Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Monetisasi YouTube Adalah Cara Menghasilkan Uang Dengan Cepat Dari YouTube

Daftar isi

Cara menghasilkan uang dengan cepat dari YouTube. Foto: Pixabay

Ini sangat menarik ketika kita membahas cara membuat aliran pendapatan YouTube. Apakah sulit? Tentu tidak jika kita mempelajari dan mencobanya. Ada banyak cara untuk menghasilkan uang, salah satunya monetisasi YouTube. Monetisasi YouTube adalah cara menghasilkan uang dengan cepat dari YouTube.

Cara Monetisasi YouTube

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menghasilkan uang, antara lain:

  1. Bergabunglah dengan YouTube Parner Program. Bergabung dengan channel YouTube untuk mendapatkan akses monetisasi, yang nantinya bisa menampilkan iklan di video kita. Kita akan menghasilkan uang ketika iklan diklik atau dilihat.
  2. Gunakan YouTube untuk mempromosikan produk dan layanan. Contoh: Menjual produk, mempromosikan layanan atau mempromosikan bisnis kita.
  3. Menerima sponsor untuk beriklan iklan dalam video kita.
  4. Menerima dukungan finansial dari subscriber. Dukungan ini dapat diberikan melalui platform seperti patreon.com atau trakteer.id.

Misalnya cara menggunakan YouTube untuk promosi dan penjualan. Katakanlah kamu menjual produk dengan keuntungan 100.000 rupiah. Jika kamu dapat menjual 100 produk, kamu dapat memperoleh keuntungan hingga 10 juta. Atau jual jasa dengan harga 2 juta rupiah per pesanan. Kamu telah menerima 10 juta dengan 5 pesanan.

Monetisasi YouTube adalah hal yang sangat menarik bagi pemula sekalipun. Sebagian besar pengguna YouTube cenderung fokus mengikuti YouTube Partner Program. Ini adalah cara menghasilkan uang dengan cepat melalui YouTube. Hal tersebut sangat bagus tetapi ada opsi lain yang dapat digunakan selain YouTube Partner Program.

Oleh karena itu ada syarat yang harus dipenuhi untuk dapat mengikuti YouTube Partner Program. Channel YouTube yang diperlukan harus memiliki setidaknya 1000 subscriber dan 4000 jam tayang. Persyaratan ini sebenarnya sangat sulit tetapi bukan berarti kita tidak bisa mencapainya. Seiring berkembangnya channel YouTube, meskipun pada awalnya tidak mudah, nantinya akan mudah untuk mendapatkan 1.000 subscriber dan 4.000 jam tayang.

Di bawah ini adalah rahasia mendapatkan 1000 subscriber dan 4000 jam tayang.

  • Kembali ke dasar-dasar tentang jumlah subscriber yaitu pada kualitas konten yang menarik dan promosi channel YouTube yang kuat.
  • Kita dapat menggunakan strategi dengan menambah jumlah subscriber dan waktu/durasi tonton untuk menambah jumlah jam tayang.

Berikut di bawah ini contoh perhitungan sederhana.

  1. Misalnya penonton channel YouTube menyaksikan video hingga durasi 5 menit. Itu berarti kamu memiliki 5000 menit atau 83 jam jika kamu memiliki 1000 penonton.
  2. Bayangkan Anda dapat meningkatkan durasi waktu jam tayang rata-rata menjadi 7 menit. Dengan cara yang sama ada sekitar 116 jam atau 7000 menit yang bisa Anda peroleh.
  3. Di sini, PR-nya adalah untuk menambah jumlah viewer di channel tersebut. Jika kamu mendapatkan 60.000 pemirsa untuk menonton setiap 5 menit maka kamu memiliki lebih dari 4000 jam waktu menonton.
  4. Harap dicatat bahwa total 4000 jam ini adalah gambaran umum selama 12 bulan terakhir. Jadi jika kamu memiliki banyak video, maka semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan jumlah jam tayang dan subsciber yang lebih banyak.

Monetisasi YouTube adalah program yang mudah untuk dipelajari dan patut dicoba. Ketika channel Anda memiliki 1000 pelanggan dan 4000 jam tayang, Anda akan diberi tahu melalui channel YouTube dan email. Saat kamu menerima pemberitahuan Anda dapat mendaftar ke YouTube Partner Program. Ya kamu dapat menggunakan YouTube Analytics untuk melihat berapa jumlah durasi jam tayang di channel kamu.

Beberapa orang terkadang bosan untuk mendapatkan 1000 subscriber dan 4000 jam tonton dalam durasi waktu yang lama, dan monetisasi YouTube adalah proses yang harus dijalani dengan daya juang yang kuat. Jadi untuk tetap termotivasi hingga Anda mencapai level itu, mulailah menghasilkan uang dari channel YouTube dengan cara lain. Misalnya mempromosikan bisnis/produk di YouTube. Ketika Anda mendapatkan imbalan dari penjualan melalui YouTube kamu pasti akan semangat melanjutkan perjuangan. Agar perjalanan Anda tidak terasa berat dan semangat mengelola channel tetap terjaga.

Mendaftar YouTube Partner Program

Katakanlah ada notifikasi yang menjelaskan bahwa Anda memiliki 1000 subscriber dan 4000 jam tonton. Kemudian kamu dapat bergabung dengan YouTube Partner Program. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka channel YouTube Studio Anda dan klik menu Monetisasi di sisi kiri halaman.
  2. Setelah kamu berada di bilah monetisasi, Anda harus mengikuti beberapa langkah berikutnya.
  3. Isi informasi yang diperlukan, lalu buat akun Google AdSense. Kemudian Anda dapat melanjutkan mendaftar. Channel YouTube Anda akan ditinjau nantinya.
  4. Proses peninjauan dapat memakan waktu mulai dari beberapa hari hingga satu bulan. Hasilnya akan disampaikan melalui email Anda.
Apabila channel Anda lolos review, Anda dapat langsung mengaktifkan fitur monetisasi di channel YouTube. Namun jika aplikasi ditolak, Anda dapat mencoba lagi setelah memperbaiki channel-nya. Berikut adalah kunci keberhasilan proses pengujian channel Anda, di antaranya:
  1. Pastikan kamu berusia minimal 18 tahun.
  2. Pastikan channel Anda aman tidak aturan atau Google Adsense. Banyak YouTuber yang gagal karena konten channelnya melanggar ketentuan. Misalnya berisi dengan hak cipta pihak musik musisi lain secara ilegal, memakai video ulang dari sumber lain, dan lainnya. Jika semua aman, kesempatan lolos review YouTube Partner Program akan lebih besar.

Mengaktifkan Iklan di Channel YouTube

Setelah berlangganan YouTube Partner Program, Anda dapat mengaktikan fitur monetisasi di channel semudah langkah sebelumnya. Jendela baru akan muncul saat Anda mengunggah video baru, lalu aktifkan opsi monetisasi. Kemudian Anda dapat menentukan jenis iklan yang akan ditampilkan pada video. Untuk video lama yang sudah diunggah sebelumnya, Anda bisa aktifkan monetisasi dengan cara berikut.
  1. Buka YouTube Studio lalu masuk ke menu konten Anda.
  2. Daftar video yang diunggah akan ditampilkan. Perhatikan bagian tentang monetisasi. Pilih opsi on untuk monetisasi pada setiap video Anda.
Pekerjaan selanjutnya adalah meningkatkan jumlah tontonan video-video yang diunggah dan dimonetisasi. Sebab semakin tinggi jumlah views yang didapatkan, maka Anda berpeluang mendapatkan penghasilan yang lebih besar. Demikian cara menghasilkan uang dengan cepat, monetisasi YouTube Adalah pilihan yang sangat direkomendasikan bagi Anda. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Monetisasi YouTube Adalah Cara Menghasilkan Uang Dengan Cepat Dari YouTube"