Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Makalah Administrasi Dasar Pelayanan Publik Guru Bahasa Indonesia Di SMK Negeri 1 Kebumen, Pelatihan Teknis Metode E-Learning

ABSTRAK

Pelatihan Teknis Administrasi Dasar metode E-Learning bertujuan agar peserta mampu menunjukan pengetahuan, sikap dan keterampilan teknis bidang admisnistrasi dasar, penyiapan PNS yang mempunyai kompetensi untuk menjalankan tugas secara tertib administrasi, tertib hukum, dan tertib pelayanan. Sekaligus mempunyai wawasan dan karakteristik sesuai dengan lingkup bidang tugas teknis.

Terdapat 7 kegiatan yang menjadi materi utama pada pelatihan administrasi dasar ini yaitu pelayanan public, Standar Oprasional Prosedur (SOP), pelayanan prima, komunikasi efektif, perencanaan pembangunan, naskah dinas dan pengelolaan arsip. Pelatihan ini menggunakan metode full E-learning dengan tetap mengacu pada kompetensi yang telah ditetapkan dan tidak mengurangi substansi dari tujuan pelatihan itu sendiri.

Subjek atau pengaplikasian dari pelatihan ini adalah lembaga pendidikan, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kebumen dengan program, kinerja dan penerapan pada unit guru pendidikan kejuruan dengan disertai tupoksi pada bidang-bidang yang lain dalam ruang lingkup SMK Negeri 1 Kebumen. Dalam pelatihan ini memaparkan pelayanan publik guru bahasa Indonesia mengenai Nota Dinas yang harus dimengerti dan dapat diaplikasikan oleh setiap pegawai, Prosedur dan standart pelaksanaan pengarsipan dokumen serta alur penangananan dokumen arsip harus diketahui, Pelayanan yang dilakukan guru kepada setiap orang yang berhubungan dengannya, yaitu yang paling utama adalah mentransfer ilmu dengan semaksimal mungkin kepada peserta didik, dan melayani dengan sepenuh jiwa ke masyarakat yang berhubungan dengan kegiatan sekolah, mematuhi SOP ynag berlaku dengan selalu melengkapi perangkat kerja guru seperti silabus, RPP, dll, Komunikasi efektif kepada peserta didik, rekan kerja, atasan dan masyarakat umum juga harus selalu diutamakan karena sebagai ASN kita selalu dipandang oleh masyarakat. Di samping itu, perencanaan pembangunan oleh unit sarana dan prasarana serta penatausahaan keuangan sekolah juga disertakan dalam makalah ini.

Kata kunci: pelayanan publik, bahasa Indonesia

PENDAHULUAN

Latar Belakang

ASN diharapkan dapat menjadi pelayan masyarakat yang berintegritas. Selain itu, ASN juga harus bersikap netral untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan demikian ASN memiliki fungsi sebagai pelayan publik, pelaksana kebijakan publik, serta perekat dan pemersatu bangsa. ASN harus memiliki kualifikasi kompetensi, dan kinerja yang dibutuhkan sesuai dengan jabatannya masing-masing. ASN harus memiliki komitmen dalam melayani masyarakat.

Dalam menjalankan pekerjaan ASN dituntut juga memahami dan mampu dalam menyusun administrasi sesuai kaidah prosedur dan aturan yang berlaku dilingkungan kerja sesuai amanat peraturan:

  1. Undang-Undang nomor 20 tahun 2003
  2. Peraturan Pemerintah nomor 11 tahun 2017
  3. Peraturan Lembaga Administrasi Negara nomor 10 tahun 2018
  4. Peraturan Lembaga Administrasi Negara nomor 8 tahun 2018
  5. Peraturan Gubernur Jawa Tengah no 26 tahun 2016
  6. Peraturan Gubernur Jawa Tengah nomor 84 tahun 2016
Kegiatan Pelatihan Teknis Dasar Administrasi memberikan pembekalan bagi peserta dalam tertib administrasi dengan tujuan memberikan pelayan prima bagi pihak manapun yang membutuhkan. Nilai-nilai pelatihan administrasi harus selalu diterapkan dalam tugas peserta sebagai aparatur sipil negara dalam menyelesaikan berbagai isu dan masalah yang timbul dalam pelaksanaan tugas di lingkungan kerja terutama dalam bidang administrasi.

Dalam melaksanakan tugas administrasi khususnya di jenjang Sekolah Menengah Atas di era industri 4.0 saat ini, kegiatan administrasi harus cepat, rapi, akurat dan mudah diakses dengan memanfaatkan teknologi informasi. Dalam penyusunan administrasi harus mampu memberi pelayanan prima dan kemudahan agar tugas administrasi menjadi lebih mudah dan tidak menjadi beban. Sudah saatnya proses administrasi yang berbelit dan lama dipotong dan diganti dengan proses administrasi yang mudah dan cepat. Bahkan dengan kemajuan tenologi pengurusan dan penyusunan adminstrasi bisa dilakukan dimana saja tanpa harus bertatap muka dengan memanfatkan teknologi.

Tujuan

Tujuan dari diadakannya Pelatihan Teknis Administrasi Dasar ini adalah:

  1. Membentuk PNS yang memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan teknis bidang administrasi dasar.
  2. Menyiapkan PNS yang mempunyai kompetensi untuk menjalankan tugas secara tertib administrasi, tertib hukum dan tertib pelayanan.
  3. Menyiapkan PNS yang mempunyai wawasan dan karateristik sesuai dengan budaya Jawa Tengah.
Manfaat

Manfaat yang diperoleh dari diadakannya Pelatihan Teknis Administrasi Dasar ini adalah:

Bagi Peserta

  1. Meningkatkan pemahaman dan pengelolaan administrasi sebagai landasan dalam menjalankan profesi di tempat kerja.
  2. Menjadi penuntun dalam menyusun administrasi di  lingkungan  kerja sesuai dengan prosedur.
  3. Meningkatkan pelayanan publik murah, mudah, cepat, transparan dan terintegrasi akuntabel.
  4. Menjadi pengalaman belajar bagi ASN untuk  mengemban  tanggung jawab penuhnya sebagai abdi negara dan pelayan masyarakat.
  5. Menjadi ASN yang lebih profesional, berkomitmen, beretika dan berintegritas tinggi.
Bagi Sekolah

  1. Membantu mewujudkan visi dan misi SMK Negeri 1 Kebumen terutama dalam hal tertib administrasi.
  2. Meningkatkan mutu pelayanan pendidikan di SMK Negeri 1 Kebumen dalam bidang administrasi.
  3. Meningkatkan kualitas layanan prima dalam bidang administrasi.
  4. Memberikan inovasi bagi tenaga pendidik, peserta didik dan staff SMK Negeri 1 Kebumen dalam penyusunan dan pengelolaan administrasi.
Berikut tautan lengkap makalah ini. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Makalah Administrasi Dasar Pelayanan Publik Guru Bahasa Indonesia Di SMK Negeri 1 Kebumen, Pelatihan Teknis Metode E-Learning"