Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Pemikiran Orang Sukses dan Contoh Kebiasaan Baik Sehari Hari

Hello, salam bahagia buat kamu yang senantiasa sehat dan penuh rahmat. Oh iya, kesehatan dan rahmat yang kamu nikmati, Tuhan berikan bukan dengan tujuan agar kamu sekedar melakukan apa yang orang lain bisa lakukan, melainkan bagaimana kamu mampu memaksimalkan potensi yang ada agar menjadi orang sukses. Sukses bukanlah sesuatu yang harus dikejar. Sukses adalah bonus dari sebuah kebahagiaan yang kamu peroleh dari hasil perjuangan kamu dalam menjalani passion-mu. 

Pemikiran Orang Sukses. Foto: Pixabay

Lantas, apa saja pemikiran orang sukses dan contoh kebiasaan baik sehari hari yang bisa kamu tiru?

1.  Merencanakan Tujuan yang Tepat

Salah satu penghalang terbesar untuk mengalami kemajuan dalam hidup adalah karena kamu terlalu takut untuk bermimpi besar dan mengejarnya. Padahal orang sukses dalam kehidupan sehari-hari banyak memberikan inspirasi, bahwa mereka berani bermimpi besar dan mengejarnya, dengan siap menerima segala risikonya, entah gagal atau berhasil.

Tidak ada satupun manusia termasuk kamu yang berhasil mencapai kesuksesan dengan hanya berjalan santai. Ada jalan terjal, berkelok tajam, menanjak dan menurun, hingga penuh dengan bebatuan yang bisa merantas kaki. Kegagalan dan prustasi,ataupun berbagai macam kesulitan lainnya hanyalah cambuk dan media pembelajaran. Itu adalah konsekuensi untuk kamu yang berani memiliki mimpi besar.

Kamu yang kini merasa berada di zona nyaman, terbuai dengan keadaan, seolah semua sudah tercapai, akhirnya jadi abai dan cenderung malas berpikir hingga tidak tahu apa yang mau diperbuat. Seharusnya kamu bersyukur, bahwa hidup hanya sekali yang sudah sepantasnya kamu isi dengan terus bergerak maju, bekerja dan terus berkarya.

Apa modal awal untuk menggapai kesuksesan? Jawabannya adalah Target dalam hidup. Dengan menentukan target, maka artinya kamu sudah memiliki tujuan sekaligus acuan untuk selalu bersemangat dalam melakukan setiap kegiatan agar mampu meraih kesuksesan. Semakin jelas target hidupmu, kuatnya dorongan untuk menggapainya akan membuatmu sampai pada mimpi besarmu.

Untuk menentukan tujuan yang tepat, kamu harus membuatnya dengan cara yang objektif dan terukur. Objektivitas yang baik harus memiliki tiga hal:

  • Terukur dengan jelas kepastiannya. Setiap tujuan harus memiliki takaran yang bisa terukur seperti ilmu pasti. Jangan membuat target yang abstrak dan tidak bisa diukur dengan jelas kepastiannya. Setiap tujuan yang dibuat perlu mempertimbangkan kemampuan kamu dalam mencapainya.
  • Harus memiliki jangka waktu. Contoh, kamu menginginkan sebuah rumah yang layak huni untuk keluarga, maka harus jelas jangka waktunya, kapan keinginan kamu dapat tercapai. Oleh karenanya, kamu bisa menentukan berapa lama perkiraan waktu untuk mencapai tujuan tersebut.
  • Setiap tujuan harus masuk akal. Kamu harus berani bermimpi dan bercita-cita setinggi langit. Teruslah bermimpi, konsisten menjaga tujuanmu. Biarpun orang disekelilingmu menghujani dengan ocehan yang melemahkan, tetaplah vokus, terus menjaga semangat dan rawat visimu dengan baik.
2.  Berusaha, bekerja keras dan bekerja cerdas.

Jika kamu menghadapi sebuah masalah, anggaplah masalahmu sebagai tantangan yang akan semakin menarik jika kamu berusaha untuk menyelesaikannya. Tantangan akan selalu memberikan kamu energi baru. Jangan pernah menyerah, buktikan dengan semangatmu bahwa kamu bisa mewujudkan mimpi besarmu.

Hal penting yang tidak kamu sadari adalah kamu terlalu takut keluar dari zona nyaman. Sebuah zona yang mengurung kreativitas. Kamu harus keluar dari zona itu. Semua mimpimu harus kamu wujudkan dengan aksi nyata. Bukan angan yang terus dikembangbiakkan. Bukan keraguan dan ketakunan yang kamu jadikan kawan. 

Berani mengambil langkah pertama merupakan penentu ke mana dan bagaimana kamu akan melanjutkan semua yang telah kamu rencanakan. Berani melakukan langkah pertama selalu lebih siap untuk melanjutkan langkah berikutnya, karena di sanalah gagasan, rencana, dan harapan akan menjadi semakin nyata untuk digapai.

3.  Jangan menyerah dan selalu bersikap baik

Pernahkan kamu menonton film JOBS. Film yang berkisah tentang Steve Jobs dalam membangun Apple, perusahaan paling keren. Film tersebut menceritakan bagaimana perjalanan Steve Jobs dalam membuat produk dan menemukan pelanggan pertamanya, menemukan investor, membangun kultur perusahaannya, bahkan hingga memutuskan siapa yang berhak untuk tetap bertahan di Apple atau tidak. Menariknya, Steve Jobs pernah dipecat dari perusahaan yang ia dirikan.

Ambillah pelajaran darinya, tentang perjalanan zero to hero yang mengajarkan bahwa membangun bisnis apa pun, bahan bakar perjalanannya memang kerja keras. Maka jika kamu berdedikasi hari ini untuk menjadi orang yang lebih baik dari hari kemarin, besok pagi kamu akan terbangun menjadi orang yang lebih baik dari yang kamu impikan.

4.  Hal yang menentukan kegagalan atau kesuksesanmu adalah tangguh jawab 100%

Pastinya kamu paham seperti apa kebaya, jenis pakaian yang cukup rumit untuk dikenakan. Bayangkan, Rhenald menceritakan bahwa Mooryati Sudibyo, pendiri bisnis legendaris Mustika Ratu, selalu berkebaya saat kuliah. Hebatnya, Mooryati tak pernah terlambat datang kuliah, padahal kita tahu pada saat mengenakan kebaya membutuhkan pematutan diri yang tak sebentar. Mooryati memberikan tanggung jawab 100% untuk kesuksesannya. Disiplin diri dan konsistensi tinggi yang mengantarkannya menjadi sosok yang cemerlang seperti sekarang. 

5.  Bekerja sama dengan orang lain

Sebagai makhluk sosial, kamu tidak akan bisa melakukan semua hal sendirian, maka mulailah berdamai dengan diri sendiri untuk bekerja sama dengan orang lain. Solusi cerdas untuk mengatasi hal yang kurang kamu kuasai adalah dengan membuat tim yang dapat membantu kamu setiap saat sehingga semakin dekat dengan mimpi besarmu.

Nah demikian pemikiran orang sukses dan contoh kebiasaan baik sehari hari yang perlu kamu tiru. Ada ribuan peluang yang mengelilingi kamu, menunggu untuk ditemukan, bahkan mungkin peluang terbesar kamu sedang berada sangat dekat dengan posisi kamu saat ini. Kamu harus memiliki mindset dan cara pandang yang positif agar peluang-peluang sukses semakin jelas terlihat. Jadilah pribadi yang baik, terbuka, kreatif, jujur, penuh semangat, dan selalu berupaya meraih kesuksesan dengan penuh optimisme setiap harinya. Semoga sukses.

Post a Comment for "Pemikiran Orang Sukses dan Contoh Kebiasaan Baik Sehari Hari"