Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Belajar Menjadi Blogger untuk Pemula: Hindari Kesalahan Blogger Pemula

Setiap orang memiliki potensi yang jika dimaksimalkan akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Seperti halnya belajar menjadi blogger untuk pemula. Begitu pun dengan saya pribadi, yang sebelumnya awam tentang blogging, kini konsisten berbagi pengetahuan dan pengalaman sebagai blogger di Omah Sinaoe.

Belajar menjadi blogger untuk pemula tidaklah sulit seperti yang dikira, namun tidak bisa juga dikatakan mudah. Karena bukan hanya soal kecerdasan, melainkan tentang komitmen dan konsistensi Anda dalam melakukannya. Seorang filsuf Islam, Muhammad Iqbal juga mengatakan, "Kualitas hidup seseorang ditentukan oleh kesungguhan niat, bukan otak yang cemerlang."

Belajar Menjadi Blogger untuk Pemula. Foto: Pixabay

Ada banyak referensi yang bisa Anda pelajari dari media online dan cetak. Jika Anda mampu fokus dan menghindari kesalahan blogger pemula, keberuntungan bisa Anda dapat seperti memiliki blog aktif penayang iklan adsense yang menghasilkan uang.

Ada beberapa tips, belajar menjadi blogger untuk pemula dengan menghindari kesalahan blogger pemula yang bisa Anda pelajari.

1. Tujuan yang jelas

Menjadi blogger harus memiliki tujuan yang jelas, bukan sekedar berbagi tulisan yang ingin dibaca oleh orang lain. Artinya, buatlah konten dengan tema khusus yang sesuai dengan kompetensi Anda agar nantinya tidak kesulitan dalam mengembangkan blog.

Hal lain yang sangat penting untuk dipertimbangkan adalah Anda berniat blogging biasa atau lebih dari itu. Karena setiap tujuan akan memberikan dampak motivasi yang berbeda, seperti ingin menjadi blogger yang menghasilkan uang.

Kemudian, kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula adalah minimnya pemahaman mereka tentang blogging yang akhirnya sekedar coba-coba. Dampak buruknya tentu blog yang dibangun memiliki trafik pengunjung rendah dan sulit berkembang.

2. Pelajari artikel SEO friendly

Perlu diingat bagi Anda yang sedang belajar menjadi blogger untuk pemula, bukan soal kuantitas melainkan kualitas yang utama. Kesalahan fatal jika dikira dengan mengunggah konten setiap hari tanpa didasari SEO bisa memberikan trafik pengunjung yang baik. Justru sebaliknya, Anda hanya akan menerima kenyataan bahwa artikel Anda tidak diminati, bisa jadi karena sulit ditemukan atau tidak terindeks oleh mesin pencarian google.

Anda harus mempelajari dasar artikel SEO friendly, sehingga konten-konten yang diunggah memiliki kualitas baik dan mampu bersaing dengan konten yang ditulis oleh orang lain. Ada banyak referensi yang bisa Anda pelajari dengan sungguh-sungguh.

3. Bangun komitmen dan konsistensi yang kuat

Motivasi dasarnya adalah kuat-lemahnya komitmen dan konsistensi Anda untuk membangun blog yang berkualitas. Faktanya, banyak dari mereka yang belajar menjadi blogger untuk pemula menyerah dan memutuskan berhenti untuk blogging. Karena blog yang mereka bangun sepi pengunjung dan tidak berkembang.

Penting bagi Anda yang baru memulai, konsistensi membuat artikel yang SEO frendly. Bisa jadi pembaca akan semakin tertarik untuk berkunjung ke blog Anda karena ada artikel-artikel baru yang bisa dinikmati. Semakin rutin dan konsisten dalam mengunggah artikel, maka reputasi blog Anda di mata google juga akan semakin meningkat, sehingga memberikan dampak yang menguntungkan bagi Anda.

Nah demikian tips yang patut Anda coba yang baru belajar menjadi blogger untuk pemula. Selain blogging dengan tujuan berbagi pengetahuan, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan atau passive income dari blog jika mampu berkembang dengan baik. Ingat, hindari kesalahan blogger pemula agar nasib blog Anda tidak seburuk seperti yang lainnya. 

Post a Comment for "Belajar Menjadi Blogger untuk Pemula: Hindari Kesalahan Blogger Pemula"