenuhnya, sekalipun harus menguatkan hati untuk melaksanakannya

e. Menjalankan tugas dan mengganggap sebagai kesempatan untuk belajar pada bidang yang belum pernah saya geluti

 

10. Di wilayah Anda mengajar ada komunita GTT (Guru Tidak Tetap) yang terwadahi dalam PGRI. Melakukan penggalangan dana sukarela untuk berjuang ke Jakarta mengusulkan ke pemerintah agar  diangkat sebagai PNS. Jika Anda adalah guru PNS yang telah menerima tunjangan profesi, apa yang akan Anda lakukan?

a.  Mendukung sepenuhnya penggalangan dana itu dengan mengajak teman guru PNS lainnya untuk berpartisipasi dalam penggalangan dana.

b. Memberi nasehat kepada teman guru GTT untuk tidak terlalu berambisi diangkat sebagai PNS karena pengangkatan PNS ada aturannya.

c. Menaruh simpati terhadap upaya penggalangan dana itu meskipun tidak harus memberikan kontribusi dalam bentuk uang.

d. Berpartisipasi aktif dalam penggalangan dana itu agar memperoleh dana yang cukup dan mampu membayar perwakilan GTT ke Jakarta

e. Mengusulkan kepada  pengurus PGRI daerah agar membayar perwakilan GTT untuk pergi  ke Jakarta menyampaikan aspirasinya.

Demikian, ada 51 soal atau latihan soal pretest PPG online jenis tes kompetensi kepribadian dan sosial yang bisa dipelajari. Agar lebih mudah, silakan unduh file melalui link berikut.

LATIHAN SOAL PRETEST PPG ONLINE 2022, TES KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN SOSIAL

Semoga bermanfaat.


Post a Comment for "Latihan Soal Pretest PPG Online 2022, Tes Kompetensi Kepribadian dan Sosial"