Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Blogger Menghasilkan Uang, Dijamin Cuan

Beberapa bulan lalu, tepatnya di akhir tahun 2021, saya mulai menekuni blog. Dengan pengetahuan saya yang masih awam benar, saya belajar secara otodidak. Banyak literature tentang blogging yang saya baca dari berbagai website dan youtube. Berawal dari obrolan santai bersama teman yang menceritakan kesibukannya sehari-hari, berkutat dengan blog yang luar biasa berkembang dan menghasilkan banyak cuan. Ending-nya, saya jadi tertarik ikutan nge-blog.

Cara Membuat Blogger Menghasilkan Uang. Foto: Pixabay

Semula saya kesulitan membangun blog, apalagi ekspektasi saya udah jauh banget, gimana cara membuat blogger menghasilkan uang, Hhee. Pasalnya saya tidak paham tentang SEO, gimana bikin desain blog yang ramah buat pengunjung. Intinya, serba gak tahu deh waktu itu. Tak menyurutkan semangat, saya mulai belajar banyak hal tentang blogging, dan semoga saya tetap konsisten membangun blog ini.

Sebulan setelah saya memulai nge-blog, dengan bekal yang masih minim, saya coba buat daftarin blog ikut google adsense. Saya kira juga ini terlalu cepat, tapi… eh memang sudah rezeki saya, akhirnya diterima juga tuh. Mantap, blog saya konsisten mulai menampilkan iklan hingga kini. Nah, berikut ini sedikit tips dari saya gimana cara membuat blogger menghasilkan uang berdasarkan pengalaman awam.

1. Membuat Blog

Logikanya, cara membuat blogger menghasilkan uang, berarti Anda harus memiliki blog terlebih dahulu bukan? Jadi buat blog dulu. Bagi banyak blogger baru mungkin ini sulit dilakukan. Tapi tidak juga, asal serius saja. Mulailah memilih platform yang Anda suka. Ada banyak platform. Tapi saya lebih suka dua platform populer seperti blogger.com atau wordpress.org. Berikut hal terpenting saat membuat blog yang perlu diperhatikan.

  • Blog yang dibuat haruslah ramah
  • Digunakan oleh banyak orang dan blog mudah diakses.
  • Tunjukkan tampilan yang jelas dan menarik
  • Pilih blog dan Anda membutuhkan blog gratis atau berbayar, itu pilihan.
  • Membuat blog tidak sekedar wacana tetapi harus ditekuni dengan serius.

2. Temukan nama domain atau alamat blog Anda

Langkah kedua yang perlu kamu lakukan adalah menentukan nama domain atau alamat blog. Apakah perlu? Tentu saja, karena dari sinilah sebuah branding blog terbentuk. Apakah blog yang Anda buat gratisan atau berbayar.

Jadi hanya tips mudah untuk mengingat nama domain yang memberi tahu siapa pemilik blog ini dan yang paling penting jangan menggunakan nama domain lebay. Pastikan nama domain terkait dengan judul blog. Misalnya blog saya www.omahsinaoe.com yang memiliki tujuan pembelajaran dan konten pembelajaran yang memberikan motivasi belajar yang hebat.

3. Gunakan domain TLD atau berbayar

Mengapa saya merekomendasikan domain TLD atau domain tingkat atas? Salah satu cara membuat blogger menghasilkan uang berdasarkan pengalaman adalah dengan memiliki blog yang sudah memiliki domain TLD. Mengapa?

Contoh blogger dengan domain TLD seperti www.omahsinaoe.com akan terlihat lebih profesional. Beberapa perusahaan atau organisasi tidak menyetujui blog yang menggunakan situs yang dimiliki secara gratis seperti www.blogspot.com. Maka, jika kamu serius berpikir untuk menghasilkan uang, blogging di domain TLD.

Keuntungan lain memiliki domain TLD adalah blog memiliki akses lebih luas di Internet karena Google melihatnya sebagai alat yang tepercaya. Ya kamu dapat membeli alamat domain TLD dari banyak penyedia domain.

4. Ciptakan sesuatu yang berkualitas dan bermanfaat

Jika Anda sudah memiliki blog, pada langkah selanjutnya ubah domain Anda menjadi TLD dan buatlah konten blog yang bermanfaat. Ingin tahu bagaimana membuat sesuatu yang baik?

Saya masih belajar bagaimana membuat konten yang berkualitas. Tapi berdasarkan pendapat para blogger lawas, cara membuat blogger menghasilkan uang, konten yang berkualitas sedikit banyak dimaknai apa yang kita tulis bisa menginformasikan kepada pembaca. Artikel kita dapat menjadi solusi atas permasalahan pembaca.

Ya saya sering ditanya, seberapa bagus isi artikel yang ditulis?

Yah saya tidak terlalu peduli. Pokoknya setidaknya saya menulis terlebih dahulu dengan mengalir sebagai modal utama. Informasi dari penulis lawas sih, artikel bagus itu minimal terdiri lebih dari 300 kata atau 1500 karakter.

Dan hal terpenting bagi saya dalam menulis artikel adalah dapat membantu menginspirasi perubahan dalam kehidupan orang lain. Sekaligus, pengaruh dari kualitas konten yang baik akan menarik pembaca untuk mengunjungi blog Anda.

5. Tampilan Blog Wajib Menarik

Anda harus tahu bahwa cara membuat blogger menghasilkan uang adalah dengan adanya tampilan cantik dalam desain blog dan sederhana tanpa terlalu banyak warna dan rapi. Berdasarkan sumber buku Blogging Have Fun And Get The Money karya Carolina Ratri, berikut kriteria tampilan blog yang menarik.

  • Template blog Keren
  • Latar belakang atau background putih lebih disukai.
  • Template yang dirancang dengan sidebar atau widget berada di sebelah kanan. Ini kaitannya dengan teknik SEO.
  • Template responsif dan pemuatan/loading cepat
  • SEO friendly. Anda dapat membeli template premium. Model premium berharga sekitar Rp 100 - 200 ribu dan bahkan lebih. Pastikan sesuai dengan anggaran kamu.
  • Mudah digunakan atau User Friendly. Artinya ketika pengunjung membaca blog Anda mereka tidak akan terganggu dan ternavigasi dengan baik yang idealnya berada di sudut atas, dan banyak lagi.

6. Pelajari Teknik SEO

Bahkan jika Anda seorang blogger pemula mempelajari teknik SEO adalah salah satu langkah terpenting yang dapat Anda lakukan sebagai cara membuat blogger menghasilkan uang di situs web atau blog Anda.

Seberapa hebatnya menggunakan teknik SEO di blog kita?

SEO atau Search Engine Optimization adalah cara mudah untuk mempelajari bagaimana membuat konten Anda dapat dicari oleh mesin pencari sehingga konten yang Anda buat di blog dapat mencapai kualitas tertinggi dari halaman Google.

Jika satu atau lebih dari posting-an kita menyentuh halaman pertama dapat berpengaruh terhadap penghasilan blog yang semakin besar, Ini terutama berlaku untuk blogger yang telah menyiapkan Google Adsense dalam blog pribadi. Tidak hanya kualitas artikel di halaman depan yang dapat diandalkan Karena begitu banyak orang yang mencarinya maka artikel Anda mungkin berada di bagian atas halaman yang berarti akan bermanfaat untuk konten Anda dalam blog.

7. Bergabunglah dengan Komunitas Blogger

Penting juga untuk bergabung dengan komunitas blogging untuk meningkatkan wawasan akan dunia blogging. Bergabung dengan komunitas blogger memudahkan dalam mencari informasi tentang blogging yang berkualitas.

8. Tambahkan merek atau brand Anda untuk menjadi seorang blogger

Apakah penting untuk mengklasifikasikan diri Anda sebagai seorang blogger? Tidakkah orang akan tahu siapa Anda, jika tidak secara logis menampilkan diri kepada masyarakat umum?

Media sosial kini menjadi platform terbaik untuk membangun personal branding. Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah menghubungkan blogger dan teman-teman kamu di media sosial atau memindahkan artikel kamu ke semua media sosial untuk berbicara dengan mereka tentang membuat blogger.

9. Tingkatkan Traffik Blog

Salah satu cara membuat blogger menghasilkan uang adalah mendatangkan pengunjung ke blog kita. Sangat mustahil jika Anda ingin mendapatkan uang dari blog, namun blog Anda sepi pengunjung. Aneh, kan? Jadi, sebisa mungkin tingkatkan trafik blog Anda terlebih dahulu sebelum berburu banyak job blogger.

Di sinilah pentingnya belajar tentang poin-poin yang ada di google Analytic. Karena di google Analytic, Anda bisa menganalisa siapakah pembaca setia blog Anda? Konten seperti apa yang mereka sukai? Jam berapa rata-rata pengunjung akan berkunjung ke blog? Dari hasil analisa tersebut, Anda bisa merencanakan mulai dari jam posting, jenis konten, dan lain-lain.

10. Ciptakan keterlibatan dengan pengunjung blog Anda

Cara membangun hubungan dekat dengan tamu Anda dengan menanggapi komentar blog. Kemudian mengarahkan mereka ke media sosial. ketika sudah saling follow di media sosial, tentu akan memudahkan mereka untuk berinteraksi dengan Anda. Jadi ketika Anda mempublikasikan artikel baru di media sosial mereka dapat mengunjungi blog Anda dengan cepat.

11. Sumber Penghasilan Blogger

Nah, tidak ada jaminan berhasil jika Anda belum mencoba 10 cara di atas. Jadi intinya adalah berlatih dan mempraktikkan contoh. Jangan lupa untuk konsisten dan berkomitmen. Berikut sumber penghasilan blogger yang perlu Anda ketahui:
  • Pemasangan iklan di Blog atau lebih popular disebut google Adsense
  • Konten Kerjasama. Ada 2 tipe, yaitu content placement dan content writing. Content placement adalah Anda mempublish artikel yang sudah disediakan oleh klien di blog Anda. Sementara content writing adalah Anda menulis artikel sesuai brief yang dianjurkan oleh klien, kemudian mempublish artikel di blog Anda.
  • Guest Post atau disebut penulis tamu di blog orang lain.
  • Membuka jasa, seperti jasa penulisan artikel, jasa design blog, jasa template, jasa SEO, reviewer dan lain-lain.
  • Membuat Produk Sendiri, seperti membuka jasa pembuatan blog, membuat e-book tutorial blogging, mengadakan kelas online, menjadi publisher iklan, menjual buku, merchandise, dll.
  • Menjadi Endorser atau influencer sebuah brand atau produk
  • Program Affiliasi atau affiliasi marketer dengan kolaborasi bersama ahlinya
Memang, blogging itu bukanlah profesi yang cepat untuk menghasilkan uang. tetapi profesi blogger merupakan pekerjaan yang mulia sekaligus sebagai solusi untuk mendapatkan passive income. Karena selain melatih kesabaran, Anda juga termotivasi untuk membuat postingan blog yang memberi manfaat pada orang lain.

Post a Comment for "Cara Membuat Blogger Menghasilkan Uang, Dijamin Cuan"