Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

10 Langkah, Bagaimana Memilih Sekuritas Untuk Investasi Saham yang Aman dan Nyaman

Ketika Anda ingin membeli saham sebuah perusahaan, Anda tidak perlu pergi ke perusahaan tersebut melainkan Anda bisa membelinya melalui sekuritas. Dalam hal ini, sekuritas/perusahaan efek menjadi perpanjangan tangan dari Bursa Efek Indonesia yang menjadi perantara antara perusahaan yang menerbitkan saham dan investor yang akan membeli saham. Ibarat Anda ingin membeli cokelat, Anda tidak pergi ke pabrik cokelat, tapi cukup pergi ke toko yang menjual cokelat. Toko tersebut yang menjadi perantara antara pabrik cokelat dan Anda.

Sekuritas atau perusahaan efek adalah perusahaan yang mempunyai izin untuk membantu kita melakukan transaksi jual beli efek/saham yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Sekuritas tidak hanya menjual saham. Beberapa sekuritas yang ditunjuk emiten atau pemerintah juga menjual produk obligasi.

Untuk bertransaksi saham, Anda memerlukan komunikasi yang intens dengan sang pialang yang melayani transaksi Anda, terutama jika Anda memilih untuk menjadi trader jangka pendek. Nah, berikut ini 10 langkah, bagaimana memilih sekuritas untuk investasi saham yang aman.

  1. Cek MKBD sekuritas/perusahaan efek. MKBD atau Modal Kerja Bersih Disesuaikan adalah jumlah aset lancar perusahaan efek (sekuritas anggota bursa / AB) dikurangi seluruh liabilitas (kewajiban) dan rangking liabilitas (kewajiban terperingkat), ditambah dengan utang subordinasi, serta dilakukan penyesuaian lainnya. MKBD merupakan modal minimal yang harus dimiliki perusahaan sebagai penghitungan kekuatan modal sekuritas berdasarkan aset dan modal perusahaan yang dikurangi komponen kewajibannya. Semakin tinggi MKBD, daya tahan perusahaan akan semakin tinggi dan baik, serta MKBD terbilang besar apabila di atas Rp 200 miliar. Data sekuritas beserta MKBD-nya bisa dilihat di http://bit.ly/mkbdsekuritas.
  2. Ada sekuritas yang memberikan komisi transaksi tinggi, tapi bunga margin rendah, sebaliknya komisi rendah, tapi bunga margin tinggi. Ada sekuritas yang memanjakan investor dengan fasilitas online trading canggih, tetapi ada pula yang memanjakan investor dengan pialang atau broker teredukasi yang membantu Anda dalam mengambil keputusan yang lebih berkualitas. Bagi Anda yang sudah mahir menggunakan gadget, maka fasilitas online trading dapat menjadi pilihan tepat. Tetapi bagi Anda yang belum akrab dengan gadget bisa trading melalui bantuan pialang/broker.
  3. Selain memiliki fasilitas online trading, akan lebih baik apabila sekuritas juga memiliki galeri-galeri yang mudah dijangkau.
  4. Carilah sekuritas dengan sistem administrasi yang baik, sistem pelaporan dan konfirmasi yang baik, serta customer service  yang ramah dan cepat dalam menanggapi keluhan atau pertanyaan.
  5. Pilih sekuritas yang sering menjadi underwriter atau agen penjual saham IPO, dan obligasi emiten/pemerintah, dan mempunyai manajemen yang kredibel.
  6. Carilah sekuritas yang memiliki fasilitas deposit dan penarikan dana dengan cepat juga mudah, serta yang memberikan informasi (riset) berkualitas tentang analisis sebuah emiten.
  7. Cek dan ricek dengan investor saham di kota Anda, sekuritas mana yang menjadi favorit dan rekomendasi oleh rekan Anda.
  8. Pilihlah sekuritas yang memberikan kenyamanan dalam bertransaksi.
  9. Cek Pialang/broker, apakah mempunyai sertifikat WPPE (Wakil Perantara Pedagang Efek), yang memberi rekomendasi saham yang bertanggung jawab dan teredukasi.
  10. Cari sekuritas yang memberi bunga margin rendah, bagi yang suka menggunakan fasilitas akun margin. Bagi yang menggunakan fasilitas  trading limit, pilih sekuritas yang memberi fasilitas limit trading besar.
Demi keamanan dan kenyamanan bertransaksi, juga untuk menghindari kerugian yang besar dalam berinvestasi saham, maka perlunya kehati-hatian dalam memilih sekuritas/perusahaan efek yang teruji kredibilitasnya, sistem administrasi yang baik serta memberikan pelayanan berupa penyampaian informasi yang jelas dan edukatif. Untuk itu, untuk mengetahui sekuritas apa saja yang ada di kota Anda, silakan kunjungi bit.ly/anggotabursadikotaanda. 


Post a Comment for "10 Langkah, Bagaimana Memilih Sekuritas Untuk Investasi Saham yang Aman dan Nyaman"